Pages

Jumat, 09 Maret 2012

g4K aL4y GAk GaOwLL!!!

Ah, gak berasa kalo ternyata gue udah punya dua putri yang menjelang remaja alias abegeh. Jadi nyadar kalo gue ternyata semakin tua. Tahun besok aja gue bakal berusia empat puluh. Rambut juga udah mulai keliatan satu persatu yang berubah warna jadi bule [gak mau bilang putih!] Belom lagi kulit muka yang udah keriput di sana sini. Rasanya, meski diolesin krim racikan dari dokter kulit Supijati yang terkenal di bilangan ciledug dan langganan ibu2 pejabat itu, muka gue tetep aja kaya kerupuk jangek **ambil istilahnya bang @rurisonata** dan gak bisa balik kaya dulu. **narik napas panjang....**

Meski kita berusaha semaksimal apapun, tetep kita kan gak bisa melawan hukum alam, iya gak? Yah, saat ini gue paling hanya menerima ketentuan yang memang akan terjadi pada setiap diri manusia itu, menua! Iiiihh....ngeri sih pas ngucapinnya, tapi mau gimana lagi... **narik napas panjang lagi...**

Mungkin sebagian dari lo pasti bicara dalam hati, "ah, umur segitu sih belom tua, Vo... yang penting jaga kesehatan dan jaga pola makan dari sekarang, biar gak dihinggapi penyakit2 yang kerap menyerang usia paruh baya" Iya kan, pasti dalam benak lo bicara begitu buat nyenengin hati gue, bener kan?!. Ah, lagi2 kata2 itu telat buat gue. Gue udah terlanjur mengidap Osteoartrithis. Keren yah! Coba lo sebutin deh... osteoartrithis kedengeran keren kan? tapi gak dengan rasanya!! Ampun deh....kalo dia udah mulai nyerang persendian di kaki2 lo. Malahan sekarang dia menyerang persendian di sekitar jari jemari gue, hingga bikin gue rada kepayahan buat ngetik karena ngilu... Huuff..... **sekali lagi narik napas panjang, gue lempar pake piring hadiah deterjen**

Ternyata, merasa tua itu gak hanya timbul dari umur aja loh... kaya gue nih, yang ngerasa semakin tua begitu liat  pesan singkat yang Aya tulis ke teman2 dia di ponselnya. Aya selalu menuliskan pesan menggunakan bahasa aL4y. Dan ternyata gak hanya adiknya, Adel juga sering pake bahasa ini buat bales komentar2 temannya di muka buku. Meski udah ratusan kali gue ngelarang, tapi mereka tetep aja menggunakan bahasa tersebut pada teman2nya....kecuali dengan gue tentunya!

Karena gue ngerasa larangan gue gak didenger sama mereka, gue pun mengambil langkah lain. Yaituuuu, apalagi kalo gak belajar bahasa aL4y!! Gue yakin, larangan gue gak bakal digubris sama Adel dan Aya, karena gue tau bahwa saat ini bahasa aL4y **kok gue jadi ikut2an gini yah!** merupakan bahasa yang sedang ngetrend buat remaja saat ini. Yaaaahh...macam bahasa prokem gitu lah, jaman gue dulu... Dan melarang Adel dan Aya menggunakannya sama saja dengan membuat mereka ngerasa g4k GaOwLL g3Tt0oh....

Gue gak setuju mereka menggunakan bahasa aL4y sebenarnya beralasan. Karena gue ngerasa bahasa tersebut bukanlah bahasa yang resmi dipakai sebagai bahasa dalam kehidupan sehari2. Ini serius! Gue khawatir, kelak saat mereka dewasa akan terbiasa menulis dalam bahasa aL4y. Gue gak bisa ngebayangin deh, gimana muka kepala personalia sebuah perusahaan ketika membaca surat lamaran yang mereka tulis dengan menggunakan bahasa gaul itu. **mari kita ketok meja rame2 sambil bilang amit2** Dan gue yakin tentunya lo juga punya kekhawatiran yang sama kan?

Maka, mulailah gue cari2 artikel tentang bahasa aL4y ini biar gak bingung nantinya saat baca sms2 Adel dan Aya. Oia, gue memang sering ngecek ponsel mereka saban mereka tidur. Dan ternyata, bahasa aL4y sebenernya gak terlalu sukar buat dimengerti kok. Pada dasarnya bahasa tersebut diciptakan untuk menyingkat sebuah kata sejak sebuah layanan operator mengenakan tarif perkarakter agar menghemat biaya. Namun seiring waktu, kata2 yang disingkat tersebut semakin nyeleneh dan melenceng jauh dari kata awalnya. Bahkan sekarang sudah tak menyingkat kata lagi melainkan merubah kosa kata sampe cara penulisan sehingga bahasa aL4y semakin sukar buat diartikan.

