Pages

Senin, 17 Oktober 2011

perempuan hebat





Saat ini, rasanya sudah gak aneh lagi liat perempuan pekerja. Bahkan dari data yang pernah gue baca, sekitar 70 persen ibu di Indonesia adalah pekerja. Nah, dari dulu... jauh di sudut hati gue yang paling dalam, tersimpan keinginan yang besar buat bisa berhenti kerja dan pengen banget  rasanya gue bisa jadi ibu rumah tangga biasa. Mengurus rumah, anak, suami dan lain2 dengan damai tanpa harus pikiran gue terbagi pada kerjaan kantor. Memang sih, sejak menikah dan melahirkan dua putri, status ibu rumah tangga telah melekat pada diri gue. Tapi yang gue maksud ibu rumah tangga disini adalah gue bener2 total dalam waktu, pikiran dan tenaga pada pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.



Keinginan untuk totaly pada profesi ibu rumah tangga semakin kuat, seiring mendenger pengalaman Sisca beberapa hari yang lalu. Terus terang gue iri sama dia. Walaupun gak bisa total terjun ngurusin anak sepanjang hari, tapi paling gak Sisca sekarang jadi punya waktu banyak buat ngurusin ketiga anaknya -Reza, Zahra dan Bumi- di rumah. 


Gimana gue gak iri coba... jika mendengar cerita yang dikisahkan Sisca pada gue. Ternyata Sisca sudah sejak awal bulan kemaren sudah gak ngantor secara total. Ceritanya gini. Bermula dari kerepotan Sisca mengurus ponakan2 gue yang tiga orang itu dan juga setelah melalui berbagi pertimbangan maka pada akhirnya Sisca berniat untuk resign dari tempat kerjanya. Nah begitu dia mengajukan pengunduran diri pada pimpinannya di kantor, ternyata permohonannya itu ditolak mentah2. Tapi pengunduran dirinya yang berujung penolakkan itu gak buntu hanya disitu saja, sang pimpinan memberi solusi bagi Sisca. Dia diberikan kelonggaran untuk masuk kerja dua kali, yaitu pada hari senin dan jum'at saja dan tanpa mengurangi salary yang dia terima tiap bulan. Selebihnya, dia boleh libur buat ngurusin anak2nya di rumah. Hebat!! Gak bisa disanggah lagi, pemimpin begini nih yang jadi idaman para perempuan pekerja. Iya gak?


Gue bisa ngebayangin gimana hari2nya Sisca sekarang. Beda kaya dulu, pasti sekarang dia punya banyak waktu di rumah buat mendidik dan ngurusin tiga anaknya, ngurusin suami dan urusan rumah tangga lainnya. Nah, gue pengen banget tuh bisa kaya gitu...


Tapi sejak gue punya niatan buat berhenti kerja, banyak juga yang menentang keinginan gue tersebut. Ada yang bilang nanti bakal mengurangi pemasukan tiap bulan, terus ada yang berpendapat bahwa di jaman orang susah mencari kerja begini, kenapa juga gue justru menyia2kan kesempatan yang sudah di tangan gue, bahkan ada juga yang berpendapat [pengalaman pribadi nih kaya'nya...] bahwa otak bisa buntu karena gak dipake mikir dalam waktu lama.


Waduh, masa iya begitu sih?
Kalo masalahnya pemasukan bakal berkurang, yakinlah sodara2.... bahwa sesungguhnya matematik Tuhan jauh berbeda dengan matematik manusia. Semua manusia yang beragama pasti tau bahwa setiap mahluk Tuhan sudah diberikan rejekinya masing2. Tuh buktinya si Sisca! Dia cerdas banget. Udah dia total ngurusin keluarga, sekarang dia masih bisa menghasilkan uang loh dari rumah berkat keterampilan dan kecerdasan dia. Wiiiihh.... bener2 wanita yang menginspirasi banget!!


Kalo ada yang bilang otak bakal buntu kalo gak dipake kerja, yaollooooohh.... plis deh! emang kalo jadi ibu rumah tangga trus kerjaannya tidur dan begong doang, hah? Eh, eh... sini deh gue bilangin... yang otaknya jadi buntu tuh ya... kalo dia kerjaannya cuma nenangga sambil ngerumpiin tetangga kanan kiri, nyalon, arisan, tanpa ngurusin anak dan suami!! Sekarang jamannya internet, Jeng... lo bisa keliling dunia hanya dengan sepuluh jari lo tanpa harus kemana2. Lo bisa mulai mencoba nulis di blog buat ngisi waktu luang, misalnya, atau ikut kursus memasak atau... membaca buku. Bacalah buku apa saja yang menarik minat lo. Buat yang gak demen baca, paling gak baca buku resep masakan dan mempraktikannya di dapur bisa bikin otak lo tetep 'bekerja'. Percaya deh.


Jadi maap, omongan2 miring yang gue denger jika sudah tak bekerja dan beralih profesi menjadi ibu rumah tangga seperti di atas, gak bakal menyurutkan keinginan gue buat menjadi ibu rumah tangga secara total. Karena menurut gue ibu rumah tangga itu adalah profesi yang mulia. Profesi yang gue cita2kan sejak lama. 


Oia, maksud tulisan ini juga bukan ingin membandingkan dan mencari mana yang lebih hebat antara ibu rumah tangga dengan perempuan pekerja. Wanita2 yang berkerja di luar rumah kemudian masih mengerahkan tenaganya lagi buat ngurus anak, suami dan rumah tangga setiba di rumah, mereka juga patut diacungi jempol. Jadi bagi gue, kedua2nya sama2 hebat. 


Semoga ini bisa menginspirasi banyak perempuan bahwa menjadi ibu rumah tangga bukanlah profesi yang kampungan dan gak keren. Justru sebaliknya, hanya perempuan2 hebat lah yang mampu menjalani profesi ini, seperti nyokap2 kita dahulu. Jangan dikira bahwa menjadi ibu rumah tangga tuh sama aja kaya orang numpang karena gak ikut nyari duit. Justru dengan adanya istri yang total mengurusi rumah tangga para suami jadi tenang dan fokus bekerja di kantor.




Note: 
ini buat lo, Sis... happy birthday ya... Oia, jika beberapa hari ke depan setelah  tulisan yang mengelu2kan lo abis2an ini tetep gak ada delivery  bebek slamet yang mampir ke kantor gue, ugh! kebangetan lo.... :(








Web Statistics