Pages

Jumat, 15 November 2013

lubang kosong di hati




Nyaman, tenteram, santai dan damai. Barangkali empat kata itu bisa menggambarkan bagaimana kehidupan hari-hari lo dan gue di kantor selama ini. Gimana gak, kita bisa datang ke kantor telat-telat dikit, bisa mulai istirahat siang sejam dua jam lebih awal, bisa izin sewaktu-waktu asal kita saling backup kerjaan kita, saat-saat sibuk kita cuma di waktu-waktu tertentu doang, sampe gue pribadi bisa nyalurin hobi nulis di blog saat jam kerja pake fasilitas kantor kaya sekarang ini. :P Wah pokoknya masih banyak lagi deh, yang jika gue tulis satu-persatu, gue yakin gak bakal selesai-selesai dan gue gak bisa ngelanjutin nulis yang laen. Makanya gue memutuskan untuk menulisnya sampe situ doang biar gak makin banyak orang yang envy sama kita berdua. :)

Namun, hidup yang dahulu gue rasa nyaman, tenteram, santai dan damai itu beberapa hari kemaren agak sedikit terusik. Dunia gue mendadak berubah saat negara api menyerang dan hanya Avatar penguasa empat elemen yang dapat menghentikannya lo bilang berniat mengundurin diri karena udah diterima kerja di tempat yang baru. :'(

Sesaat dengar penuturan lo pagi itu, guie yakin bener kalo saat itu muka gue pasti mendadak kelihatan pucat. Tapi gue berhasil menutupinya dengan pura-pura berusaha tenang saat nanggepin omongan lo. Ya iya lah, gengsi dong kalo gue lantas merengek bilang, “yaaah… kenapa lo harus berenti sih? udah deh di sini aja sama gue…” dengan nada ngemis sengemis-ngemisnya dan tanpa harga diri secuil pun. Tapi sungguh! jauh di dasar hati, sebenernya gue meratap minta lo tetap tinggal.

Gue baru nyadar kalo masa 9 tahun waktu kebersamaan kita itu, bener-bener gak berasa ya? Terasa singkat banget bagi kita yang selalu aja cekikikan dan cekakakan untuk segala hal yang gak penting. Tapi jujur, sejak adanya lo, mampu bikin suasana kantor lebih cerah tiap hari. Kenapa? Karena disaat-saat terbete pun, begitu langkah kaki gue tiba di lantai dua dan mendapati lo di ruangan kerja kita lagi cengengesan sambil menyapa; “pagi bundaaaa….” seolah gue ini emak lo, langsung deh beban yang bergelayut di pundak gue seketika aja menggelundung jatuh ke anak tangga paling bawah dan hilang terinjak-injak tiap kaki yang lewat. Ya, mendadak hari gue berubah warna-warni kayak pelangi.

Dulu waktu kita masih bertiga kemudian saat Lia harus cabut dari sini, bagi gue itu udah berasa berat banget. Dan sekarang lo juga mau pergi? Tega lo!! :((

Emang sih, rencana merger kantor cabang kita dengan cabang laen yang bikin hati kita kebat kebit karena mau gak mau akan terjadi pengurangan tenaga staff, barangkali bikin lo kemudian ambil keputusan buat cabut dari sini dan buru-buru cari lahan kerja baru. Dan sebagai teman baik lo yang berpikir secara obyektif, gue pasti setuju dengan langkah yang lo ambil ini untuk keluar secepatnya. Mengingat juga banyaknya tanggungan yang harus lo pikul.

Tapi kalo gue menempatkan diri sebagai sahabat lo yang super duper egois, sudah pasti gue pengen lo tetap bertahan di sini. Bertahan sampe kita bener-bener tau keputusan perusahaan akan tetap mempekerjakan atau memberhentikan kita berdua. Lo inget gak, masih banyak rencana-rencana yang belom sempet kita realisasiin berdua, iya kan?. Malah gue belom sempet ngajak lo nyobain java massage di spa langganan gue itu, padahal kan gue udah janji.

Dan karena keegoisan gue juga makanya beberapa hari menjelang kedatangan staff audit pusat ke kantor kita untuk bikin berita acara dan serah terima jabatan, mendadak gue jadi canggung sama lo. Gue ngerasa lo udah demikian teganya bikin gue sedih atas keputusan lo ini. Gue nganggap, lo bukan temen yang setia. Padahal berkali-kali lo bilang kalo gue adalah sahabat lo satu-satunya yang paling ngertiin lo.

