Pages

Rabu, 14 Maret 2012

sesal selalu datang belakangan






Gue lihat bos gue sudah mulai oleng setelah gue melancarkan jab kiri lalu disusul dengan jab kanan secara bergantian ke arah bagian perutnya. Wajahnya yang penuh peluh terlihat menahan kesakitan. Sambil terhuyung2, dia mencoba membalas pukulan gue dengan melancarkan straight. Namun gerakannya terlanjur terbaca oleh gue. Dan untungnya aja gue jago. Gue mengelak seraya merunduk. Sehingga pukulan yang dia lontarkan agar menghantam kepala gue tersebut ibarat hanya meninju angin. Dia semakin geram melihat pukulannya meleset. Akan tetapi, sepertinya pukulan tadi membuat dia kelelahan untuk kembali menyerang gue dengan berbagai pukulan. 

Dan rasanya gue gak bisa menyia2kan kesempatan ini. Gue harus membuat wajahnya jatuh mencium kanvas tepat di ujung kaki gue. Gue pun meringsek maju. Dia mundur karena menyadari gue hendak menyerang dia. Mulailah gue melancarkan hook kiri dan kanan dengan sangat keras ke arah wajahnya. Bos gue terlihat semakin kepayahan. Dia berusaha membalas gue dengan pukulan yang terlihat jadi asal2an. Melihat dia semakin kehilangan konsentrasi, gue terus melancarkan pukulan2 hingga membuat dia tersudut di pojok ring. Inilah saatnya, bisik batin gue. Inilah saatnya gue harus melepaskan pukulan uppercut gue yang sangat ditakuti oleh lawan2 gue selama ini. Lalu gue menghimpun tenaga sebesar2nya kemudian mendaratkan pukulan pendek tangan kanan gue tersebut dengan keras tepat di dagu kirinya. Gerakan uppercut yang ditayangkan slow motion tersebut berhasil menghantam wajahnya. Sukses!! Bos gue pun terjengkang jatuh keluar ring. Penonton tercengang sesaat, kemudian mulai bersorak2 merayakan kemenangan gue. 



Diantara riuh penonton yang tak henti2 mengelu2kan gue tersebut, kemudian wasit menarik tubuh gue dan membimbingnya ke tengah ring. Tepat setelah nama gue disebutkan melalui pengeras suara, "THE WINNER IS.............. IIIIVVOOOOOOO.......!!! lalu sang wasit menarik tangan gue ke atas dalam genggamannya sehingga posisinya berada di atas kepala kami. Sayup2 mulai terdengar alunan suara Fredie Mercury menyanyikan lagu kemenangan We Are The Champion yang seakan berebut adu dengan suara penonton yang membahana.


Gue tersenyum bangga. 
Aaah..... lebih tepatnya, tersenyum PUAS.

"Mbak? Mbak Ivo....??" Tiba2 samar2 gue mendengar suara bos gue memanggil. 

Loh! mengapa dia masih bisa bicara? Bukannya tadi dia pingsan setelah gue knockout?

"MBAAAK...?!" lalu bos gue memanggil lebih keras.

"Eh, iya pak?" gue menjawab tergagap. Gelembung awan di atas kepala gue tiba2 aja menghilang mirip balon sabun yang meledak di udara. Door!! Imajinasi gue yang telah mengkanvaskan....eh maksud gue, melantaikan dia, buyar seketika.

"Kenapa kamu senyum2 sendiri, ada yang lucu?" tanya bos gue.

"Eh, eemmm... enggak kok, pak..." mata gue mengejap2. Sebelah bibir gue gigit agak keras agar tersadar lalu menatap Bos gue yang duduk di kursinya. Terus terang, gue masih gak percaya kalo sebenernya bos gue itu ternyata gak pingsan dengan muka bengep bengkak2 serta mengeluarkan darah di pelipisnya. Kenyataannya, dia duduk menggenggam bolpoint dihadapan gue dengan kertas2 berserakan di atas mejanya.

"Jadi, yang saya terangkan tadi semuanya jelas kan?" katanya.

Gue ngangguk2 sok ngerti. Debar di dada akibat terkejutan tadi perlahan mulai mereda. Lalu dengan ekor mata, gue menatap bos gue meraup kertas2 yang berserak di atas meja dengan kedua tangannya kemudian menyerahkannya kepada gue.

