Pages

Rabu, 07 November 2012

el u lu.. pe a pa.. LUPA!!!

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya lupa, iya kan? Hanya terkadang kadar lupanya aja yang bikin beda. Gue juga pernah ngalamin penyakit lupa. Em, oke, gue koreksi, maksud gue bukan 'pernah', tapi menderita kelupaan dalam sebulan terakhir ini.

Sebenernya lupa yang gue alami sebelum sebulan terakhir ini gak pengaruh banget sama kehidupan gue. Seperti ketika gue lupa saat diharuskan membawa foto kopi kartu keluarga yang hari itu dibutuhkan untuk urusan personalia di kantor yang dengan sedikit 'alasan' akhirnya gue diberi 'keistimewaan' untuk mengumpulnya keesok harinya.

Kenapa gue bilang gak ngaruh banget sama kehidupan gue? karena gue ngerasa lupanya gue untuk membawa kartu keluarga seperti yang gue ceritakaan di atas tadi adalah wajar sebab KK kan merupakan barang yang gak bisa gue lihat setiap hari, jadi wajar aja kalo gue lupa bawanya. I'm right, right? Dan gue yakin kalian juga pernah ngalamin kejadian seperti gue di atas.


Tapi lupa yang terjadi pada gue sebulan terakhir ini rasanya udah keterlaluan. Dan gue ngerasa sangat2 terganggu dengan penyakit lupa yang gue alami ini.

Yah, lupa yang gue alami ini awalnya remeh sih, seperti ketika gue mendadak heran menemukan pintu lemari pakaian gue terbuka lebar saat gue masuk kamar untuk mengambil sesuatu yang tertinggal. Gue ngerasa yakin kalo gue lah yang telah membuka pintu lemari tersebut karena kondisinya saat itu gue udah selesai mandi sore, udah juga berpakaian rapi jali dan gue sendirian di rumah. Nah! sudah bisa dipastikan siapa lagi yang membuka pintu lemari kalo bukan gue, betul gak?

Pasti kalian heran kenapa juga harus gue ributin, kan udah ketahuan siapa tersangkanya?
Begini yah, kalo lo kenal gue, gue itu tipe2 orang yang selalu tertib meletakan kembali semua barang ke tempat semula. Selama ini aja, gue tuh orang yang paling bawel kalo suami atau adel dan aya lupa kembali menutup pintu lemari. Sekarang, masa gue? penghuni rumah yang paling tertib ini kemudian melakukan hal yang gak gue suka tersebut?dengan alesan lupa lagi. Ah!

Baiklah, kalo kejadian lupa nutup kembali pintu lemari tempo hari cuma sekali gue lakukan, mungkin hal itu masih bisa memaafkan diri sendiri. Tapi ini gak. Besoknya hal serupa kejadian lagi, besoknya lagi, lalu dua hari kemudian gue kembali melakukan hal yang sama lagi. Ya salaaaaammm... ada apa ini? Dan yang bikin gue bener2 gak abis pikir adalah gue bener2 gak menyadari kalo gue telah melakukan itu.

'Dosa2' gue gak cuma itu, masih ada lagi... macam, keheranan gue ketika melihat lampu kamar yang menyala tanpa ada seorangpun di rumah dan lagi2 gue gak sadar jika sudah menyalakan lampu kamar saat [mungkin] memasuki kamar sebelumnya. Atau kejadian yang ini, saat gue tercenung sesaat menghabiskan beberapa detik sambil menatap puluhan pasang sepatu yang berjejer di atas rak usai fitnes saat gue hendak pulang. Tercenungya gue tersebut dikarenakan gue lupa... sekali lagi, GUE LUPA, sepatu apa yang gue pake tadi ya, saat dateng kemari?.

Pernah juga, mendadak ponsel gue mati. Sama sekali gak dapet sinyal. Berbagai cara udah gue lakukan supaya telepon gue bisa dapet sinyal lagi, mulai dari gue matiin lalu nyabut baterainya kemudian dinyalain lagi tapi tetep aja telepon gue mati ti!. Kesel gue udah sampe ke ubun2 karena hal begini ini udah bukan sekali dua kali gue alami. Boleh dibilang kalo gue harus mengganti kartu telepon tiap 4 bulan sekali. Baiklah indosat, ini sudah hari keempat, pagi ini gue udah berencana bakal datang ke kantor provider itu trus ngamuk. Gimana gue gak ngamuk coba... sampe2 gue gak bisa di bbm sama Lisa, whatsapp'an si julfefri juga gak masuk2 ke ponsel gue, padahal si Lisa kan mau ngabarin kalo suaminya ke jakarta trus punya niat mau ngebawain gue bolu meranti (btw, mana?). Akhirnya gue tau kalo si Julfefri di jakarta pas banget ketika sorenya dia akan pulang.

Jadi ceritanya pagi2 gue udah nyampe kantor dan bersiap mau ke indosat di roxy. Tapi sebelum pergi, seperti biasa gue dan Hera, teman gue itu sarapan pagi dulu sambil ngobrol.

"Ra, gue mau ke roxy" gue mengumumkan ke temen gue yang sedang ngunyah nasi uduk.

"Ngapain, mbak?"

"Ituuuhh... mau ngurusin kartu telepon gue" kata gue sebel.

"Oo... kaya kemaren lagi ya, gak bisa dipake buat nelepon?" kata Hera sambil ngunyah bakwan "yang di jaringannya ada tulisan SOS gitu yah?"

"......." Gue diam.

Gue tercenung sesaat sambil berpikir.

