Pages

Jumat, 20 Januari 2012

lelaki gentleman



Tadi siang, baru aja digentlemanin sama bule. Bingung? hehehe.... sama! Gak, gak usah lo cari di google, karena istilah digentlemanin adalah istilah yang gue karang sendiri. Eeemmm... kira2 apa yah padanan katanya digentlemanin jika dalam bahasa? jadi penasaran sendiri :(

Gue ceritain aja deh...
Jadi nih... kejadiannya sih tadi siang, dalam perjalanan pulang dari itc permata hijau berdua bereng temen gue. Untuk menunggu angkutan yang menuju ke arah kantor, gue dan temen gue itu harus menunggu di seberang jalan. Maka menyeberanglah kami lewat tangga penyeberangan yang sekaligus menyatu dengan halte busway. Sudah umum deh, kalo lantai penyeberangan halte busway itu biasanya gak bertangga seperti pada umunya tangga2 penyeberangan. Yah, meski gak semuanya begitu sih, tapi biasanya tangga2 pada tangga penyeberangan busway ini dibuat datar saja dengan kemiringan yang landai hingga mencapai ke atas.  


Padahal sebenernya sama aja. Malah kalo gue bilang sih tangga model begini lebih kaya' fatamorgana. Sama sekali gak berasa menapaki tangga, tau2 udah nyampe deh di atas. Etapi tetep kok bikin ngos2an begitu nyampe atas. Dan setelah gue pikir2 lagi, ternyata model tangga penyeberangan kaya begini nih menguntungkan banget. Apalagi buat yang pengen mengurangi berat badan, lo tinggal bolak balik nyeberang aja sepuluh kali, rasanya bakal sama kok kaya lari2 di treadmill dua puluh menit. Trus, bagi yang napasnya pendek kaya gue, begitu nyampe atas dan lelah meneruskan berjalan untuk turun, gue langsung rebaan aja dari atas kemudian ngegelundung deh ampe bawah. Ringkes dan gak cape. Ah siapa sih yang menciptakan tangga model gini? jadi pengen kenalan...

Ya, itu tadi deskripsi gue tentang tangga penyeberangan busway.
Sekarang, mari kita lanjutkan ke pokok ceritanya.

Nah, begitu gue dan temen gue sedang melangkah santai menuruni tangga peneberangan itu sambil ngobrol, kira2 sepuluh meter di dasar tangga seorang bule yang hendak menaiki tangga tersebut tiba2 berhenti dan mengurungkan niatnya. Mungkin karena dia melihat tangga yang lebarnya gak lebih dari satu setengah meter itu udah begitu sempit dilalui oleh kami berdua yang jalan berjejeran. Konon lagi kalo ketambahan dia. Ngeliat hal itu, bukannya kami langung buru2 melangkah atau jalan berbaris kebelakang agar si bule bisa lewat, eh ini gak! kita berdua tetep aja santai melangkah dengan posisi yang sama sambil terus bercerita. "lagian dia nunggu di bawah ini... ngapain repot2 ngasih jalan" gitu pikir gue yang tiba2 jadi sangat oportunis dan berkuasa sebagai warga negara Indonesia.

Ternyata si bule bener2 tetap berdiri di dasar tangga hingga kami akhirnya tinggal beberapa langkah lagi di depan dia. Dan begitu jarak kami dengan tuh bule kira2 tinggal selemparan upil, saya liat mata si bule menatap kami.
Kami menatap si bule.
Kami dan bule pun tatap2an. **Hadeeeehh!!**
Gak gue sangka2, kemudian si bule tersenyum kepada kami sambil mengangguk dan memiringkan kepalanya dengan sudut yang sempurna lalu dengan sebelah tangannya ia mempersilakan kami lewat melampauinya. Doh! bener2 sikap gentleman banget. Bikin hati gue resmi tercuri saat itu juga atas perlakuan dia. 

