Pages

Selasa, 27 Desember 2011

mengapa harus ada hari ibu?

Baiklah! meski sudah telat hampir seminggu, toh akhirnya saya harus bicara juga... Begini. Mungkin banyak yang bertanya2, mengapa disaat semua orang sibuk rame2 menuliskan status di fesbuk, twitter dan bbm dengan kalimat cinta dan terima kasih buat para ibu pada tanggal 22 Desember kemaren, namun kenapa saya justru hanya diam saja? Sebenernya saya tau, hari kamis tanggal 22 Desember kemaren itu adalah hari ibu. Tapi bagi saya sendiri, --yang emang udah gak punya ibu-- hari tersebut gak punya artinya apa2. Dan actually, saya juga gak ngarepin Adel dan Aya mengucapkan selamat hari ibu sambil menghujani saya dengan peluk dan cium sebagai tanda terima kasih mereka. Gak! saya gak ngarepin sama sekali. 

Kenapa? Karena bagi saya, semua yang udah saya lakukan dan berikan pada mereka memang sudah merupakan tugas dan kewajiban saya sebagai seorang ibu. Jadi menurut saya gak perlulah pake perayaan macem2, ujung2nya ntar malah bikin besar kepala lagi... Ngerasa bangga udah banyak jasanya karena telah membesarkan anak2 dan ngurus keluarga selama ini. Padahal apa yang saya lakukan saat ini, saya merasa belum ada apa2nya. Perjalanan Adel dan Aya juga masih panjang. Saya belum bisa menghantarkan mereka hingga tiba ditujuan seperti yang mereka cita2kan. Jadi sekali lagi saya merasa belum pantas aja untuk menerima segala bentuk ucapan yang mengelu2kan ibu itu.


Jadi hari kamis tanggal 22 Desember itu berlalu begitu saja? Hehe... gak juga! 
Begini ceritanya..... Begitu nyampe rumah sepulang kerja, dua abege saya ternyata sedang perang mulut. 


"Si Ayam tuh, Nda, nyuci motor pake sabun my baby!" omelan Adel seketika menyambut saya begitu selesai ngucap Assalamualaikuuumm.
 Lantas mata saya langsung mendapatkan sebotol sabun cair khusus pencuci botol bayi yang dimaksud Adel sedang teronggok di samping Aya yang nyengir tengil sambil ngelap motor pake kanebo. 
"Masyaollooooohh.....! sampe tinggal segini, Ayyy....??" tanya saya sambil menimbang2 isi botol berisi cairan sabun tersebut ditangan. "perasaan baru Bunda beli tiga hari kemaren deh..." begitu kata saya pada diri sendiri. 
"Malah dia mau bilas pake molto segala tuh, Nda....!!" samber si sulung judesnya gak ketulungan. 
Saya? Diam2 ketawa ngakak dalam hati... Ah, tingkah Aya emang sering bikin kesel tapi juga selalu bikin kami geli sama polah tingkahnya. 
"Ya sudah, gak papa siiihh.... besok sabunnya Bunda beli lagi.." saya akhirnya menengahi pertengkaran kakak beradik ini "Oia, Aliya! tolong beresin semuanya kalo udah selesai" perintah saya pada si bungsu sambil melangkah masuk rumah digandeng Adel yang masih sempet menjulurkan lidah ke adiknya, "Weeeeeee.....sukurin!!".


Begitu mau melangkah keluar kamar setelah naro tas, Aya yang masih dengan celana pendek dan kaos basahnya, tiba2 bilang, "Bun, jalan ke dapur deh..."
Terang aja saya heran dengan permintaan Aya yang gak biasanya tersebut. 
"Emang kenapa? Bunda mau mandi nih..." tanya saya heran. 
"Ke dapur dulu sanaaaa...." kata Aya memaksa. 
Akhirnya dengan kening berkerut sambil menatap Adel minta penjelasan, saya pun melangkah juga ke dapur yang jaraknya gak lebih dari lima meter dari kamar saya.


Kira2 baru tiga langkah, belum lagi kaki saya tiba di dapur, mata saya sudah menangkap berbagi sajian yang tertata di piring di atas meja makan. "Itu aku sama mbak Adel yang bikin buat Bunda" kata Aya yang tiba2 sudah duduk di salah satu kursi makan sambil melipat tangannya di atas meja. Sementara saya masih terpaku di samping meja makan, tak lepas menatap sajian dalam 4 piring yang berbeda, sedetik kemudian Adel juga ikut nimbrung. Matanya berbinar menjelaskan. "Yang ini sama ini, aku yang buat" jarinya menunjuk pada dua piring sajian. "Kalo yang itu bikinan Aya" katanya lagi melanjutkan.


