Pages

Kamis, 10 Januari 2013

i'll never do my kids like my parent did to me!

Ya, kalimat itu lah yang selalu saya ucapkan ketika saya merasa marah pada mama, ayah ataupun keduanya sekaligus. Biasanya marah saya hanya karena satu sebab, yaitu karena keinginan saya tidak dituruti. Mulai dari sepatu yang saya taksir namun tidak dibelikan hingga gak dapet izin keluar malem minggu dengan teman ataupun pacar.

Jika sudah begitu biasanya saya ngambek dan langsung masuk kamar. Sambil telungkup di atas tempat tidur dan wajah saya benamkan ke bantal, lalu dengan bersimbah air mata lantas saya menjeritkan 'i'll never do my kids like my parent did to me!' berkali2 dalam hati sambil kedua tangan mengepal memukul2 kasur bergantian.

Saking seringnya saya meneriakan 'ikrar' itu tiap kali saya merajuk, hingga akhirnya kata2 tersebut terpatri banget di sini, di benak saya.

Begitu saya menikah kemudian dikaruniai Adel kemudian disusul Aya, saya merasa inilah saatnya saya membuktikan bahwa saya bisa mendidik kedua putri saya dengan cara saya. Tidak dengan cara yang pernah kedua orang tua saya terapkan pada saya. Saya pernah merasakan bagaimana rasanya jika keinginan saya tidak dituruti. And then, saya gak ingin Adel dan Aya merasakan apa yang pernah saya rasakan tersebut.


'I'll never do my kids like my parent did to me!' pertama yang saya terapkan di keluarga kecil saya yaitu mengganti panggilan mama dengan bunda dan ayah dengan papap. Hah! This is my own kingdom so I use my own rules. ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム

Sampai usia Adel 5 tahun dan Aya 4 tahun, pola didik saya yang mengadaptasi 'I'll never do my kid like my parent did to me' tetap saya terapkan.

Hingga tiba pada suatu hari ketika saya begitu merasa kerepotan mengurus dua balita saya sementara pembantu yang entah sudah berapa kali ganti itu berhenti seminggu yang lalu. Saya inget banget bagaimana saya harus menitipkan Adel dan Aya pada ibu kontrakan pagi2 sekali sebelum saya berangkat kerja sementara belum ada pengganti pembantu yang baru. Pulang kerja, alih2 bisa istirahat, saya justru harus mulai bebenah rumah, dari nyuci piring, nyuci baju, nyapu, ngepel sampe masak. Ah, kebayang dong gimana repotnya saya saat itu? Istirahat? itu fasilitas istimewa yang baru bisa saya dapatkan jika suami sudah pulang hingga kami berdua bisa bergantian mengawasi Adel dan Aya.


Maka selagi suami belum pulang kerja, tanggung jawab ada dikendali saya sepenuhnya.
Jadi, sementara saya sibuk bebenah, saya juga tetap gak boleh lepas perhatian dari kedua balita saya yang makin ingin tau segala hal. Nyalain tipi sendiri, nyalain kipas angin sendiri, naik2 kursi, sampeeee.... ajrut2an di tempat tidur yang baruuuu aja selesai saya pasang seprainya. Huh!

Bruk... Bruk... Bruk... Nyit... Nyit... Nyit.. Bruk... Bruk...

Selain suara pegas kasur juga terdengar suara cekikikan Adel dan Aya yang ternyata sedang loncat2an di atas kasur di dalam kamar.

Saya yang saat itu sedang memasak makan malam untuk kami semua hanya bisa berteriak memanggil nama Adel dan Aya dari dapur.

"Adeeeeell.... Ayaaaa... kan baru bunda beresin tempat tidurnyaaaa..."

Bruk... Bruk... Bruk... Nyit... Nyit... Nyit.. Bruk... Bruk...

"Adeeeell.... Ayaaaa... jangan main di kamaaaaaarr!!" teriak saya lagi.

Bruk... Bruk... Bruk... Nyit... Nyit... Nyit.. Bruk... Bruk...

Aduuuuhh... ini anak2 gak ngerti banget yang namanya bahaya, gimana kalo pas lompat2an trus mendaratnya di lantai, coba?.

Saya lantas bergegas melongok ke kamar. Melihat muka saya nongol di pintu, Adel dan Aya langsung menghentikan aksi akrobatnya di tempat tidur dan mendadak jadi dua anak yang manis. Tapi begitu saya kembali ke dapur, mereka memulai kembali aksinya.

