Pages

Rabu, 28 November 2012

sudah bisa makan sendiri






Foto di atas adalah foto ketika Aya sakit di bulan Juli yang lalu. Foto tersebut saya temukan ketika semalam saya berniat untuk menghapus sebagian foto yang memenuhi folder di ponsel saya. Begitu liat gambar2 ini, saya lantas inget kalo saya belum bercerita disini saat Aya sakit tempo hari. Maka, kini saya ada di sini untuk bercerita. Menuturkan kejadian tersebut di blog yang rasanya udah lama sekali saya tinggalkan. Di blog yang meski saya menuliskan kisah saya ribuan kata tapi tetep gak akan dibaca orang lain selain saya sendiri. **sigh** Hm, i think i started grumping to my self again, so i must stop it!.

Seingat saya kejadian ini terjadi saat Aya baru masuk sekolah kira2 dua mingguan. Saat itu Aya sering banget telepon saya. Seminggu bisa menelepon hingga puluhan kali. Saya pikir hal itu wajar, yah namanya juga sebagai siswa baru dan harus tinggal di lingkungan baru serta masih dalam hitungan hari berpisah sama saya. Mungkin Aya masih dalam proses penyesuaian dan kaget dengan kehidupan asrama yang peraturannya sangat ketat, itu pikir saya.


Tapi lama2 kok neleponnya malah makin sering? Sehari bisa sampe beberapa kali. Dan berkali2 nelepon, tapi cuma satu yang Aya sampaikan saat itu. "Bunda, badan Aya panas" tuturnya di telepon "kepala Aya juga pusing". Terang aja saya gak begitu aja percaya. Dulu Adel juga seperti itu di tahun pertamanya. Lagi pula alasan sakit adalah alasan yang bakal dipake semua santri untuk orang tua mereka biar diizinkan pulang.

Berkali2 saya coba ngasih semangat ke Aya, saya bilang ke Aya kalo pusing dan panasnya bakal hilang kalo dia minta obat ke bagian kesehatan di asrama kemudian meminumnya. Sekali dua kali Aya nurut. Tapi besoknya Aya telepon mengeluh lagi pada saya dengan keluhan yang sama. Kali ini saya bilang ke Aya agar dia minta izin ke bagian pengasuhan agar diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena sakit. Oia, saat itu memang bertepatan dengan bulan puasa. Akhirnya Aya nurut juga, apalagi setelah saya katakan kalo hari minggu besok saya akan datang menjenguknya mengunjunginya.

Satu hal yang saya lakukan begitu bertemu Aya pada hari minggu saat saya menjenguk mengunjungi Adel dan Aya adalah meletakan punggung tangan saya ke dahi Aya kemudian turun ke lehernya kiri dan kanan. Mencari hawa panas seperti yang dikatakan Aya kemari. Tapi menurut pengukur suhu punggung tangan saya, Aya gak panas, cuma hangat saja. Tuh, bener kan... ini sih deman karena kangen saya atauuu... kangen rumah. Hehehe...

Usai berbuka puasa bareng Aya, Adel dan beberapa teman mereka, saya pun kemudian bersiap untuk pulang. Aya lantas memeluk saya erat begitu saya pamiti. Dia meminta diajak serta pulang. Saya kemudian bilang ke Aya kalo sebenernya dia sudah sembuh. Lagi pula sulit buat inta izin pulang jika kondisi sudah gak panas lagi seperti beberapa hari kemarin. Ngerti kalo saya gak bakal mengabulkan keinginannya, lantas Aya mulai merayu Papapnya. Karena saya dan suami punya komitmen untuk saling mendukung keputusan masing2 saat mendidik Adel dan Aya, maka rayuan Aya sia2. Saya masih inget banget jika kepulangan saya malam itu ditangisi Aya yang kemudian berjalan meninggalkan saya dituntun Adel masuk menuju asrama. Sedih? Jangan ditanya deh.

