Pages

Selasa, 12 Juli 2011

liburan yang 'berkesan'

Liburan sekolah emang baru aja usai. Dan sekali lagi, gue gak bisa ngajak Adel dan Aya buat liburan jauh2. Jangankan liburan ke luar negeri kaya' orang2, mau liburan nyebrang pulau aja gak bisa. Bukan hanya karena saya gak punya duit, tapi ada sebab2 lain yang awalnya sama sekali gak gue duga, eh terjadi.

Akhirnya kami memutuskan pergi ke Bandung. Ya, ya, ya..... gue tau, pasti kalian bertanya2 kenapa harus Bandung yang menjadi tujuan liburan kali ini? Hehehe... yang pasti karena jaraknya deket dan yang lebih penting sih, karena murah! Dan kebetulan juga pas kami ke Bandung disaat musim liburan sekolah baru dimulai, jadi selama di Bandung kami gak ngerasain tuh yang namanya macet.




Dalam perjalanan menuju Bandung, gue, Adel dan Aya pun mulai nyusun rencana mau kemana aja selama di Bandung. Sebenernya bosen juga sih sama tempat2 wisata macam Rumah Sosis, Rumah Stroberi sampe Kampung Gajah. Bagi orangtua yang masih memiliki anak2 balita, pasti mereka seneng diajak ke tempat2 seperti ini. Lha! Adel dan Aya??

Tiba2 aja gue inget tentang tur hantu di kota Bandung seperti yang pernah gue baca di buku The Naked Traveler nya Trinity. Adel dan Aya langsung antusias banget begitu gue ceritain tentang tur hantu itu. Sepanjang jalan mereka mohon2 agar kami mengikuti ghost tour tersebut. Eh, tapi jangan nyangkain trus kami ikut paket tur hantu itu yah... gila apa!! gue kan orangnya penakut banget. Dan gue gak bakal nantangin kelemahan gue tersebut. Lagi pula, gue udah bisa ngebayangin gimana Adel dan Aya sepulang dari tur hantu itu. Ya iyalaaaaaahh.... pasti mereka bakal nempeeeeeeell terus sama gue dan selalu minta ditemenin dari ambil air minum di dapur ampe minta ditungguin saat mereka pup di kamar mandi. **hueeeekk!!!** Oia, di pertengahan cerita nanti kalian akan tau mengapa kita gak boleh punya keinginan yang aneh2 seperti di atas. Pamali!! kata orangtua.

Kami tiba di Bandung menjelang sore. Lalu memutuskan bermalam di Lembang karena pertimbangannya besok pagi2 kami mau mengunjungi De Ranch. Gak susah nyari penginapan karena masih hari jum'at. Jadi begitu belokin mobil di salah satu penginapan, room available untuk kami meski untuk hari sabtu dan minggu sudah full booked.









____beberapa sudut tempat di imah seniman, lembang bandung____









_____ah, tempat ini cocok banget buat nulis sajak cinta_____



Besoknya setelah selesai sarapan pagi, kami langsung berangkat menuju De Ranch. Masih di sekitar Lembang, jadi gak makan waktu banyak cuma butuh waktu 15 menitan aja kita udah sampe di sana.







____aih, siapa yang kuat sama godaan chocolate cookies kaya' gini_____















____iiihh... si mamang, saya tuh mau moto anak saya, kok malah situ yang begaya sih...!!_____


____naaaahh... gituuuu dong. minggir dikit, mang!!____


Puas maen di De Ranch, kami pun melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Tujuan kami yaitu kemana lagi kalo gak ke Kawah Putih. Setelah tanya2 sama Tuan Google yang baik hati, ternyata lama perjalanan menuju Kawah Putih yang terletak di Selatan kota Bandung ini kurang lebih 2,5 jam dan menempuh jarak 46 km.