"Ayo, Bun, dimakan! bikinan aku pasti enak..." kata Aya menyodorkan salah satu piring masakan buatannya ke hadapan saya.
"Yeeee... enak aja, biar Bunda nyicipin punya aku dulu!" Adel menyalip piring masakan Aya.
"Aaaaahh... mbak Adel mah gituu, punya aku duluuu..." Aya gak mau kalah.
"Sudaaaaahh...!! nanti bunda makan semuanya. Sekarang Bunda mandi dulu" saya pun menengahi mereka.
"Gak mau! Bunda harus makan sekarang" kata Aya.
"Iya, sekarang aja..." Adel melengkapi.


Akhirnya, sayapun duduk dihadapan keempat hidangan layaknya juri Master Chef Indonesia yang siap menilai dengan perut yang gak lapar sama sekali.




Hidangan pertama.
Nama Hidangan : Kue Bola2.
Buatan : Chef Adel.
Terbuat dari roti tawar yang dibuat berbentuk bulat dengan isi coklat di dalamnya kemudian di goreng.
Rasanya --> biasa aja. Serupa dengan namanya, hidangan ini mendadak bikin kedua mata saya melotot keluar kaya bola. Begitu kunyahan pertama saya telan, rasanya sereeeeeeeettt banget. Sambil menghela napas panjaaaaaaaanngg..... yang ada dibenak saya saat itu adalah "yaolloooooohh... untung gak terjadi apa2 waktu mereka nyala2in kompor...."




Hidangan kedua.
Nama Hidangan : Roti Marie bertabur Keju.
Buatan : Chef Adel.
Sama, makanan ini juga terbuat dari roti tawar tiga lapis yang diolesin selaiiiii.... eemm... tunggu deh.....  **nyom.. nyom... nyomm** oohh.... selai kacang!! lalu dihias dengan biskuit Marie Regal yang memagari disekeliling roti dan di beri taburan keju di atasnya. 
Rasa --> Lagi2 hidangan ini bikin saya susah nelen... Batin saya berteriak, "Oh God! mengapa harus melibatkan selai kacang di siniiiiii?!!!"




Hidangan ketiga.
Nama Hidangan : Pisang bakar.
Karya : Chef Aya.
Rasa pisang bakar lumayan enak. Standarlah rasa pisang bakar pada umumnya. Mungkin taburan meses, keju dan susu kental manis lah sebenernya yang bikin pisang bakar ini rasanya enak. Tapi lagi2 yang bikin saya susah nelen yaitu karena perasaan saya dipenuhi rasa haru begitu melihat itu tuuuuhh.....!! ituuuuu...... bendera kecil yang dibikin Aya trus tusukin di atas pisang bakarnya, itu mengingatkan saya akan sesuatu, kayaa... kayaaaaa... yah kaya gitu deh.... **speechless** Belum lagi ditambah kekhawatiran karena ternyata gak hanya kakaknya saja, si adik juga tadi nyalain kompor sendiri.... Ih, sereeeemm.... 




Hidangan terakhir.
Nama Hidangan : i love mom
Karya : Chef Aya.
Terbuat dari sehelai roti yang kemudian diolesi telur kocok diatasnya kemudian di goreng. Hah? digoreng lagiiiii?? Rasanya --> biasa aja. Rasa amis dari telor lebih dominan. Langsung menyeruak masuk ke hidung begitu hidangan tersebut diletakan di hadapan saya. Bener2 bikin saya pengen... pengeeenn.... HOOEEEKKKK....!!! tuh, kaaaaaaann.....






Itulah salah satu sebab saya gak suka hari ibu pake diraya2in. Kalian gak tau sih, bagaimana tersiksanya para ibu yang malang karena diberikan hadiah atau kejutan berupa masakan oleh anak2nya yang sudah jelas2 gak bisa masak. Uh! tersiksa tauuuuuuu..... 


Tapi setidaknya saya bisa bernapas lega.... Alhamdulillah, untung hari ibu hanya ada setahun sekali...


But eniwei... Mbak Adel & Mbak Aya, terima kasih buat kejutannya ya.... makanan yang kalian bikin enak2 kok! tapi kalo bisa niiiih..... Bunda minta, tahun besok gak usah bikin kejutan berupa makanan lagi yah! Kejutannya pake yang lain ajah.... eemmm... berupa barang aja, cincin berlian misalnya... lebih gampang kan? ringkas lagi.... gak banyak makan tempat. Oke? Setuju kan??!! **Hening.....**

Web Statistics