Besoknya, siang hari saat saya sedang sibuk browsing di kantor, tiba2 saya dapat telepon dari sekolah Adel dan Aya. Mereka mengabarkan jika Aya sakit. Aya terkena penyakit campak dan saya diminta untuk menjemputnya karena dikhawatirkan penyakitnya menular. Di moment ini, saya udah gak bisa lagi menggambarkan perasaan saya kaya gimana. Semua campur aduk. Rasanya saat itu saya pengen banget cepet2 bisa ketemu Aya. Meluk Aya trus bilang maaf karena saya gak percaya sama dia kemarin.

Suami yang begitu saya kabarin langsung membatalkan janji ketemuan sama orang lalu menjemput saya. Lantas kami berdua tergesa2 menuju sekolahan Adel dan Aya untuk menjemput Aya. Sampai sekolahan pas banget maghrib. Saya temui Aya di ruang kesehatan asrama. Meski kelihatan lesu tapi wajah Aya berseri2 begitu lihat saya. Selesai ngurus izin kepulangan Aya di bagian pengasuhan dan bagian pengajaran, maka kami pun pulang dengan dilepas lambaian Adel dari gerbang asrama sambil menatap saya yang seolah bilang "Bunda, aku mau pulang juga..."

Di jalan saya dan suami mendiskusikan rumah sakit mana yang akan kami tuju untuk membawa Aya berobat. Saya yakin kalo malam ini juga Aya akan langsung opname. Badan Aya panas tinggi. Ruam2 merah banyak timbul di sekujur badannya. Tapi anehnya, Aya ceria banget sepanjang perjalanan. Hatinya adem kali ya... karena meski sakit tapi ada di samping kedua orang tuanya.

Akhirnya kami memilih rumah sakit SA yang letaknya gak sampe sekilo dari rumah kami di cileduk. Pertimbangannya biar praktis aja buat saya bolak balik ke rumah nantinya. Tapi dokter anak yang memang biasa merawat Aya gak praktek di rumah sakit ini. Awalnya sempat dilema juga. Karena kan medical record Aya ada si rumah sakit MPH yang masih di kawasan kebon jeruk, dekat rumah ayah. Dekat kantor saya. Tapi ya sudahlah... toh dimana aja sama, begitu pikir saya. Saat ini yang penting adalah Aya harus segera tertangani.

Rumah sakit SA adalah tujuan kami tanpa pulang dulu ke rumah. Aya langsung ditangani dokter di UGD. Beberapa mili darah Aya disedot untuk dilakukan tes. Dan hasilnya positif campak dan Typus. Dan seperti dugaan gue diawal tadi, Aya harus diopname. Tapi begitu saya mengurus administrasi rawat inap ternyata tak ada lagi kamar kosong untuk ruang isolasi yang dikhususkan untuk pasien dengan penyakit2 menular. Ironisnya lagi, gak tersedia juga kamar untuk pasien satu orang. Semua habis!

Akhirnya kami memutuskan menuju rumah sakih MPH. Malam itu sudah pukul sebelas malam. Ditengah deraan lelah sejak pulang kerja tadi belum sempat istirahat, mandi bahkan.... makan! Gak usah lah saya mikirin itu dulu, yang paling penting sekarang Aya harus bisa cepat tertangani dan bisa istirahat. Setengah jam kemudian kami sampai di rumah sakit, sementara Aya diobservasi di ruang UGD, saya kemudian mengurus administrasi rawat inap. Lagi2 ada kendala. Bukan, bukan gak ada kamar. Meskipun kamar isolasi di rumah sakit ini juga penuh, tapi ada solusi lain yaitu masih tersedia kamar untuk pasien satu orang alias kamar VIP dan VVIP. Dan itu artinya tidak sesuai dengan plan asuransi yang saya pilih.

