Pages

Kamis, 05 Januari 2012

so much fun in jogja [part 1]

Gak cuma kampanye aja yang bisa curi start, liburan juga! Buktinya nih, saya. Jauh sebelum tanggal liburan anak sekolah tiba, saya memang udah cari2 tiket sebuah maskapai penerbangan yang terkenal dengan low costnya. Setelah melalui berbagai pertimbangan, terutama mengenai biaya... hehehe..., akhirnya saya memutuskan Jogja sebagai kota tujuan kami. Di awal, saya rada gambling juga sih saat menentukan tanggal keberangkatan kami buat liburan, karena saat itu saya hanya berpatokan dengan tanggal liburan Adel yang memang jauh hari sudah ada di tangan saya. Sementara kapan Aya mulai libur? Saya bener2 gak tau!! Tapi untungnya Tuhan memberikan kemudahan. Aya rampung ulangan pas banget tiga hari menjelang tanggal keberangkatan.



Meski jadwal penerbangan baru pukul 10.40 nanti, tapi pagi2 sekali kami harus rela berangkat menuju airport masih sambil ngucek2 mata. Yah, tepat! Apa lagi kalo bukan karena alasan takut macet. Setelah selesai ngurus parkir inap, kami pun menanti keberangkatan sambil sarapan.


Ada insiden kecil begitu kita semua telah duduk di kursi pesawat. Di dalam pesawat, kami duduk dalam satu barisan dengan nomor yang saling berurutan sesuai nomor kursi yang telah saya pilih saat memesan, 16 C D E F. Saat kami telah mengikatkan seat bealt dan duduk di posisi masing2 dengan damai, tiba2 dari kejauhan saya liat seorang ibu dengan rambut yang disasak tinggi disusul dengan seorang lelaki dan seorang anak gadis remaja seumuran Adel --mungkin suami dan anaknya-- berjalan ke arah saya sambil nunjuk2. Waduh! saya salah apa nih? begitu pikir saya kemudian.


Sambil terus menunjuk ke arah kursi yang saya duduki, saya sempet denger dia bilang begini, "Iya, gak salah lagi... itu nomor kita, Pah!". Karena saya ngerasa saya telah duduk di kursi sesuai nomor yang saya punya, maka saya pun mengacuhkan omongan judes si ibu itu.


"mbak, ini nomor kursi saya..." kata si ibu setelah jarak dia dengan saya kira2 tinggal sejengkal.


"ini nomor saya, bu..." kata saya santai. Sebenernya saya bisa aja nanggapin omongan ibu itu dengan ketus, tapi males ah... Sampe sini, kalian percaya sama omongan saya kan? tuh buktinya... tiap kalimat saya gak pake tanda seru ataupun saya tulis gede2 pake huruf kapital.


"ini buktinya kalo kursi ini nomornya saya!" katanya sambil menunjukan sehelai boarding pass milk dia "nih! 16 DEC".


Lagi2 saya sebenernya males nanggapinnya. Sebenernya bisa aja saya marah karena dia sudah mengganggu kenyamanan saya. Saya bisa aja ngamuk karena dia dengan sukses telah membuat saya jadi perhatian penumpang lain dalam beberapa menit. Setelah saya lirik ogah2an boarding pass yang dia sodorin ke muka saya, akhirnya saya buka mulut juga. Yah, akhirnya saya harus menjelaskan pada si ibu tentang nomor kursi yang dia klaim sebagai nomor bangku dia tersebut sebelum dia makin mempermalukan diri say.... eh, maksudnya mempermalukan dirinya sendiri.


"Bu, nomor bangku ibu yang ini...." saya menunjuk deretan nomor dan huruf tepat dibawah tulisan number seat. "kalo yang ibu tunjuk ini, adalah tanggal keberangkatan... 16 DEC". kata saya masih dengan nada kalem.


Pasti kalian mengira saya kemudian mengakhiri kata2 saya tersebut dengan sorakan "Yes! mampus lo..." gitu kan? Tidak sodara2.... Saya tak pernah tega mengatakan seperti itu meski dalam hati sekalipun. Ingatlah dengan pepatah yang mengatakan bahwa jika seseorang menampar pipi kirimu maka berikanlah pipi kananmu. Jujur, yang ada dalam hati saya saat itu adalah.... mudah2an sang pilot menyaksikan peristiwa ini lewat kamera CCTV di kabinnya... menyaksikan bagaimana saya dengan ramah menanggapi keluhan sang ibu judes... kemudian sang pilot berlutut dihadapan saya dan meminta saya untuk menjadi salah satu pramugari pesawat yang dia kemudikan ini. **Wooiii..... ngimpi wooiiiiiii....!!!**


Mimpi saya bener2 sirna begitu saya liat tuh ibu kemudian berjalan melewati saya begitu aja tanpa sepatah katapun. Ya sudahlah..... lagian emang saya ngarep apa coba? ngarep dia mengucapkan "Hei, Nyet! makasih yah... yuk dada babaaaayy...." trus melempar kiss bye ke saya? Gak! gak perlu ampe segitu... Saya juga ngerti kok. Dia pasti berat membawa mukanya sepanjang kabin pesawat yang tiba2 aja bikin dia terkenal. Wih! gak berasa saya udah buat beberapa paragraf untuk mempermalukan si ibu bersasak. Ah, sudahlah.... ntar saya di cap tukang menghujat di blog seperti blognya artis yang juga politisi yang sempet jadi salah satu calon gubernur Banten itu lagi.