"Usahakan sore ini selesai karena besok, pagi2 sekali, mau saya bawa buat meeting ke kantor pusat" lanjut bos gue lagi.

"Iya, pak..." kertas2 itu berpindah dari tangannya ke tangan gue. Kemudian gue bangkit dari duduk dan berjalan keluar ruangan. Gue berjalan tertunduk menuju ke ruangan gue sendiri dengan dagu nempel di leher sementara kedua tangan terjulur di samping tubuh. Lemas. Lunglai, seakan beban berat baruuuu aja tadi diletakan di kedua bahu gue.

Yah, begitulah gue dulu, yang sempet pengen mengknockdoutkan bos gue di atas ring. Yang pengen menusuk pantatnya dengan tongkat berujung trisula begitu kepala gue bertanduk kiri kanan dan tumbuh ekor dibagian belakang. Yang pengeeeeenn banget tiba2 bisa jago sulap. Biar gue bisa memasukkan bos gue ke dalam peti lalu gue gergaji kalo gue lagi gak suka. Yang mendamba banget dia gak masuk saban hari sabtu karena hujan badai melanda tempat tinggalnya.

Tapi suatu hari, impian gue terwujud. Datanglah kabar yang selama ini gue tunggu2. Setelah gue mendapat kabar via bbm dari staff akunting pusat yang minta agar gue mempersiapkan data2 pendukung untuk Berita Acara Serah Terima Jabatan karena besok harinya akan ada serah terima bos gue dengan bos cabang lain. Cihuuuuyyy!!! Gue gak bisa menutupi kegembiraan gue meski gue agak sedikit terkejut dengan berita gembira ini. Sama sekali gue gak nyangka jika secepat ini.

Dan, hari yang ditunggu2 akhirnya tiba. Tapi ada yang aneh. Ada yang janggal nih! Entah mengapa, setelah mendengar rencana sertijab itu, gue jadi resah. Gue jadi gelisah. Tiba2 hati gue diliputi rasa sedih. Kok, gue takut kehilangan bos gue yah? Biar pun dia kadang sering banget bikin gue kesel. Bikin gue jengkel. Bikin gue ngegerudel sendiri dalam hati dengan peraturan2nya yang dia terapkan di kantor sesuai dengan peraturan perusahaan, tapi gue juga gak bisa pungkiri kalo sesungguhnya dia tuh tipikal pemimpin yang baik. Emang guenya aja kali yang tengil. Selalu aja ngerasa gak puas sama dia.... **kalo lo mengartikan kata puas di kalimat ini macem2, AWAS LO! ntar gue bacok!!**

Dan sekarang, gue bener2 merasa kehilangan dia. Gak ada lagi bos yang sekaligus temen yang bisa diajak ngobrol enak kaya dia. Gue suka sama dia karena wawasannya luas. Dia bisa menjawab segala permasalahan dan yang gue ajukan sama dia. Semua pendapat gue selalu dia apresiasi meskipun gak sependapat sama dia. Gak hanya itu, apalagi kalo udah ngomongin tentang pendidikan anak, wuiihh... dia jago banget ngasih solusi. Mungkin karena bos gue itu memang latar belakang ilmunya adalah seorang pendidik. Selain itu, kegemaran dia yang  selalu mengisi waktu luang dengan membaca dari pada surfing dan browsing internet, semakin membuat luas wawasannya. Ah.... tiba2 gue ngerasa banyak dosa nih sama beliau.... **cieeee....sekarang aja beliau, dulu... siapa coba yang julukin dia pertama kali dengan sebutan suneo, hayooo...lupa yaaaa...??**

Yah, gue ngaku deh, kalo gue yang bikin istilah itu buat dia... tapi itu kan duluuuuuu.... gak perlulah diinget2. Yang lalu biarlah berlalu. Kita buka lembaran baru. Begitu kan?

Daaaaaann.... inilah lembaran baru hidup gue. Dengan bos gue yang baru tentunya. **hmm....belom dikasih julukan nih bos barunya?!** Gak, ah! meski usia dia dua tahun dibawah gue, tapi bos gue ini orangnya item tinggi gede, dan berhubung gue masih pengen panjang umur, jadi jujur, gue gak berani macem2 ama dia, takut dipites soalnya.


