Pages

Senin, 04 November 2013

jangan pernah ganggu gue!



Pagi ini, ada kejadian yang untuk sebagian orang mungkin dianggap aneh, serem, menakutkan dan menyeramkan yang terjadi sama gue. Gue gak abis pikir, padahal ya, gue sama sekali gak ngimpi apa-apa semalem. Tidur gue juga baik-baik aja dan nyenyak sekali. Seinget gue, sepulang dari nonton Thor semalem sekitar jam setengah 10, gue cuma sempet ngeteh secangkir buat ngilangin rasa laper sesampe di rumah, lalu dilanjutin bersih-bersih badan dan trus naik ke tempat tidur. 

Bagun pagi gue juga normal-normal aja. Gak kaget kaya anak sekolahan yang bangunnya mesti disiram segayung air sama emaknya. Jadi boleh dibilang, gue berangkat ngantor dengan damai tadi pagi. Malah gue gak sempet ngerasain kejebak macetnya hari senin seperti biasanya.

Emang sih, sempet juga ngerasa aneh sendiri begitu melintasi jalanan yang biasanya macet jam segitu. Kok tumben ya, pagi ini jalanan terasa lengang? Apa iya ada hubungannya dengan ditolaknya demo buruh kemaren yang minta gaji minimum 3,7 juta? lantas para pekerja ngambek lalu sepakat rame-rame mogok kerja dan cuma gue yang gak dikabarin makanya gue termasuk segelintir orang tetep masuk kerja hari ini?

Kalo suami gak ngomong “hari kejepit” pas gue menggumamkan keheranan tentang kondisi pagi ini dalam mobil tadi, barangkali gue bener-bener yakin kalo gue dimusuhin orang seSPSI. Dan berkat password ‘hari kejepit’ itu akhirnya gue jadi inget kalo hari selasa besok adalah hari libur nasional. Karena bener-bener kejepit, maka gak heran kalo banyak pekerja yang izin gak masuk kerja hari ini. Begitu juga beberapa temen gue di kantor. Temen seruangan dan OB di kantor gue juga gak masuk hari ini. Dan karena gue merupakan karyawan teladan yang selalu hadir di kantor paling awal, maka ketika OB gak masuk kaya hari ini, gue lah orang yang diserahin kunci buat buka kantor senin pagi ini.

Perkara buka kantor kaya begini ini bukan pertama kali sih buat gue. Ada beberapa kali gue harus melakukannya tiap kali OB izin pulang kampung buat nengok istrinya. Dan seperti pagi-pagi lain saat gue harus buka kantor sendirian, pagi ini gue buka kantor juga biasa aja. Gak ada yang aneh. Gue buka gembok pintu gerbang yang segede gaban itu juga gak ada masalah kok.  Cuma emang, tiap kali buka kunci pintu depan gue sering agak kesulitan. Setelah gue puter anak kunci ke kanan trus gue dorong sambil mencet handel, pintu gak kebuka. Gue balikin lagi memutar anak kunci ke kiri dan mengembalikannya dalam posisi terunci, trus memulai lagi dari awal dengan memutar perlahan-lahan anak kunci ke arah kanan kemudian memencet handel pintu sambil mengerahkan separoh tenaga gue untuk mendorongnya, tetep tuh pintu bergeming gak mau kebuka. 

Gue cabut kunci dari lobangnya.

Oke, gue milih diem dulu sesaat. Ah, masa iya sih gue harus kalah sama pintu.

Heran juga. Padahal ya, hari sabtu kemarin, saat gue diserahin  3 buah kunci sama OB, gue sempet latihan dulu buka tutup pintu depan dipandu sama dia. Dan saat itu semua sama sekali gak ada masalah. Itu pintu dikunci dan dibuka gampang-gampang aja. Tapi kenapa sekarang…?

Lagi, gue masukkan anak kunci pelan-pelan pada celah lubang kunci, gue putar pelan-pelang ke kanan, setelah gue yakin kunci udah mentok dan gak bisa lagi diputar ke arah kanan, dengan kedua tangan menggenggam gagang pintu dan jempol tangan kanan menekan handel, gue pun mengerahkan seluruh tenaga gue untuk mendorongnya.