Lantas gue menabur badai salju di ruangan kita. Gak Cuma itu, gue juga memasang portal, gembok dan melapisinya dengan pagar kawat berduri yang pesannya jelas : gue gak mau diajak bicara dan ditanya-tanya!. Tapi barangkali lo gak tau jika selama aksi tutup mulut gue itu, gue sesungguhnya merasa tersiksa. Jauh di dasar hati gue, gue kepengen kita bisa kembali mesra dan jambak-jambakan lagi kaya dulu. Gue gak mau persahabatan kita berakhir dan porakporanda kaya gini.

Namun hari yang gue benci itu pun akhirnya tiba. Padahal gue masih penuh harap lo bakal berubah pikiran setelah aksi ngambek gue itu. **sungguh kekanak-kanakan ya, gue? :(** Gue juga masih berharap kemungkinan-kemungkinan ajaib yang sekiranya bakal terjadi dan akan membuat lo mengurungkan niat untuk hengkang dari sini. Tapi semua sudah bisa ditebak, usaha gue itu sia-sia!

Sore itu, usai segala prosesi serah terima selesai sebagai pengukuhan pengundurdirian lo, ketika kita menghabiskan beberapa jam ke depan menjelang waktu pulang, lo mendekati meja gue. Gue tetap pura-pura sibuk dan gak mengacuhkan lo yang terlihat ingin memecahkan kebekuan diantara kita. Gue pura-pura scroll up scroll down sebuah artikel di internet. Padahal sumpah! itu artikel sama sekali gak gue baca. Yang ada gue sibuk ngobrol sama diri gue sendiri. Tapi gak lama, tiba-tiba saja lo memeluk dan menangis di bahu gue. Gue yang sama sekali gak nyangka bakal dipeluk tiba-tiba sama lo itu, mendadak merasakan tercekat di tenggorokan. Pangkal mata gue rasanya nyeri dan pedih. Saat itu gue masih menyesalkan apa yang lo lakuin ke gue. Ah, kenapa juga lo bikin perpisahan ini demikian sulit?

Meski gue berusaha kuat, akhirnya luapan rasa yang selama beberapa hari ini gue tahan akhirnya jebol juga. Gue balik memeluk dan menangis di bahu lo. Kita berdua sama-sama banjir air mata. Gak kita hirauin wajah-wajah heran yang menyaksikan kita dari balik kaca seolah menonton adegan sinetron. Gak kita peduliin juga mereka yang kemudian memperagakan kita, masih dari balik kaca, yang saling berpeluk dan bertangisan sambil cengengesan dan nyanyi lagu kemesraan. Huh, Boys!

Kita biarkan waktu berlalu dengan sama-sama terisak. Kalo dulu, biasanya air mata selalu membasahi salah satu kerudung kita. Entah lo, atau pun sebaliknya. Tapi kalo sore itu, kita biarkan air mata membasahi kerudung-kerudung kita berdua. Sore itu kita bunuh waktu tanpa kata-kata, cukup dengan air mata dan hati yang bicara.

Gue jadi inget, salah satu episode film kartun Sponge Bob, saat dia harus pergi meninggalkan Patrick, sahabatnya karena rumah nanasnya hancur. Saat menonton itu aja gue sedih banget, sampe-sampe air mata gue menggenang di pelupuk, nah apalagi sekarang saat gue harus mengalaminya sendiri. Sungguh sulit gue menggambarkan perasaan gue seperti apa waktu itu. Yang pasti, detik itu gue jadi tau gimana rasanya jadi Patrick yang akan segera ditinggalkan sahabatnya.  :'(

Well, this is enough! and life must go on. 

Jujur, gak mudah menghilangkan kebersamaan kita yang sudah hampir sepuluh tahun itu begitu aja dari kepala gue. Bohong banget kalo gue bilang gue bakal baik-baik aja sepeninggal lo. Kehadiran lo udah demikian membekas banget di hati gue. Meninggalkan lubang kosong yang tak kasat mata di sana. Barangkali untuk beberapa hari, minggu bahkan beberapa bulan ke depan, gue bakal merasa sangat kehilangan lo. Tapi gue juga gak bisa terus-terusan larut sama kesedihan gue, iya kan?  