Selaen item tinggi gede, dia juga sering bikin gue terkejut sampe terlonjak beberapa senti dari tempat duduk gue. Bukan karena suaranya yang menggelegar, bukan. Justru suaranya imut banget untuk ukuran pendengaran gue yang udah mulai sedikit budeg. Malah kalo gue perhatiin nih, dia gemar banget bicara sambil berbisik. Terutama jika dia ngobrol dengan kasir. Sambil bisik2, matanya ngelirik gue persis kaya' ibu2 komplek lagi ngegossipin penghuni baru simpenan penggede. Seakan dia gak pengen gue mendengar pembicaraan mereka. Naluri detektive gue tiba2 menyala. Hmmm... **mata menyipit sambil elus2 jenggot** **sadar gak punya jenggot**


Pernah suatu hari nih, saat gue sedang ngerjain laporan dengan damai, **lagi ngeblog deeenngg...** tiba2 terdengar suara BRAK...! BRAK...! BRAAAKK!! kuenceeeenngg banget. Setelah gue celingukan kanan kiri nyari sumber suara, ternyata di sana, dari balik kaca yang memisahkan ruang gue dengan ruangan dia, gue liat bos gue sedang menggebrak2 monitor komputer di atas mejanya. Gue langsung bengong. Menatap nanar ke arah bos dari ruangan gue.


Jadi, mungkin begitu bos gue buka sebuah aplikasi, lalu komputer tersebut memprosesnya lama. Setelah menunggu semenit, masih in processing. Ditunggu dua menit, masih running. Setelah tiga menit belom bisa juga, bos gue mulai gak sabar dan hampir meleleh. Maka, dia pake jurus laen buat processing tuh komputer, yah dengan cara di gebrak2 gituh. Tapi kan lama2 gue yang bisa kena stroke saban hari kalo begini caranya!


Emang sih gue akui, kalo komputer di ruangan bos gue itu udah tergolong uzur. Dan selain agak lusuh,  diperparah lagi karena bos lama gue gak pernah mempergunakannya selama dia menjabat disini. Gak tau deh, apa karena bos lama gue lebih hobi baca atau karena gak ngerti cara ngidupinnya. Jadi komputer itu selama lima tahun tergeletak pasrah di pojokan ruangan dia. Pokoknya udah kaya makhluk tak bernyawa tapi wujudnya ada. Dan itu juga alasan yang selalu bikin gue ngeri tiap masuk ruangan itu jika gak ada bos gue di dalam, meski buat sekedar naro berkas laporan di ruangannya, misalnya. Gue pasti udah baca ayat kursi di depan pintu ruangan dia sebelum masuk. Kemudian terburu2 meletakan berkas laporan di atas mejanya sambil ngelirik ngeri ke arah komputer di pojokan. Setelah itu, gue lari  terbirit2 keluar dengan tengkuk merinding.


Lain komputer bos, lain juga komputer temen gue yang biasa dipake buat bikin faktur. Komputer dia punya lemot abis. Jalannya kaya bekicot pincang. Lamaaaaa.... bener! Kaya'nya benda itu lebih cocok dikubur dan dipendem dalam tanah. Trus dikorek2 oleh arkeolog sebagai temuan purba. Gue menerka, kaya'nya jeroan nih komputer udah pada berkarat deh. Selain usang, kadang gue suka mencium bau2 yang tidak sedap keluar dari  komputer tersebut.


Jadi, boleh dikatakan komputer yang paling lumayan di kantor ini yah cuma komputer gue. Meski merupakan suatu benda yang cukup renta yang ada di depan hidung gue tiap pagi, tapi biar begitu, lo gak perlu menyangsikan kehebatan komputer gue ini deh. Gini2....**sambil tepuk2 mesra** udah berapa banyak tulisan yang gue hasilkan menggunakan benda ini. Ratusan bahkan ribuan kalee... Dia masih enak diajak ngebut di tiap lintasan dan ngepot di tiap tikungan. Dan hebatnya lagi, gak over heat sama sekali! **hehe... emang! ngalahin mobil F1**


Nah, semenjak itu, bos gue langsung meminta agar gue membuat pengajuan pengadaan dua unit komputer baru. Untuk temen gue dan dia sendiri, tentu saja. Tapi masalahnya, dari pengajuan yang kemaren gue bikin, ternyata kantor pusat hanya menyetujui pengadaan satu unit komputer doang. Ketika gue tanya alasannya ke Adit, EDP kantor pusat, dia bilang setiap cabang memang hanya dijatah satu unit. "nunggu yang satu lagi meleduk dulu baru ntar diganti!" gitu kata Adit. Gue cuma bisa melongo sambil mangap denger penjelasan Adit. 