“Greeeeeettt…. BRAAKK!!”. Pintu terbuka kemudian membentur tembok di sisi kanan. Serentak dengan itu gue pun terhuyung ke depan karena ternyata tenaga yang gue kerahkan untuk mendorong pintu terlalu kuat.

Alhamdulillah kebuka juga ini pintu akhirnya... gue bersyukur dalam hati.

Setelah berhasil menata debar jantung akibat kaget karena terhempas tadi, mulailah gue melangkah masuk ke dalam kantor. Gak lupa gue baca bismillah dan melangkah pake kaki kanan.  Gue berjalan menuju arah tangga untuk mencapai ruangan gue di lantai dua. Sampe sini, masih gue gak ngalamin hal-hal aneh. Hawa kantor hangat-hangat aja pas pertama gue masuk tadi, gak kaya yang dijabarin dalam buku-buku cerita horror yang pernah gue baca, yang katanya ruangan yang dihuni mahluk halus bakalan terasa dingin dan mencekam. Yang ada cuma tercium aroma apek kardus dari beratus-ratus kolian buku dalam gudang di lantai dasar saat gue berjalan sepanjang lorong menuju arah tangga tadi.

Sesampe di atas, gue langsung membuka pintu ruangan kerja gue kemudian membuka semua jendelanya lebar-lebar. Pintu menuju balkon di ruangan meeting juga gue buka biar cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan tersebut. 

Gue balik ke ruangan gue. Gue lantas menyalakan seluruh komputer yang ada di ruangan, duduk manis di kursi dan bersiap untuk main internet kerja seperti biasa. Gue lirik penunjuk waktu yang melingkar di tangan kanan. 46 menit lewat dari jam 7. Pandangan gue mengarungi sekeliling ruangan kerja. See? There’s nothing except me! :D :D

Maap kalo sampe sini isi cerita gue gak ada istimewa-istimewanya sama sekali. Karena ya, memang gak ada apa-apa!

Saat gue menunggu rebooting komputer, mendadak gue inget kalo sejak semalem gue gak ngecek-ngecek ponsel.  Gue rogoh ponsel dari dalam tas. Terdapat 5 email, 2 sms, 2 bbm yang masuk dan 2 panggilan tak terjawab, begitu gue lihat notifikasi di layar ponsel. Dua panggilan tak terjawab adalah notifikasi pertama kali yang otomatis kebuka. Dan dua-duanya adalah panggilan masuk dari nomor +221536700**. Gue mikir sebentar. Kok kayanya gue familiar banget sama nomor ini, tapi siapa ya? Oia, fyi nih… beberapa hari kemaren emang gue baru aja dapet musibah. Ponsel gue hang dan perlu direpair. Dan celakanya, semua backup data di ponsel gue gak bisa diselametin. Jadi gak cuma bbm kontak dan tulisan-tulisan gue doang yang ilang, tapi juga seluruh nomor kontak temen-temen gue lenyap. Dan sampe hari ini gue belum sempet nyimpen ulang nomor kontak teman-teman gue satu persatu.

Balik lahi ke panggilan tak terjawab tadi. 
Gue perhatiin sekumpulan nomor tersebut baik-baik. Ya, gue gak asing dengan nomor itu, tapi nomor siap……LOH, INI KAN NOMOR KANTOR GUE!! Gue terkejut. Lantas gue perhatiin tanggal dan jam panggilan itu masuk ke ponsel gue. 11/04/13 – 07:41am. Hah! Itu berarti 5 menit yang lalu. Gue coba mengingat dimana dan sedang apa gue lima menit yang lalu. Dan ya! Lima menit yang lalu gue sedang berjuang buka pintu depan. 

Jadi pertanyaannya; 
jadi siapa yang menelepon gue dari telepon kantor padahal kantor sendiri dalam kondisi tak berpenghuni?!