Pihak rumah sakit akhirnya menelepon pihak asuransi. Seperempat jam pihak rumah sakit telepon nomor customer care asuransi tersebut tapi gak bisa tersambung2. Dari sini saya jadi ngerti, kalo dimana2 asuransi itu sama aja. Awalnya manis banget saat presentasi di kantor, begitu dibutuhin saat genting pada kemana kalian, hah?? Akhirnya saya hubungin ibu N agen asuransi yang memang mengurusi asuransi dari perusahaan tempat gue kerja.

Hamdalah, dia angkat juga telepon saya. Duh, ibu N ini... nanyanya dari A sampe Z. Poinnya, saya harus membayar selisih karena saya mengambil perawatan di kelas VIP. Terang aja saya gak mau!! Naik kelas perawatan kan bukan kemauan saya. Lagian ketentuannya jelas bahwa kita boleh ambil kamar diluar plan asuransi yang kita ikuti dengan syarat jika kondisinya memang di rumah sakit yang kita tuju tidak tersedia kamar sesuai plan. Nah, sekarang kok saya disuruh bayar selisihnya? Saya gak mempermasalahkan selisih uang yang harus saya bayar jika saya memang harus bayar, saya ngerasa gak puas aja dan terlebih lagi merasa tertipu dengan presentasi dia.

Akhirnya dia ngalah. Tapi dengan syarat, jika tersedia kamar kosong sesuai plan saya, saya harus bersedia ditempatkan di ruangan sesuai plan. Tuh, benerkan! biar pun judulnya saya musti ngotot2an dulu tapi yang penting hak saya terpenuhi. Saya gak sudi dibego2in sama asuransi kaya' gini.

Lewat tengah malam Aya baru bisa istirahat. Itu artinya saya juga baru bisa istirahat dan buka puasa dengan seporsi nasi goreng cafetaria yang saya makan berdua :')




____aya tidur sepanjang hari____

Lihat Aya terbaring lemah begitu, saya bener2 gak tega. Meskipun untuk urusan disuntik dan pasang jarum infus Aya gak rewel lagi seperti saat Aya dulu pernah dirawat saat menderita demam berdarah, tapi tetep aja saya kasihan lihatnya. Rasa berdosa saya semakin nambah begitu inget kejadian saat saya gak percaya kalo Aya sakit meski Aya berkali2 bilang kalo dia sakit. Huh! kenapa sih jadi ibu saya ini kurang peka?

Ada insiden kecil pagi harinya. Saat saya masih tidur seusai sahur subuh tadi mendadak Aya bangunin saya minta diantar ke kamar mandi. Karena gak tega bangunin suami yang semalam baru nyampe rumah sakit karena harus pulang ke rumah buat ambil perlengkapan, akhirnya saya bangun. Kepala ini rasanya berat banget karena kurang tidur. Pelan2 saya papah Aya menuju kamar mandi. Setelah selesai dan hendak kembali ke tempat tidur, Aya yang saya giring kembali menuju tempat tidur tiba2 lemas. "Bundaaa..." jeritnya pelan lalu pingsan dalam papahan saya. Dengan kondisi nyawa saya yang belum sepenuhnya utuh tapi baru menjalar sampe ujung jempol kaki, terang aja saya gak kuat nahan berat badan Aya. Kebayang kan gimana saya harus merangkul tubuh Aya dengan tangan kanan sementara sebelah tangan lainnya memegang botol infus lalu saya menjerit2 manggil suami dan suster. Sejak itu saya hati2 banget kalo Aya minta dianter ke kamar mandi.