SOS? Eh iya yah... biasanya kalo kartunya yang rusak pasti ada tulisan SOS di pojok kanan atas. Tapi kenapa kali ini yang muncul bukan tulisan SOS tetapi OFF??

Buru2 gue langsung lari ke ruangan gue trus ngambil ponsel dari dalem tas gue. Iya, tulisannya OFF bukan SOS. Jangan-jangan.......

Ternyata bener!
Itu semua gara2 malam sebelum tidur empat hari yang lalu, gue mematikan sinyal koneksi ponsel gue karena gue merasa keganggu dengan bunyi broadcast bbm yang masuk dan gue lupa menyalakan sinyalnya kembali besok paginya.

Ah, untung aja ada si Hera! coba bayangin kalo gue pagi itu jadi dateng ke indosat dan ngamuk2 di kantor orang mempermasalahkan ketololan gue sendiri. Huh!!




Puncak kepikunan gue adalah  hari sabtu kemarin ketika gue sedang milih2 piama pesenan Aya di sebuah mall. Tiba2 telepon gue berbunyi, setelah gue angkat....

"Halo, Bunda...." suara Adel langsung menyapa begitu gue bilang halo.

"Eeeehh mbak Adel..." balas gue kegirangan "apa kabar, Mbak?"

Hening.

Gue mulai curiga, kok sapaan gue gak dijawab. "Mbaaaaakk.....??"

"Iyaa..aa..a.. Bundaa...a..." suara Adel tercekat.

Terdengar kemudian suara Adel menyusut air matanya seakan tangisnnya gak kepengen gue dengar.

"Loh, kok mbak Adel nangiiiiss.... mbak kenapa?" disini gue mulai khawatir. "ini mbak Adel dimana?" tanya gue lagi, karena gak biasanya Adel nelepon kecuali di hari Jum'at saat mereka libur sekolah.

"Mbak Adel di Ragunan, Bun..."

"Astaghfirullaaaaaahh....." jerit gue. "maaf ya, Mbak.... ya udah Bunda langsung ke sana, ya?"

"Gak usah, Bunda... ini sudah mau pulang"

Ya, gue lupa!
Lupa kalo gue janji bakal dateng ke wisma atlet di Ragunan buat nyaksiin TC marching band nya Adel selama 3 hari sejak tanggal 1 sampai tanggal 3 kemaren. Gue bener2 rasanya berdosa banget. Apalagi sudah sejak jauh2 hari Adel mengingatkan gue agar menyempatkan hadir saat dia latihan. Dan sekarang apa coba? Gue lupa! Gue paham banget sedihnya Adel kaya apa, mungkin kalian juga. Tapi gak ada yang tau gimana perasaan gue sebagai ibunya karena telah mengecewakan Adel. Gue merasa bersalah banget. Rasa bersalahnya lebih dari bersalahnya lo waktu ketauan bohong pada seorang temen lo, misalnya.










Sebenernya malu gue menceritakan ini, tapi begitulah yang gue alami. Kadang ya, gue suka mikir, apa semua ini masih ada korelasinya sama keinginan gue yang tiba2 pengen amnesia, hanya gara2 gue ingin melupakan sebuah peristiwa dalam hidup gue? Atau jangan2 Tuhan mengabulkan do'a yang sempat gue ucapkan dalam hati tersebut? Ataaauu... ini adalah kutukan buat gue yang selalu ketawa dan mencemooh saat menyaksikan istri mantan kapolri yang menjadi tersangka dalam kasus suap pemilihan deputi gubernur bank indonesia yang tiba2 menyatakan dirinya menderita amnesia ketika diminta bersaksi di pengadilan? Ah, entahlah...

Lalu gue mencoba mencari tau hal2 apa saja yang sekiranya bisa menyebabkan kelupaan. Dan menurut yang gue baca kehilangan memori kecil ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal antara lain, depresi, stress, overload, tiroid, kurang tidur, diet, alkohol dan narkoba, trauma fisik dan emosional daaaan.... **mari kita ketok meja tiga kali sambil bilang amit2 jabang bayi...** alzheimer. (artikel lengkapnya bisa dibaca di sini)

Selama ini sih gue masih meyakini kalo penyakit lupa gue itu hanya bersifat sementara dikarenakan gue kurang konsentrasi sebab gue terlalu sibuk dan asik dengan pikiran2 yang gue ciptain sendiri. Sekarang, gue mencoba untuk fokus dan ngejaga pikiran gue gak melayang kemana2 dalam mengerjakan segala sesuatu. Semoga usaha yang gue yakini ini berhasil, ya teman2. Do'akan saya yaaa... karena jujur, terjebak dalam kepikunan seperti yang gue alami ini sangat2 bikin gak nyaman. Lagian gue gak kepengen, jika suatu sore nanti, di keriuhan sebuah mall di jakarta dua tahun dari sekarang, tiba2....

Lisa : "IVOOO..!!"

Gue : "Heiiii....."

Lisa : "Gak nyangka ya, kita bisa ketemu di sini..."

Gue : "Iyaaaa...."

Lisa : "Apa kabar, Vo?"

**salaman sambil cipika cipiki**

Gue : "Baik... kabar lo?"

Lisa : "Baik jugaaa..."

**Hahahaaa.... (ketawa bareng)**

Gue : "Etapi.... ngomong2, lo siapa ya?"





Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT






3 komentar:

It's My Life mengatakan...

dari kemaren aku coba komentar blogmu..tapii kagak berhasil!! qiqiqi

It's My Life mengatakan...

mau kasih komentar aja bingunggg akuu hahahahah

fauziyah fuad mengatakan...

masuk kok komentarnya, sayaaaanng...

Web Statistics