And finally, setelah sejam akhirnya nyampe juga di kota Jogjakarta. Setelah ngurusin segala bagasi, kita langsung meluncur ke hotel di jalan Dagen yang hanya dua ratus meter dari jalan Malioboro. Oia, satu pelajaran lagi nih! Cuma gara2 saya yakin kalo liburan kali ini belum rame, makanya saya selalu nunda2 waktu saat memesan hotel. Eh, begitu saya pesan hotel seminggu sebelum tanggal keberangkatan, alhasil semua hotel yang terletak di sepanjang jalan Malioboro yang saya incer sudah habis di booking. Uh! Namun untungnya hotel terakhir yang saya telepon ini masih menyisakan satu kamar Family Cottage untuk tanggal yang saya pesan meski begitu kami tiba di sana, Aya langsung nyeletuk gini, "Ini sih kaya rumahnya embah...!" Hehehe... iya sih, karena hotel ini mengusung tema menghadirkan suasana Jogja yang sebenarnya, gini deh jadinya... bukan berasa lagi pelesir, tapi lebih kaya pulang kampung. :)


Begitu melepas lelas sejenak, kami pun memulai petualangan si bolang ini. Semua jadwal memang sudah saya persiapkan. Untuk hari pertama kedatangan, kami akan mengunjungi obyek2 wisata yang berada di dalam kota. Karena beberapa obyek wisata bisa ditempuh dengan berjalan kaki, maka kami mulai menyusuri lorong2 sepanjang jalan Malioboro. Berdesak2an berusaha lolos dari himpitan orang2 yang mulai memadati lorong buat belanja.








Pas nyebrang demi menghindari himpitan orang2 yang sibuk tawar menawar di lorong, ternyata kami tiba persis di depan Pasar Beringharjo. Mendadak air liur saya terbit begitu liat para ibu yang dagang pecel di sepanjang trotoar. So, akhirnya kita mampir bentar buat ngisi perut mengingat sejak dari jakarta pagi kami belum sempat makan siang..










Setelah kenyang, kita melanjutkan perjalanan. Tujuan kali ini langsung mampir ke Benteng Vredeburg yang gak jauh dari tempat kita makan tadi. Benteng Vredeburg dibangun pada jaman VOC di tahun 1765. Benteng ini pada jamannya diberdayakan sebagai tangsi militer Belanda. **setdah! kata2 gue udah kaya pengantar buku sejarah** Tapi sayangnya museum ini sudah tutup begitu kita tiba di sana. Jadi kita cuma sempet foto2 doang sebentar.
















Begitu kita jalan sampe ke belakang, ternyata benteng ini bersebelahan langsung dengan Taman budaya dan Taman Pintar. Kami sempat melihat beberapa remaja putri yang sedang latihan menari dan menabuh gamelan di Taman Budaya yang hanya sempat kami lewati saat menuju Taman Pintar. Dan gak terlalu jauh, lalu kami pun tiba di Taman Pintar. Dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 8.000,- untuk anak2 dan Rp. 12.000,- untuk dewasa kami pun bisa menikmati sebuah wahana yang peduli banget dengan pendidikan.
































____gini nih efeknya kalo gak kepilih jadi bintang pelem Jurassic Park!! eh, eeehh..... ternyata lebay memang gak ada batasnya sodara2....!____



Tapi kayanya Adel dan Aya gak begitu antusias banget diajak ke sana tuh.... Beda kaya saya yang seneeeeengg banget selama di Taman Pintar. Semua alat peraga yang sediakan di Taman Pintar saya cobain semua. Sementara kedua abegeh saya cuma ngeliatin aja. Tuuuuhhh.... liat ajah!











____sekali lagi, lebay memang tak pernah ada batasnya sodara2.... **ngok!**____

Setelah Adel, Aya dan saya puas main di Taman Pintar, kita pun kembali melanjutkan perjalanan. Begitu keluar dari Taman Pintar kami sudah disambut eemmm.... lebih tepatnya diserbu oleh tukang becak yang menawarkan jasanya untuk mengantar keliling kota cuma dengan ongkos lima ribu perak! Kalo bisa milih sih, sebenernya saya sendiri pengennya bisa keliling2 seputaran Malioboro dan Alun2 Jogja dengan berjalan kaki. Apalagi mendung yang membentang di langit Jogja mendukung untuk itu. Tapi karena dua remaja saya sudah berkali2 ngeluh capek, akhirnya kami pun ngebecak keliling kota seperti yang ditawarkan tukang becak tadi.