Bruk... Bruk... Bruk... Nyit... Nyit... Nyit.. Bruk... Bruk...

Mendengar ketawa cekikikan mereka, darah tinggi saya makin naik ke puncak.

"ALIFA NADELLA AYUDHITTAAAA...! ALIYA FARRA KAMILLAAAA....!" jerit saya.

Persis setelah meneriakan nama lengkap Adel dan Aya, mendadak saya jadi inget, inget banget kalo dulu mama saya pasti melakukan yang sama jika anak2nya gak mematuhi perintahnya.

"Ivooo...." panggil mama dari dapur "tolong buangin buntut toge..."

"Hmm..." jawab saya singkat dalam hati dengan posisi rebaan di kamar sambil baca komik sambil ngemil orong2. **eh, Ta, orong2 kemarin stoknya tinggal dikit nih! :)**

"Ivooooooo..." panggil mama lagi setelah ditunggu 5 menit saya tetep gak setorin muka.

"Ya.." jawab saya pelan yang hanya bisa didengar oleh para penghuni kamar.

"FAUZIYAH FUAD Bantuin mama bersihin toge!!"

Untuk panggilan ini saya langsung lompat dari kasur, lempar komik dan meninggalkan orong2 yang berarakan di atas tempat tidur.

Demikianlah dasyatnya saat mama memanggil saya dengan nama lengkap. Jika sudah begitu No doubt! Your wish is my command, mom!.

Dan kalian tau? Itulah hal pertama yang mematahkan ikrar 'i'll never do my kids like my parent didi to me' saya selama ini. Akan tetapi memanggil nama lengkap seperti yang mama lakukan pada saya itu nyatanya gak berlaku bagi Adel dan Aya. Beberapa menit kemudian cekikikan dan bunyi pegas kasur menderit2 karena dilompati dua anak raksasa kembali terdengar.

Saya menghela napas panjang menahan agar darah gak semakin naek ke kepala.

"Adeeeell... Ayaaaa... Bunda hitung ya sampe tiga, kalo gak berhenti juga Bunda kurung loh di kamar mand!i" saya mulai mengancam.

Ternyata ancaman saya juga gak digubris sama mereka. Padahal ancaman saya pada Adel dan Aya ini merupakan pengingkaran 'ikrar' saya yang kedua, loh.

"SATUUUUUUU....." teriak saya dari dapur.

Suara ajrut2an gak juga berhenti.

"DUAAAAAAAAA......" suara saya makin tinggi.

Mereka gak juga berhenti.

"TIIIIII........" sengaja saya memotong dan memperpanjang suku kata angka tersebut sambil menuju ke kamar siap untuk mengeksekusi mereka.

"tigaaaaa...empaaaatt...limaaaa...enem....!!" serentak Adel dan Aya ikut berteriak kegirangan sambil lompat2an di kasur ikut meneruskan hitungan saya.

Jiaah... bukannya ngeri, mereka malah nganggap saya sedang ngajarin berhitung. Akhirnya saya gak jadi marah, yang ada saya justru geli sendiri. Tapi atas perbuatan mereka telah membuat tempat tidur jadi porak poranda kaya' kena sejuta topan badai itu, Adel dan Aya tetap saya hukum. Hukuman buat mereka? saya kurung di kamar mandi!

Begitu saya jebloskan mereka berdua ke dalam kamar mandi dan saya kunciin dari luar, Adel dan Aya lantas nangis dan menjerit2 dari dalam kamar mandi. Biarin! Biar mereka kapok! ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム **pantes banget nih orang jadi ibu tiri!!**

Setelah beberapa menit saya kurung dalam kamar mandi, suara tangisan Adel dan Aya makin lama bukan terdengar kencang eh, malah semakin sunyi. Mendadak saya cemas. Kalo kenapa2 sama Adel dan Aya gimana? Lantas buru2 saya buka pintu kamar mandi dan mendapati wajah kaget Adel dan Aya karena saya pergoki sedang bermainan sabun, pasta gigi dan sampho yang mereka tuang jadi satu ke dalam bak mandi. Yasalaaaaammm...

Sejak itu saya kapok mengurung mereka dalam kamar mandi. Pengingkaran sumpah saya yang ketiga ini barangkali manjur diterapkan mama pada saya ketika saya masih kecil dulu hingga membekas di relug sanubari saya hingga dewasa yang membuat saya sampe sekarang tetap gak berani ke kamar mandi sendirian di tengah malam. Tapi lagi2 hal itu ternyata tidak mempan saat saya terapkan pada Adel dan Aya.