Hari pertama, saya menunggu Aya di rumah sakit. Bete juga seharian gak ngapa2in. Yang bisa saya lakukan paling ngutak ngatik ponsel kalo Aya tidur. Menjelang sore mdadak Sisca bbm, nanya saya lagi ngapain. Emang, saya gak ngabarin pada keluarga saya kalo Aya diopname. Terang aja Sisca kaget begitu saya cerita kalo Aya di opname. Dan menjelang maghrib, Sisca dateng bawain makanan yang dia masak sendiri buat saya dan suami buka puasa. Alhamdulillah....rezekinya orang puasa. :))

Walapun masakannya enak, tapi tetep aja saya gak semangat makannya. Siapa coba yang bisa makan enak dan lahap kalo lagi nungguin orang sakit, iya kan? Saya cuma sanggup makan beberapa sendok. Sisanya, saya makan lagi buat sahur besok paginya. Tapi tetep enak kok, Sis... Beneran deh! Yah meskipun rasa sayurnya jadi rada2 kecut gitu sih... barangkali udah basi kali ya? Tapi tetep saya makan kok :)


____pepes ayam bikinan siska enak loh, dan kaya'nya pepes ayam bikinan saya kalah saing nih!____


Hari kedua belum banyak perkembangan atas kesehatan Aya. Kondisi Aya lemah banget. Seharian Aya tiduuuurr melulu. Bahkan Aya sampe gak mampu membuka mata. Mungkin itu efek obat tidur yang diberikan dokter. Sehingga saya harus rajin2 membangunkan Aya untuk memberinya minum. Saat saya menyuapinya makan, berkali2 juga saya harus menggugah Aya dengan mentowel pipinya karena Aya tiba2 jatuh tertidur saat sedang mengunyah makan siangnya.




____kelihatan wajah Aya udah mulai segar____

Di hari ketiga, sudah ada peningkatan. Sesiangan gak melulu diisi Aya dengan tidur. Kini tangan Aya mulai rajin mindah2 chanel tipi. Mulai dari nickelodeon, cbeebies, disney sampe acara tipi stasiun lokal dia tonton. Saya lihat sesekali Aya juga tergelak pas menyaksikan spongebob dan sahabatnya patrick saat dikejar2 squidward. Rasanya seneng liat Aya sudah mulai membaik. Pipinya sedikit2 sudah mulai bersemu merah. Panasnya juga udah mulai turun. Meski menjelang malam suhu badan Aya masih selalu tinggi.

Berbeda dengan kemarin, sekarang Aya juga udah mulai milih menu makanannya sendiri saat suster datang menyodorkan buku menu untuk sarapan, makan siang dan malam. Tapi untuk memakannya, Aya masih harus saya suapi. Hingga suatu siang pada hari keempat saat waktunya makan mendadak Aya bilang begini;

"Aya makan sendiri aja, Bun..."

"Hah? emang udah bisa?" tanya saya menatap Aya heran.

"Bisa dooong....!" Aya tersenyum menatap saya "kan udah gak pusing".

Saya buru2 menggeser overbed table yang ada di pojokan menuju tempat tidur Aya agar dia leluasa makannya. 

____anak bunda pinteeeerr... udah bisa makan sendiri____


Saat saya bantu melepaskan plastic wrapping yang menutupi semua makan siangnya, tiba2 Aya berkata;

"Lagian entar Bunda ngiler lagi kalo nyuapin Aya..." Aya memasukan sesuapan besar nasi lembek dengan potongan daging yang berkuah kecap "kalo Bunda batal, nanti Aya yang dosa..." Aya melirik nakal ke arah saya.

Saya diam sesaat. Bukan, bukan karena saya takjub lantas tak bisa berkata2 saat disindir Aya demikian rupa. Bukan, bukan juga itu artinya menandakan Aya sudah sebuh total dikarenakan Aya sudah kembali pada sifatnya yang gemar jahil sama saya. Tapi sebenernya saya lagi mikir, apa selama ini Aya tau ya, kalo saya selalu menelan ludah tiap kali nyuapi dia?.

Saya elus kepala Aya dan mengacak2 poninya. Aya tertawa sambil mengunyah. Dan jauh di dalam hati saya, saya berkata, "Kalo gak sakit kamu Ay, udah bunda cubit deh pipinya...".

Ah, si bungsu saya emang paling jahil sedunia. :P

0 komentar:

Web Statistics