Ternyata gue salah prediksi. Seharusnya gue pilih mengunjungi obyek Kawah Putih ini terlebih dahulu, baru mengunjungi De Ranch. Kenapa? karena dalam perjalanan menuju ke sana ternyata makan waktu banget. Itu disebabkan ada beberapa ruas jalan yang sedang di gali hingga memperlambat laju mobil. Apa lagi kalo berpapasan dengan bus2 pariwisata yang gede2 itu, wuiiihh..... stuck deh, gak bisa kemana2! Belom lagi tiba2 kami temuin jalan yang mengecil menjadi satu jalur karena ternyata di depan sana ada panggung dangdutan sedang di gelar yang penontonnya tumpah sampe memakan separoh jalanan.

Sekitar kurang lebih 4 jam, saat pas banget waktunya sholat Ashar, kami sampe di sana. Hah! Kawah Putih? bagus gak, bagus gak?? Heeeemm.... belom!! itu kami baru nyampe di pintu gerbang masuk menuju kawah. Nah dari sana, kita melanjutkan perjalanan menuju kawah yang jaraknya sekitar 5 kilo atau sekitar 20 menit.Di sini kita bisa menuju ke kawah pake mobil sendiri atau naek mobil angkutan khusus dalam obyek wisata tersebut dengan ongkos Rp. 25.000,- per orang. Tapi gue nyaranin, mending naek angkutan yang memang disediain itu aja, karena disamping jalan menuju ke kawah sangat kecil dan berkelok2, untuk satu mobil dikenakan tiket masuk Rp. 150.000,-. Sayang kan? duit segitu mending buat gue.

Daaaaaaann...... tibalah kami di Kawah Putih yang sebagian orang menyebutnya sebagai 'surga yang tercecer'. Tapi gak cuma itu, konon kawah ini terkenal angker. Ah, gue gak mau percaya sama yang begituanlah.... Begitu liat hamparan air di kawah yang berwarna terang, wiiiiihh.... kebayar deh lelahnya menempuh perjalanan tadi. Angker? itu sih mitos belaka!! Mata gue serasa di manja sejauh mata memandang. Indaaaaaaaahhh.... bener!! Hehe... tapi yang bikin gak tahan dinginnya itu loh...... jadi pengen sarungan kaya' mamang2 yang nawarin villa di puncak. Anget kali yak? :p

____suhu di kawah putih pada siang hari sekitar 10 derajat celcius dan malam hari 5 derajat celcius_____



____di papan ini tertulis sejarah tentang kawah putih, termasuk tentang angkernya kawah ini yang dipercaya penduduk setempat pada jaman dahulu_____




























Gak terasa waktu semakin sore dan kami harus cepat2 turun dan kembali ke pintu gerbang. Meski masih pengen berlama2 di sana tapi karena mengingat jurang2 yang dalam di sepanjang perjalanan yang kami tempuh tadi dan membayangkan musti melewati jurang tersebut saat jalanan gelap, akhirnya kami mengakhiri kunjungan di Kawah Putih sore itu.

Kembali kami naek mobil angkutan untuk kembali ke pintu gerbang kawah. Sampe di tempat kami parkir mobil, pas benget adzan maghrib. Karena langit udah semakin gelap, akhirnya kita buru2 beranjak pulang gak pake nunggu adzan maghrib selesai. Sepintas gue ngeliat ada yang aneh dari sikap Adel. Eeemmm..... kaya' orang gelisah gitu. Buru2 deh kami naek mobil dan keluar dari kawasan wisata itu.

Tujuan kami selanjutnya adalah mencari penginapan di sekitar Ciwidey. Dalam perjalanan menuruni gunung yang berkelok2 itu, pendingin mobil dimatiin lalu kami buka jendela selebar2nya. Ih, sejuuuuuuukkk.... banget!! Lalu saat mobil berjalan baru kira2 satu kilo melintasi hutan pinus dan dalam kondisi sinar matahari yang semakin suram, tiba2 gue kaya' dengar suara yang aneh gitu. Gue ngebatin sendiri. Ah, jangan2 bunyi barusan cuma halusinasi gue aja, gara2 akhir2 ini gue suka bikin cerita fiksi yang aneh2 kaya' yang ini. So, gue melanjutkan aktifitas mengisi paru2 gue dengan udara segar sebanyak2nya.