Siksaan2 yang saya berikan pada Adel dan Aya akhirnya berhenti saya lakukan. Bukan, bukan karena mendadak saya mendapat pencerahan dan menyadari kekeliruan atas yang saya lakukan selama ini, tapi disebabkan suatu hari Adel pernah bilang begini, "Bunda kalo nyubit aku terus, nanti aku laporin ke kak seto loh!" sesaat setelah saya menberikan cap merahkebiruan di pahanya. Terus terang saya ngeri membayangkan dinginnya jeruji besi. :(

Namun seiring Adel dan Aya beranjak remaja, saya masih tetap meneruskan ikrar saya itu. Seperti ketika mereka minta izin untuk buka puasa bersama bareng teman2 sekolahnya saat liburan lebaran kemaren, saya pun kemudian mengizinkan mereka pergi. Tapi karena saya masih dihinggapi rasa khawatir membiarkan Adel dan Aya jalan berdua menuju sebuah mall di bilangan karawaci maka saya berkeras minta saya dan suami mengawasi mereka dari jauh.

Akhirnya begitu nyampe mall dan mereka sudah bertemu teman2nya, saya dan suami pun memisahkan diri meski tetap di mall yang sama. Adel, Aya dan teman2nya nonton di XXI, saya dan suami cuci mata ke debenham. Mereka menunggu waktu berbuka ke timezone, saya dan suami mampir ke toko buku. Anak2 buka puasa di hokben, saya dan suami buka puasa di sushi tei. Mereka kemudian melanjutkan main ke amazone, kami ngopi di pojokan cafe. Dan begitu hot cappuccino di cangkir saya sudah tidak menyisakan apa2 lagi dan arloji di pergelangan tangan saya menunjukan jam 9 malem, and guess what? mereka belum selesai juga. Oemji! Kami, orang tua yang bukan lagi berarti orang yang telah memiliki anak tapi orang yang sudah tua dalam arti kata sebenarnya **damn!** sungguh butuh merebahkan dua tubuh renta ini di kasur dalam balutan selimut, sementara dua remaja yang tenaganya kaya baru ganti baterai itu masih juga belum ngajak pulang.


"Pap, kita kaya' sopir dan babysiter lagi nunggu anak majikan ya..." kata saya sambil merem dan setengah rebah di kursi empuk cafe bergambar putri duyung.

Dan masih ada lagi malam2 saya dan suami yang kami habiskan di pojokan cafe sambil terkantuk2 menunggu dua remaja saya selesai bersosialisasi dengan teman2nya dan baru bisa bernapas lega setelah mereka kembali masuk sekolah.

Setelah kejadian liburan itu, saya kemudian bertekad tak akan lagi menunggui Adel dan Aya jika mereka ingin bertemu dengan teman2nya. Saya akan menjemputnya saja jika mereka sudah puas bermain.

Nah, beberapa hari lalu menjelang tahun baru, Adel minta didizinkan untuk jalan bareng teman2nya. Saya pun meluluskan permintaannya mengingat sejak hari kedua liburan Adel tidak pergi pernah kemana2. Saya ngerti gimana bosannya Adel karena selama liburan hanya diisinya dengan diam sendirian di rumah mengingat Aya sudah kembali ke sekolah dan saya harus tetap bekerja.

Jam 11 siang Adel sudah kami antar ke Seven Eleven tempat dimana dia dan teman2nya janjian bertemu untuk kemudian pergi bareng2 dari sana. Sebelum pergi saya udah wanti2 bener agar Adel gak lupa mencas baterai ponselnya. Saya sendiri juga yang memasukan lima lembar uang seratus ribuan dan beberapa uang receh ke dalam dompetnya. Saking parnonya saya sebagai orang tua, saya kemudian menyuruh Adel untuk bawa power bank milik saya dan charger ponsel sekaligus agar bisa dia gunakan jika power bank dan ponselnya habis baterai. Biar apa? ya biar saya bisa menghubunginya tiap saat.