Beberapa detik, kaki gue berasa kaya gak nginjek bumi. Melayang sepuluh senti dari tanah. Saking gak sadarnya, otak bener2 gak bisa lagi dipake buat mikir. Maka ucapan terima kasih pun sama sekali gak keluar dari mulut gue meski barusan tadi kami telah diperlakukan bak lady begitu. Yah, gak aneh! emang gitu deh rata2 tipikal orang Indonesia yang su..... **maap yah, jangan menyamaratakan kami denganmu, Ivo!** Iye, iyeeee... gue yang salah, gak ngucapin terima kasih tadi... PUAS??!.

Perlakuan bule itu tadi gak bisa gue pungkiri sempet bikin hati gue klepek2. Mendadak gue jadi inget pengalaman berbulan2 sebelumnya saat hendak menyeberang di tangga penyeberangan. Waktu itu kejadiannya, ada seorang perempuan muda yang mengenakan rok pendek berjalan tepat di depan gue saat menaiki tangga penyeberangan. Jadi saat itu posisi gue ada di belakang dia. Nah, saat kami berdua sedang menapaki tangga dengan damai, tiba2 gue denger suara cekikikan yang setelah gue cari sumbernya ternyata dari sekumpulan lelaki yang duduk2 di bawah tangga penyeberangan dengan pandangan mereka menatap ke atas. Menatap ke kolong rok gue.... eh, maksudnya dia! **nunjuk cewek yang jalan di depan**.

Gue bener2 gak abis pikir sama perlakuan lelaki macam gini. Padahal yah, meski hanya gue liat sepintas, sebenernya usia mereka tuh udah gak muda2 lagi. Malah kalo boleh gue tebak sih... mereka berusia sekitar empat puluh tahunan gitu deh. Trus yang bikin gue makin menggeleng2kan kepala, emang apa nikmatnya sih cuma liat celana dalem perempuan doang?  Mending pelototin tuh celana dalem obralan yang banyak dijual di pasar malem. Aaaah... dasar otak pada ngeres!! **jepret satu2 pake G-string**

Kepikir gak, bahwa apa yang dilakukan si bule pada cerita gue di atas, walau sederhana namun hal tersebut merupakan perlakuan yang sangat istimewa dan sangat mengagungkan perempuan, sedangkan sekelompok lelaki di bawah tangga penyeberangan yang gue kisahkan selanjutnya, gue rasa itu sama aja bentuk sebuah pelecehan terhadap perempuan!

Sebenernya perlakuan2 gentlemanisme tersebut sebenarnya gak sulit kan dilakukan buat para lelaki. Perlakuan2 kecil yang sedikit banyak bisa bikin para perempuan merasa diperlakukan istimewa. Tapiiiii, bagi kami para perempuan, gak juga serta merta pengen selalu diperlakukan seperti itu setiap hari dan setiap saat.  Kami juga gak pengen jika kemudian dianggap seperti nenek yang baru terserang stroke seminggu cuma karena gak mau narik handle pintu saat hendak masuk rumah. 

Setelah melalui dua pengalaman di atas, kok gue jadi berpikir yah... kelak, gue bakal menyeleksi para lelaki calon pendamping Adel dan Aya. Yah, paling gak mereka punya lah sifat2 gentlemanisme macam si bule tadi. **udaaaahh... gue bilang gak usah ngegoogleeeeeee!!** Yaaah... mungkin ntar bisa gue nilai dari hal2 kecil, macaaaam.... mendahulukan seorang perempuan untuk masuk ke dalam lift, misalnya. Atauuuu.... yang ini nih! menarikkan kursi saat seorang perempuan hendak duduk saat makan di sebuah restoran. Eeemmm.... yang ini juga boleh! kaya' membukakan pintu mobil untuk seorang perempuan, atau.... membantu ngebawain barang belanjaan seorang wanita ketika ia sedang shopping ataupun begitu turun dari mobil. Egh.... ntar dulu deh! Itu tadi yang gue jabarin di atas sebenernya sifat2 lelaki gentleman apa kriteria calon sopir yah? Kok beda2 tipis... **garuk2 kepala**

Web Statistics