Pages

Jumat, 13 Mei 2011

ketika Aya dan Adel menulis


Sore menjelang pulang kantor kemaren, gue dapet sms dari Aya. Isinya permintaan maaf Aya karena dua hari sebelumnya gue marahin dia. Sebenernya bukan masalah yang besar banget sih hingga akhirnya bikin gue marah sama Aya. Semua berawal saat hari pertama Aya libur sekolah selama tiga hari kemaren. Nah, menjelang tengah hari gue telepon Aya di rumah untuk ngingetin Aya makan dan tidur siang.

Sekali, dua kali telepon gue gak diangkat, gue masih open minded, percaya kali aja Aya gak denger. Begitu panggilan ketiga, keempat, kelima, ketujuh dan ampe pada hitungan belasan kali... akhirnya gue meradang juga. Tau dong khawatirnya gue kaya apa?



Gak abis akal karena telepon gue gak diangkat sama Aya, akhirnya gue hubungin pak Sukri, satpam yang hari itu tugas jaga. Dari pak Sukri gue tau kalo ternyata Aya sedang main sepeda keliling2 perumahan dengan temannya tengah hari bolong!!. Makin meradanglah gue. Bukan kenapa2, waktu gue berangkat kerja pagi harinya, gue udah wanti2 ke Aya agar dia mengisi waktu liburnya dengan belajar karena ulangan kenaikan kelas udah di depan mata.


Sumpah, begitu denger pak Sukri ngomong tentang Aya, pengen banget rasanya gue pulang ke rumah detik itu juga trus menyeret Aya yang sedang maen lalu menghujaninya dengan cubitan dan jeweran di kupingnya. Tapi sayangnya gue gak punya kekuatan sihir buat teleport makanya gue hanya bisa menahan geregetan sama Aya sambil coba terus menghubunginya beberapa menit sekali.

Begitu sampe rumah, rasa marah yang udah sampe ubun2 ini langsung mereda seketika saat gue ngeliat wajah Aya mengkeret ketakutan di pojokan kamar. Beneran! gue gak tega marahin Aya. Tapi rasanya gak mendidik juga jika gue langsung bersikap biasa aja seolah Aya gak melakukan kesalahan apapun. Maka malam itu gue gak banyak bicara dengan Aya hingga menjelang tidur.

Berkali2 Aya bilang maaf, gue hanya diem aja. Mungkin karena diem gue itulah yang kemudian bikin Aya menulis permohonan maafnya lewat sebuah surat yang lalu diletakannya di laci meja tv dalam kamar dan secara gak sengaja gue temuin besok paginya.

____perasaan terlalu banyak pake kata 'engga papa' deh dalam surat ini. tapi engga papa kok, Ay... bener!____

After all, udah bisa ketebak kan akhir ceritanya? Ya! begitu gue selesai membaca lalu melipat surat Aya tersebut, detik itu juga gue gak marah lagi sama Aya.

Oke, Aya itu memang beda. Anak bungsu gue itu bisa dengan mudahnya mengekspresikan apa yang dirasa, baik dengan kata2 yang dirangkainya dalam selembar surat ataupun yang diekspresikannya dengan pelukan dan ciuman.

Beda dengan adiknya, Adel cendrung malu bila harus mengungkapkan perasaannya kepada orang lain bahkan kepada gue sendiri, ibunya. Dia lebih seneng menyimpan dalam hati dan menuliskan perasaannya ke dalam sebuah buku harian yang pernah beberapa kali gue curi2 baca. Dan pipinya bakal bersemu merah saat terpaksa mengatakan 'i love you too, Bunda' waktu gue berbisik 'I love you' di telinganya.

Tapi jangan disangka Adel gak bisa merangkai kata2 seperti Aya, nih buktinya! ungkapan perasaan Adel ketika harus berpisah dengan temen sepermaiannya ke Medan. Tulisan ini dibuat ketika Adel berumur delapan tahun waktu itu.

____semua perasaannya gak cukup dituangkan hanya dalam kata2, tapi juga pake gambar!!____

Sekarang, mau gak mau Adel harus sering2 nulis perasaannya pada selembar kertas jika ingin mengungkapkan isi hatinya karena singkatnya pertemuan antara gue dan Adel. Ini beberapa tulisan yang pernah diberikan Adel pada gue setelah dia mondok di pesantren.



____puisi yang pernah diberikan Adel buat gue____

____bo'ong banget kalo gue gak meleleh waktu baca yang ini_____


____tulisan Aya waktu dilihatnya gue sudah dua hari lupa bagaimana caranya tersenyum_____
____beberapa tulisan Aya____


Gue sadar sepenuhnya, apa yang ditulis Adel dan Aya mungkin bukan suatu yang luar biasa tapi gue bersyukur bahwa apa yang mereka tulis keluar dari hati jernih mereka.

Pesan untuk Adel dan Aya,
Jangan pernah berhenti melukis dunia dengan kata2!


Note :
semua gambar diatas bisa di klik kanan lalu pilih buka jendela baru, untuk memperbesar tampilan.
Web Statistics