Tiap jam saya selalu menelepon Adel atau sekedar bbm menanyakan Adel ada dimana dan sedang apa. Menjelang sore, ponsel Adel udah gak bisa saya hubungi. Di detik ini saya mulai khawatir. Dan kebodohan saya yang gak bakal bisa saya maafkan adalah ketika saya lupa menanyakan nomor posel teman2 yang jalan bareng dengan Adel. Hingga maghrib tiba, gak ada juga kabar dari Adel dan ponselnya tetap gak bisa dihubungi. Duh, harus saya cari kemana? Satu2nya yang saya tau adalah saat Adel mengabarkan bahwa dia dan teman2nya sedang nonton di mall ciputra itu pun empat jam yang lalu terakhir kali ponsel Adel masih bisa saya hubungi. Lantas saya hanya bisa berdoa sambil menimang ponsel saya dan ponsel Aya, menunggu  kedua ponsel itu berdering, menunggu dengan cemas kabar dari Adel.

Hati rasanya makin gak karuan begitu jam makin beranjak ke angka sembilan. Tetap tak ada kabar dari Adel dan ponselnya tetap gak bisa dihubungi. Disaat ini yang saya rasakan persis sama ketika Aya menanti kepulangan Aya saat dia hampir menjadi korban perculikan tempo hari. Kemudian suami menanyakan kabar tentang Adel sepulang usai rapat rt di musholla. Satu lagi kebodohan saya yang kedua, adalah tidak mencoba ngecek sms yang masuk ke ponsel suami yang ditinggal di kamar. Saya hanya terfokus pada telepon rumah, ponsel Aya dan ponsel saya sendiri tanpa memperkirakan Adel bakal menghubungi ke ponsel papapnya. Ternyata sejam yang lalu ada pesan yang masuk dari nomor ponsel temannya Adel yang bilang kalo Adel minta di jemput di sevel petukangan. Duh' padahal saya denger ada pesan masuk ke ponsel suami saya saat saya sedang deg2an menunggu tadi. **ah, dasar ibu geblek!**

Gak buang waktu lagi, kami langsung menuju sevel petukangan yang jaraknya 7 kilo dari rumah. Sepanjang jalan hati ini gak bisa tenang. Berdebaaaaaarr terus. Saya bisa ngebayangin pasti Adel cemas dan khawatir sepanjang menunggu kami. Begitu nyampe, saya mencari Adel diantara wajah2 para remaja yang sedang kongkow. Tapi saya dan suami gak menemukan Adel di sana. Saya hubungi nomor telepon yang dipakai Adel untuk sms tadi, ternyata kata temannya Adel menunggu di sevel sendiri sementara teman2 yang lain pulang ke rumah masing2. 

Saya semakin khawatir. Saya paham, Adel itu berbeda dengan Aya. Adel itu pemalu di lingkungan yang baru. Karena saya yakin Adel nekat pulang naik angkot karena jenuh menunggu saya dan suami yang gak kunjung datang menjemput, maka saya dan suami kemudian memutuskan untuk kembali ke rumah, semoga saja Adel sudah sampai rumah begitu kami tiba nanti, itu harapan saya. Sepanjang perjalanan menuju rumah pikiran saya dipenuhi dengan kalimat2 seperti "coba kalo begini..." atau "coba kalo begitu..." dan itu sama sekali gak ngebantu banget yang ada malah bikin saya tambah cemas. 

Saya sangat menyayangkan mengapa dia tidak tetap menunggu di sevel? Sevel toh tutup jam 11 dan malam itu baru menjelang jam 9. Lagi pula di tiap sudut sevel tersedia kok stop kontak yang bisa dia gunakan untuk mengecas ponselnya sebentar kemudian bisa dia gunakan untuk menelepon saya. Tapi itulah, seperti yang saya katakan tadi bahwa Adel berbeda dengan Aya.

Do'a saya terkabul, begitu sekuriti bukain gerbang pas kita nyampe, dia mengabarkan kalo Adel baruuuu aja nyampe. Hamdallah ya, Allaaaaahh... berkali2 saya mengucap syukur pada Tuhan. Dan begitu melihat Adel sedang berdiri di pojokan dekat mesin cuci dan berusaha mengecas ponselnya, yang ada saya ngomel2 begitu turun dari mobil. Sebenernya sih lega lihat Adel gak kurang satu apapun. Tapi itulah, kadang perempuan mengungkapkan perasaan leganya terlalu berlebihan yaitu dengan ngomel2 untuk melampiaskan kecemasan.

Tapi udahannya saya nyesel banget udah ngomel2 ke Adel, setelah Adel selesai mandi dan rebaan di kamarnya, saya kemudian menghampiri buat minta maaf. 

"Kamu tadi naik apa, mbak?" tanya saya setelah ikut rebaan di samping Adel sambil mengusap2 rambutnya.

"C-01..." Adel tidur membelakangi saya. Ah, Adel masih ngambek karena saya omelin tadi rupanya.