Becak membawa kami mengunjungi Keraton. Tapiiii.... lagi2 karena hari sudah sore, keraton pun telah ditutup. Kami pun hanya bisa foto2 di pelataran Keraton.

____bapak pengayuh becak yang kami tumpangi ini udah kaya' guide, dia menjelaskan fungsi dari bagunan yang didirikan dalam halaman keraton ini____

















Lanjut lagiiiiii.........
Kali ini si bapak pengayuh becak menawarkan untuk mengantar kami ke sebuah galeri lukisan. Galeri lukisan tersebut terletak di sebuah gang kecil dekat dengan Tamansari.






Itu dia Tamansari. Situs bekas taman atau kebun istana keraton Jogja. Ada beberapa bangunan di dalam Tamansari ini seperti ruangan yang difungsikan sebagai tempat pertapaan Sultan, kolam pemandian dan lain2. Saya gak bisa cerita banyak karena saya gak sempet masuk ke sana. Apalagi alesannya kalo bukan, udah tutup, Cuyy..!!

Setelah dari galeri lukisan, sang bapak pengayuh becak membawa kami mengunjungi toko2 yang menjual batik dan kaus. Meski sudah kami tolak berkali2, tapi ternyata si bapak maksa banget 'nyasarin' kami ke tempat2 yang menjual berbagai souvenir Jogja itu. "mboten, paaaaakk... kami mau balik ke hotel saja" Eh si bapak tetep maksa kalo kami harus mampir dan mengunjungi toko bakpia pathuk 25 yang sekaligus tempat pembuatan cemilan khas Jogja itu. "MBOTEN, PAAAAKK.... antar kami balik ke hotel! anak saya sudah capek mau istirahat"

Lagian ngapain coba saya ke sana? baru aja tadi siang nyampe... masa sudah disuruh beli oleh2? Lagian saya ngerasa sudah cukuplah hari itu saya beli dua buah lukisan yang akhirnya saya beli meski gak saya rencanain. Dua buah lukisan batik yang saya beli dengan harga yang sama ketika saya membeli sepuluh buah lukisan di Bali tempo hari. Uh! 

Ya mbok diem gitu setelah saya ngomong kaya tadi, eeeeh ini gak..... "Tapi mbak.... kalo gak pesan bakpia sekarang, nanti pas mau pulang tokonya rame dan bisa2 kehabisan..." 

Iiiiiiiihh..... lama2 kok nyebelin yah..
"Pak, pak.... bapak tau kamehame, gak?"

"Apa tuh, mbak?"

"Itu loooohh... jurus yang diciptain Master Roshi dalam komik Dragon Ball... Yang ketika akan digunakan harus mengumpulkan ki sebanyak2nya sebelum kemudian melepaskannya tepat pada target yang sudah ditentukan... tau?"

"Waaahh... belum e' mbak..."

"Nah, kalo bapak gak mau saya kamehame, TOLONG ANTAR SAYA PULANG KE HOTEEEEELL!!!"

Sayangnya percakapan tersebut cuma ada dipikiran saya.... Lalu saya cuma bilang begini ke bapak pengayuh becak, "Biarin deh pak, saya gak doyan bakpia kok! tolong antar ke hotel aja..." Tapi sampe di bagian ini nada suara saya sudah semakin tinggi. Asli deh... judesnya mulai muncul kepermukaan. :(




Alhamdulillah.... nyampe di hotel juga akhirnya... Setelah mandi dan istirahat sebentar, malamnya kami mulai nyari makan. Warung lesehan apalagi yang dicari kalo bukan nasi gudeg... Untungnya banyak angkringan di sepanjang jalan Malioboro karena Adel dan Aya bener2 udah cape buat diajak jalan2 jauh.









 Selesai makan, Aya dan Adel kepengen banget naik kuda... maka dengan ongkos lima puluh ribu perak, kita pun keliling kota Jogja [lagi] naik andong. 











Menghirup udara malam Jogja yang makin malam makin dingin apalagi usai hujan mengguyur sore tadi. Sekalian juga menghirup aroma e'ek kuda yang ikut terbawa hembusan angin dan ikut terhirup saat menarik napas dalam2... 
Oke guuuyysss, mari sama2.... inhale... exhale... inhale... exhale... inhaleeeeee..... Hoeekk!











Aaaaahh.... selesai sudah perjalanan hari pertama kami di kota Jogja ini. Sekarang saya mau balik ke hotel... Kaki saya udah capek.... Mata saya udah sepet... (-____-) Saya sih mending... tuh, Aya malah udah jalan sambil merem segala...  Ya udah yah! saya mau bobo dulu..... tu bi kontinu deh... ZZzzzzz....



Web Statistics