Gak usah lo khawatirin gue yang kini harus kelimpahan kerjaan lo karena belum ada yang ngegantiin posisi lo. Inshaallah semua bisa gue kerjain. Semuanya mudah kok di tangan gue :) semudah mengucapkan 1, 2, 3.... tapi bikin gempor saat mengerjakannya :D

Gak perlu lo cemasin gue yang kini bagai perempuan di sarang penyamun. Sikap mereka makin manis-manis kok ke gue. Iba kali ya, ngeliat gue sendirian gak punya temen. :) Tau gak, sekarang si Joker, kepala gudang, gak pernah absen nawarin gue buat bikinin kopi atau teh saban pagi dan sore. OB kita, sekarang rajin banget nawarin beli sarapan atau makan siang bahkan sebelum jamnya, gak kaya dulu, kita harus teriak2 dulu baru dia muncul. :) Supir kita itu, sekarang sigap banget kalo gue minta anter ke bank. Beda kalo lo yang nyuruh dulu. Hihihi... Tapi yang gak berubah ya, si manusia beruban itu. Masih gemar banget nempelin mukanya di kaca ruangan kita sambil godain gue. Tuh barusan dia nyanyi dangdut yang liriknya diganti pake nama gue. Norak!

Gue yakin gue pasti akan merindukan lo. Merindukan hari-hari kita. Dan gue harap kita masih bisa sering ketemu secara kantor lo yang sekarang gak jauh-jauh amat dari kantor gue. Tiap pulang kerja, kita bisa janjian ketemuan di halte jameson depan gedung tempat gue ngegym. Malah gue bisa mampir maen ke kantor lo kalo gue lagi ke ingredient buat beli beberapa keperluan baking, iya kan?. Semoga tak banyak waktu-waktu bahagia yang akan kita lewati tanpa kebersamaan kita dengan perpisahan ini. ya. Janji? :)

Akhir kata, gue mau ngucapin terima kasih sekaligus maaf sama lo.

Terima kasih udah mau jadi sahabat dan berbagi tawa sama gue selama ini. Terima kasih juga sudah mau berbagi cerita dan hal-hal yang pribadi sama gue meski gue yakin gue bukanlah orang yang bisa memberikan jalan keluar bagi masalah-masalah yang sering lo bagi cerita ke gue.

Maafin semua kejailan-kejailan gue selama ini ya. Maafin kebiasaan-kebiasaan becanda gue yang selalu gak mempertimbangkan perasaan lo sedikit pun. Misalnya saat loading komputer lo butuh waktu lama, gue dengan kurang ajarnya mensejajarkan otak komputer lemot lo itu dengan isi kepala lo.

Maafin karena gue sempet punya pikiran kalo lo itu adalah temen yang udah bikin gue sedih dan menyalahkan lo sebagai orang yang punya andil besar ngelukai hati gue kemaren. Padahal gue percaya, gak mungkinlah lo bermaksud bikin gue sedih kaya gini.

Maafin juga atas sikap gue belakangan ini sama lo, itu semua karena gue gak mau kehilangan lo. Gue sudah demikian nyamannya berteman sama lo selama ini. Lo kan tau, gue cuma punya sedikit teman dalam hidup gue. Gue sangat jarang bisa dekat secara hati dengan seseorang. Dan dari teman-teman gue yang sedikit itu, hanya beberapa dari mereka yang bisa gue labeli sahabat. Dan mereka-mereka yang berhasil gue labeli sahabat, itu artinya mereka adalah makhluk langka yang super hebat. Dan gue gak mau kehilangan mereka. Dengan apa pun gue akan berusaha mempertahankannya. Dan ketika gue harus melepaskan orang yang gue sayang itu, yah jadi gini deh... sifat asli gue yang melankoli dan cengeng itu keluar kepermukaan. 

Love you and I’ll gonna miss you my friend. It will never be the same without you. :’)


3 komentar:

It's My Life mengatakan...

Indahnyaaa persahabatan ya vo....:')

Anonim mengatakan...

akuuurrrr...! *peluk*

It's My Life mengatakan...

manaaaaa postingan terbaru!! hahahahah

Web Statistics