Jujur, ampe sini rasa ngeri muncul juga di benak gue, tapi gue gak mau lah dikalahin sama rasa takut itu sendiri. Bukan bermaksud nantangin sih… tapi gue gak mau kelihatan tolol, trus lantas ngibrit lari keluar kantor cuma gara-gara ketakutan dengan kejadian yang barusan gue alami. Gue yakin, semakin gue ngerasa takut, setan-setan itu akan semakin bersorak kegirangan. Gue meyakini jika setan makin mendapat kekuatan dari rasa takut manusia pada mereka. .

Pada dasarnya gue adalah bukan orang yang pemberani. Tapi gue juga gak terima kalo dibilang penakut. Lebih tepatnya gue adalah orang yang meyakini jika hal-hal yang gaib itu ada, akan tetapi gue juga gak mau ambil pusing dengan keberadaan mereka. Pokoknya gini deh peraturannya;  gue gak pernah ganggu lo dan lo jangan pernah ganggu gue!

Jadi pada dasarnya semua udah jelas kok, sebagai manusia kita lebih mulia dari mereka. Dan sesungguhnya rasa takut kitalah yang akan menjadi penguat mereka.  Ingat! Mereka akan terus berusaha untuk membuat kita lebih takut sama mereka hingga kita lupa jika sesungguhnya kita jauh lebih mulia dari mereka. Membuat kita lupa jika mereka sesungguhnya gak ada seujung kuku pun dibandingkan Tuhan. 

Dan bila rasa takut mulai terlintas, berpeganglah pada ayat-ayat suci dan mohon perlindungan Allah.  A'uzu billahi minashaitanir rajim… aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Lanjutkan dengan membaca ayat kursi. Begitulah cara gue menghukum ‘mereka’ yang suka jahil ini.

Syukurlah setengah jam kemudian, gue lihat dari partisi kaca ruangan gue kalo bos gue datang lantas masuk ke ruangannya. Ya, kehadiran bos gue paling gak bisa bikin gue makin tenang.  Tapi gak berlangsung lama. 15 menit kemudian bos gue pergi lagi dan gak pamit mau kemana. Gue menduga barangkali bos gue itu pergi nyari sarapan, secara si OB gak ada dan gak bisa diminta tolong buat beliin sarapan.

Gue berusaha mensejajarkan pikiran rasional gue dengan kejadian yang diluar nalar gue ini. Makin dipikir, makin gak ada titik temunya. Karena yang barusan gue alami memang gak bisa dijelasin dengan akal logis.

Makin siang, teman-teman gue yang lain satu persatu mulai berdatangan. Suasana kantor makin ramai.  Gue menceritakan kejadian yang barusan gue alami pada mereka. Eh bukannya malah prihatin kek sama gue, **aku pinjam istilah prihatinnya ya, sayang** mereka malah bikin spekulasi-spekulasi horror macam gini; 

“pas lo naek, ada bau-bau melati atao menyan gak?”

“tadi lo bilang pak kris dateng? kan dia dari hari  jum’at pulang kampung katanya adeknya meninggal… coba lo telepon lagi gih! mastiin, sebenernya yang meninggal dia apa adeknya?” 

“trus, sekarang mana pak krisnya? lo yakin yang lo liat tadi itu pak kris? muka pak kris putih kaya biasanya atau pucet?” 

“lo kan liat pak kris tadi cuma dari kaca, Vo, lo gak mastiin dia jalannya napak apa gak?”

Sampe;

“ngomong-ngomong besok tahun baru islam kan yak? berarti ntar malem, malem satu suro dong… kalo ada yang nelepon lo lagi jangan diangkat, yak?!”

Sialan!


Dan untuk beberpaa hari kedepan, nampaknya gue harus bertahan menghadapi keisengan-keisengan anak-anak yang kini saban lewat ruangan gue selalu aja berakting kaya zombie. “kenaliiiinn….sayaaa yaaangg nelepooonnn kamuuu tadiii pagiiiiii…..” dengan nada suara didatar-datarin dan efek slow motion

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ini dia satu lagi yang gak prihatin sama gue...:'(

Web Statistics