Ini beberapa contohnya :

Gue : w, we, q, qu
Lo : u
Lagi : gy, ghiy
Cakep : ckepp
Keren : krenz
Boleh : leh
Tau : taw, tw
Koq : koq, kuq
Gitu : gtw, gitchu
Banget : bangedh, beud, beut
Cowok : cwokz
Cewek : cwekz
Siapa : sppa, cppa, cpa, spa
Pasti : pzt
Punya : pya, p'y
Maaf : mu'uv, muupz, muuv
Anak : nax, anx, naq
Lucu : luthu, luchuw
Kalian : klianz
Belom : lom, lum
Ketawa : wkwkwkwk, xixixixi, haqhaqhaq **gimana ini bacanya? lisa yang sering pake kata ini, coba jelaskan?!**

Itu adalah sedikit contoh dari kata2 dalam bahasa aL4y. 

Dan yang ini, adalah contoh penulisan kalimatnya,

Q0h g Mo iD0P dL4m kmNfq4n : aku gak mau hidup dalam kemunafikan.
QoH tLuZ?aN ucHA bW4D tTeP q3QeUh cXnK qMo : aku terus2an tetep kekeuh sayang sama kamu.
tPhE qMo pLu tHw0 : tapi kamu perlu tau.
cO'n4 cMA qMo cO yAnK WaD qho cHyuM : soalnya cuma kamu cowok yang buat aku senyum

Udah, contohnya segitu aja.... terus terang kepala gue tiba2 pusing sebelah pas nulis kalimat2 di atas.


Ah, ternyata cuma begitu doang.... kalo begitu sih gue ngertilah dikit2 meski bagi gue yang otaknya kaya daleman tahu isi ini butuh waktu untuk mengerti maksud dari tulisan tersebut. **hmm... maksudnya otak gue kaya daleman tahu isi bukan berarti otak gue isinya toge dan irisan wortel yah! tapi maksudnya otak gue isinya dikit** 

Maka, mulailah suatu malam gue menerapkan ilmu yang gue dapet dari googling tersebut.

Setelah mindik2 masuk kamar saat Aya sedang tidur lalu meraba2 di dalam tas sekolah Aya demi mencari bbnya, akhirnya gue menemukan juga ponsel Aya di bawah bantal. Hihihihih.... **tertawa kuntilanak**

Langsung gue buka akun facebook Aya, dan ngeliat status temen2 dan komentar2 Aya yang rata2 dituliskan dalam bahasa aL4y. 



Dan malam itu gue menutup facebook Aya dengan seulas senyum yang mengembang di wajah gue. Bangga bener rasanya, ibarat baru lulus ujian doktoral dan dapet nilai A karena ternyata gue berhasil memahami tulisan2 aL4y Aya. Dan ternyata, semuanya gak sesulit yang gue bayangin sebelumnya. Setelah meletakan ponsel Aya di tempat semula, gue pun keluar kamar Aya dengan hati tenteram dan tidur nyenyak sampe pagi.




--------------------------dua hari kemudian-------------------------






Dengan mindik2 yang sama, gue akhirnya bisa mendapatkan ponsel Aya seperti malam sebelumnya. Kali ini gue buka pesan masuk dalam akun facebooknya. Lalu mulai membaca balasan atas pesan yang masuk ke akun dia.





Ampuuuunn...!!! 
Gue sama sekali gak ngerti dengan satu pun kata ataupun kalimat yang tertulis di situ. Huruf2 minim vokal ala aL4y tersebut bikin gue mati push up dengan jari melambai. Ya Tuhaaaann... apa salah dan dosaku???

Gue scroll lagi ke bawah.....




Sama sekali gak ngebantu. Lagi2 tak ada satu pun tulisan yang gue pahami.
Scroll.... scroll lagi....

Tetep, sama saja.
Gue gak ngertiiiiiii........!!



Akhirnya gue tutup akun facebook Aya, meletakannya di tempat semula lalu berjalan lunglai keluar kamar. Gue bener2 merasa dipecundangi. Dan saat gue melangkah, seolah gue mendengar Aya bicara dalam igauannya....

AQ aL4y Qm M4W ApH??

Web Statistics