Oia, angkutan C01 yang dinaiki Adel itu adalah angkot jurusan kebayoran lama - cileduk, dan untuk pulang ke rumah, Adel harus turun di pertigaan jalan cileduk raya dengan jalan cipto mangunkusumo. Nah dari pertigaan itu menuju rumah, Adel harus naik ojek karena angkot yang lewat jalan itu hanya beroperasi hingga jam 5 sore.

"Trus dari depan naik apa kemari?" saya sebenarnya sudah punya punya jawaban untuk pertanyaan saya ini tapi saya tetap ingin bertanya padanya.

Adel diam. Dari helai2 rambutnya saya lihat Adel mengusap satu persatu air mata yang meleleh di pipinya.

"Naik apa, mbak?" tanya saya lagi.

"Jalan.... kaaaa...kiiiiiiii....." Adel nangis lantas menutupi mukanya pake bantal.

Yasalaaaamm... tau gak, dari pertigaan sana itu sampe ke rumah saya jaraknya itu lebih dari 2 kilo! dan itu ditempuh Adel dengan berjalan kaki. karena apa? karena Adel itu takut mau naik ojek dan gak ngerti ongkosnya berapa. See? I told you!! Adel beda dari Aya. :(

Dengar itu saya cuma bisa meluk Adel dari belakang. Saya langsung ngebayangin gimana perasaan Adel sepanjang pulang tadi. Pasti dia ketakutan karena harus naek angkot yang.... yah, menurut berita terakhir di tipi kemaren, angkutan jurusan ini pernah membawa kabur penumpang perempuan sampe ke kawasan kota sana lalu diperk.... haah! bahkan untuk melanjutkannya aja saya gak sanggup. Kemudian Adel juga pasti ketakutan karena harus jalan kaki malem2 sepanjang 2 kilo lebih untuk sampe ke rumah. Trus coba bayangin, begitu nyampe rumah bukannya bisa istirahat emalah saya omel2in. Huh! saya ampe ngutuk2 diri sendiri pas udah begini.

Saya tinggal Adel sendirian di kamarnya. I think Adel need time to be lonely, and me also. Saya berjalan keluar rumah. Berharap banget sepoi angin mampu mengeringkan mata saya yang terasa mulai berkaca2. Begitu saya tiba di teras rumah, dalam cahaya lampu yang redup saya lihat sebuah tas plastik bertuliskan nama bakery ternama favorit saya. Dalam kantong plastik tersebut terdapat sebuah kotak dengan nama yang sama tertera pada kotaknya, tergeletak di atas mesin cuci. Saya hampiri dan coba membukanya. Ternyata berisi beberapa buah muffin. Chessee muffin kesukaan saya. Dan saya tau pasti siapa yang meletakannya disana dan lupa membawanya masuk karena sudah terlanjur menerima omelan dan cacian dari saya.

Ada lengang yang panjang sebelum saya menyadari bahwa saya sudah menghabiskan beberapa menit berdiri sambil menatap jejeran muffin dalam kotak. Sesungguhnya saya malu mengakui bahwa saya salah. Saya tidak bisa menahan emosi pada Adel meskipun omelan saya itu menurut saya merupakan kasih sayang saya terhadap Adel. Tapi tetap saja bagi Adel omelan saya tadi menghancurkan perasaannya. 

Sayalah yang bodoh dalam hal ini. Seharusnya saya sepenuhnya sadar, apapun langkah yang dilakukan orang tua pada anaknya sesungguhnya dilakukan atas dasar cinta dan sayang, namun terkadang ego anak tidak bisa menerima semua itu dengan hati senang. Mendadak kedua mata saya lembab dibasahi keharuan. Ah. kenapa kejadian ini persis seperti saya dengan mama dan ayah saya puluhan tahun silam. Kejadian yang selalu membuat saya meneriakan 'i'll never do my kids like my parent didi to me' tiap kali beda pendapat dengan mereka, iya kan?

Jadi, setelah semua kejadian ini, apakah saya dengan gagah akan tetap memegang teguh prinsip 'i'll never do my kids like my parent did to me' itu? Hm, saya cuma bisa bilang; saya benar2 merasa tertampar dan diingatkan untuk berhenti menggunakan ikrar itu. Dan yang pasti sih, saya yakin jika saat ini pasti Ayah dan Mama saya sedang menertawakan saya saat menyaksikan ini semua. :'(





Sent from my BlackBerry® 
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


0 komentar:

Web Statistics