Beberapa menit kemudian suara aneh yang gue denger tadi muncul lagi. Gue masih kaya' gak percaya dengan apa yang gue denger. Tapi pertanyaan Aya akhirnya buat gue yakin bahwa suara yang barusan, gak hanya gue seorang yang denger. "Bun, suara apaan tuh?" yang langsung gue jawab "Itu suara monyet". Padahal sumpah deh! suara monyet gak kaya' gitu. Kalaupun itu suara monyet, pasti mereka bersaut2an. Gak kaya' gini, sendirian doang.

Selesai? belom. Suara tawa perempuan itu muncul lagi! Kali ini makin jelas dan makin panjang. Adel dan Aya mulai ketakutan.Gue pun merinding berat. Lantas gue perintahkan agar semua kaca mobil di tutup. Berkali2 gue mengucap A'udzubillahi minasy syaithonnirrojim... lindungilah kami dari godaan setan yang terkutuk ya Allah... Trus ayat kursi pun gak putus2 kami baca sepanjang perjalanan hingga keluar dari rimbunan hutan pinus dan rumah2 penduduk satu persatu mulai terlihat. Udah perasaan mulai tenang, Adel tiba2 nyeletuk "Bunda sih, gak percaya sama aku...." ---> untuk kisah ini akan gue ceritain secara terpisah.

Setelah ngalamin kejadian diatas, otomatis Adel dan Aya gak mau kalo kami cari penginapan di daerah Ciwidey. Takut suara wanita tadi masih mengikuti kami. Akhirnya kami mutusin untuk kembali ke Lembang dan cari penginapan di sana. Dan ternyata, mencari penginapan di hari sabtu begini tuh, susaaaaaaahh bener. Kami keluar masuk hotel mulai dari hotel yang besar ampe hotel kecil, tapi jawabannya sama full. Duh, sampe putus asa. Padahal hari udah semakin malam. Udah hampi pukul 12 malam. Mungkin karena bosen ditolak terus2an sama hotel, Aya ampe nyaranin agar kami tidur di pom bensin atau di mesjid aja sekalian. Hihihi.... idenya boleh juga. Lumayan kan jadi irit.

Akhirnya nemu juga hotel yang masih punya kamar kosong. Awalnya gue udah underestimate sama hotel yang satu ini. Gimana gak, harga kamarnya semalam terhitung murah. Cuma 250ribuan. Tapi mau gimana lagi, udah kelewat malem dan lelah banget, akhirnya gue putuskan untuk ambil juga kamar yang tinggal satu2nya itu. Eh, begitu liat langsung kamarnya seperti apa, eeeemm.... ternyata gak seperti yang gue bayangin sama sekali. Kamar mandinya bersih, fasilitas kamarnya lumayan lengkap dan yang penting itu loh... seprai, sarung bantal dan gulingnya bersih dan wangi2. Gak kaya' hotel cherry2an di seberang pulau sana yang sarung bantalnya beraroma minyak rambut tamu hotel yang menginap di kamar tersebut sebelum gue, yang terpaksa buat gue harus menghamparkan kain bali lalu tidur di atasnya.




____ini hotel yang awalnya bikin gue underestimate, tapi semuanya berubah apalagi begitu liat pemandangan di sekitar hotel____

Kelar sarapan, kita langsung pulang. Tapi sebelumnya kita mampir dulu di tempat penjual tahu susu. Beruntung banget bapak pemilik pabrik tahu ngijinin kita buat liat proses pembuatan tahu.

















____ternyata dari bahan tahu bisa dibuat berbagai macam makanan yang enak2____



____tahu yang hanya dikukus ternyata enak banget... coba deh!____


Setelah perut kenyang nyobain tahu susu, tempe mendoan dan susu kedelai, kitapun lantas meneruskan perjalanan pulang. Alhamdulillah, meski liburan cuma ke Bandung, tapi pengalaman yang didapet Adel dan Aya di liburan kali ini Insya Allah berkesan.


---***---
Web Statistics