Emang sih, perangkat canggih sebenernya sangat menunjang pekerjaan di kantor. Tanpa komputer yang baik, gue jamin kerjaan jadi keteter. Gimana gak, begitu buka satu aplikasi, makan waktu sampe bermenit2. Dipake buat buka beberapa aplikasi sekaligus, tuh komputer langsung mohon2 ampun trus mati total. Barangkali, kalo tuh komputer bisa protes, gue rasa dia udah ikutan demo di bunderan HI deh.


Pokoknya kita udah tergantung banget dengan yang namanya komputer. Begitu juga komputer tanpa koneksi internet. Gak enak banget. Apalagi buat gue yang doyan banget nyeritain orang di blog di tengah2 waktu kerja, wuih! pokoknya, tanpa benda yang satu ini, hidup rasanya hampa. Rasanya serasa kerja tanpa jiwa. **sadaaaaaapp...!**


Cuma masalahnya, begitu satu unit komputer tersebut tiba di kantor, gue udah curiga diawal2, jangan2 tuh komputer bakal di pasang di meja gue. Padahal gue gak kepengen. Gue masih cinta dengan komputer gue yang lama. Kenapa gue gak mau? Alasannya sederhana aja, karena di komputer lama banyak program2 yang udah gue donlod. Banyak folder2 arsip pribadi gue disana, mulai dari puisi, cerpen, curhatan sampe surat2. Tapi, gue gak bisa menolak. Karena komputer yang gue pake selama ini sekaligus berfungsi sebagai server yang menyimpan program data penjualan, maka dari itu komputer gue haruslah komputer yang setingkat lebih canggih ketimbang komputer client atau cabang. Jadi singkatnya, gue harus pake yang baru dan temen gue dapet komputer bekas gue.


Dan satu lagi nih, yang bikin gue gak demen banget sama komputer baru gue, yaitu layar monitornya yang segede gaban!! Sebenernya enak sih... semua tulisan jadi gede2 dan jelas terbaca. Saking jelasnya, gue jadi gak bisa lagi leluasa buka situs XXX hehehe... =D. Gue jadi gak bisa curi2 waktu ngeblog lagi ditengah2 waktu kerja. Dan kalo gue nekat nulis, pastinya tulisan gue bakal kebaca sama orang lain yang kebetulan masuk ke ruangan gue. Hal itu bikin gue gak nyaman sama sekali.


Terlepas dari masalah komputer, jujur, gue kok gak bisa kerja bareng dia. Gue bener2 dibikin bingung dengan cara kerjanya. Sejak dia datang, gue sudah berusaha mencoba mempelajari dan membaca cara kerja dia, tapi sampe sekarang gue masih gak ngerti sama sekali. Kalo udah begini, gue jadi kangen banget sama figur bos gue yang lama. Ternyata lain padang lain belalang. Dan sekarang gue nyesel atas apa yang telah gue perbuat sama dia. Ah, lagi2 penyesalan gue datang di belakang dan selalu saja datang terlambat. :(


Pada akhirnya, gue harus jujur mengakui jika gue sesungguhnya merasa sangat kehilangan bos lama gue. Ternyata rentang waktu lima tahun lebih kebersamaan gue sebagai bawahannya dia secara gak langsung telah mengajarkan gue banyak hal. Gak cuma itu, dari cara kerja dia, loyalitasnya pada perusahaan serta pemikiran2 dia juga sedikit banyak mempengaruhi cara bekerja gue pada akhirnya. Gue yang pada awalnya adalah orang yang sangat grasa grusu dalam bekerja, kini bisa lebih sabar dan teliti dalam setiap pekerjaan.


Kini, gak ada yang bisa gue katakan kepada dia selain; thank you for everything Pak P**



Web Statistics