Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

rebonding



Kejadian2 yang bakal gue ceritain ini sebenernya udah lama banget. Gue himpun kejadian2 ini dari berbagai peristiwa yang tidak bersamaan.

Cerita ini tentang temen gue. Perempuan. Demi keselamatan diri gue sendiri, kita sebut saja namanya Bunga. Bunga ini temen sekantor gue. Banyak waktu yang harus gue lalui dan gue habiskan saban hari bersama dia. Aaaaaaahhh…… gue kok jadi gak semangat gini nyeritainnya, cuma gara2 gue menuliskan nama temen gue itu pake nama samaran. Lagian, kalo pake nama ‘bunga’ begini, kok gue berasa kaya nyeritain korban pemerkosaan yah!  Udah deh…. Gue buka2an aja siapa dia sebenernya. Toh, pada akhirnya kalian juga bakal tau siapa dia. Ya iyalaaaaaahh…. gimana gue mau menyamarkan identitas dia, secara dia adalah temen gue perempuan satu2nya di kantor. Ugh!!


Baiklah, Hera, itu namanya.
Seperti yang udah gue tulis di atas, bahwa dese adalah temen gue satu2nya yang satu gender sama gue di kantor. Ada banyak hal yang mengharuskan gue dan dia selalu berhubungan. **terima kasih untuk tidak ngeres dalam mengartikan kata ‘berhubungan’ disini** Pertama, sudah pasti dalam pekerjaan. Selain sebagai teman berbagi ruangan, Hera yang menjabat sebagai kasir, udah pasti dapat dikatakan harus sering berhubungan dengan gue yang sebagai akunting cleaning service. Kedua, karena tak ada lagi manusia berjenis kelamin wanita di kantor ini, mau gak mau [baca : terpaksa] gue hanya bisa berteman dengan dia. Ketiga, Hera adalah satu2nya teman yang tepat buat gue ajak untuk nemenin gue ke kamar mandi saat kondisi kantor sepi karena para lelaki pada pergi sholat di hari jum’at.

Yaaahh…. singkat kata, dia seoranglah teman gue disini. Dan gue tak bisa memilih. Kalo boleh dianalogikan, kaya begini nih…. Seperti lo dikaruniai terlahir dengan rambut keriting. Lo sama sekali gak bisa menolak akan takdir yang telah digariskan buat lo, iya kan? Hanya satu yang bisa lo lakuin. Rebonding!. 
Begitu pun gue dalam kehidupan berteman dengan Hera ini. Gue hanya bisa ngerebonding dia, biar agak sedikit berubah. 

Hah? Lo tanya apa yang harus gue rebonding dari dia?
Hmm… gimana yaaah…. Kalo gue bilang otak dia lemot, kok rasanya gue terlalu sadis banget yah! Mending gue certain aja deh….


1.

Kejadian pertama ini terjadi di suatu siang saat gue dan dia makan siang di kantor. Seperti biasalah, gue dan Hera selalu makan siang yang dibeli si boy dari warteg samping pom  bensin sambil nonton tipi. Nah, pas banget hari itu kita sedang menyaksikan pelem dokumenter tentang hewan Kuskus. Dipertengahan tayangan, seorang teman gue, Sam, datang dan ikut gabung makan sama2 kami. Trus, dengan isengnya Sam tiba2 meraih remot buat ganti chanel tipi. Begitu liat niatan Sam, lantas aja si Hera langsung teriak bilang, “jangan digantiiiii… gue lagi liat kusplus!!”. Teriakan ini jelas didengar oleh gue dan Sam yang lantas diem terpana sambil membandingkan hewan kuskus dengan kusplus dalam kepala.




2.

Kejadian yang ini terjadi sepulang kerja. Karena niat mau beli susu, akhirnya gue mampir sebentar ke supermarket yang berada di jalan searah perjalanan pulang. Eh, ndilalah…. dengan alasan yang sama, Hera juga akhirnya ikutan mampir bareng gue. Begitu gue dan Hera berjalan melewati lorong fresh food area dengan mendekap susu masing2 **sekali lagi, terima kasih untuk tidak salah mengartikan kalimat barusan**, tiba2 dese iseng nanya ke gue, “mbak, itu sawo kok bebulu gitu yah!” katanya sambil menunjuk tumpukan buah kiwi di rak. Sontak, gue melirik ke arah dia. Lalu dengan perlahan gue pun jalan menjauhi tekape sambil melipir kaya kepiting disaksikan tatapan nista setajam silet seorang ibu dan pelayan supermarket yang pasti dalam benak mereka bertanya2, mendarat dari planet manakah kami berdua?





3.

Peristiwa selanjutnya. Suatu pagi, saat gue sedang santai menikmati segelas teh manis dengan sepotong singkong goreng dengan damai. Mendadak Hera masuk ke ruangan. Sambil cemberut, dia bilang gini;
“mbak, lo dipanggil pak *** [nyebutin nama bos]”
Karena heran ngeliat tampang Hera yang dilipet dua kaya martabak, gue pun nanya; 
“Kenapa emang?”
Masih bersungut2, Hera menjelaskan kekesalan dia ke gue.
“Lo bayangin, perasaan baru minggu kemaren gue ngeluarin duit buat service mobil, eeehh… sekarang minta duit lagi buat service. Trus lo disuruh buat pengajuan tambahan dana”
“Buat apa?”
“Buat service mobil, katanya gladiatornya bocor…”
Gue hanya bisa diam terpana dengan potongan singkong goreng masih bertengger di mulut. Detik itu pun gue langsung membayangkan Russell Crowe aktor pemeran film gladiator yang kesakitan memegangi kepalanya yang bocor tergores pedang.




4.

Yang ini beda lagi. Kejadiannya sendiri sebenernya udah lama tapi gue baru sempet cerita sekarang. Saat pom bensin di ujung jalan sono noh, direnovasi. Sempet jadi pembicaraan juga sih sama temen2 di kantor, kenapa tuh pom bensin direnovasi. Karena gak hanya bangunan pom bensin tersebut masih bagus dan masih terbilang baru, pom bensin tersebut juga terlihat paling ramai dibandingkan dengan pom2 bensin lain di seputaran kebon jeruk.
“Lo tau gak, mbak… ternyata pom bensin depan itu mau bikin tempat cuci mobil otomastis gitu di sampingnya”.
“Ah, masa sih?!” tanya gue sambil ngaduk2 semangkok mi rebus yang masih ngebul di depan gue.
“He’eh”  jawab Hera dengan tatapan bagai ‘gitu aja lo gak tau, payaaaahh!’.
“Mau dibikin dimananya yah?” gue langsung membayangkan lansekap pompa bensin tersebut dalam imajinasi gue.
“Kaya’nya mau dibikin di bawah tanah deh!”
“Emang iyah?” tanya gue bego, tangan gue yang sedang memegang sendok penuh berisi mi yang berjuntaian membeku sesaat di udara. Saat itu, gue persis  banget bintang iklan mi instan.
“Iyaaa…! gue baca kok tulisan di spanduknya” nada suara Hera mantap dengan mata berbinar seolah berkata ‘percayalah’.

Gue pun gak banyak ngomong lagi. Cuma dalam hati gue seolah berkata pasti ada yang gak beres nih. Soalnya, sepengetahuan gue, gak ada deh kata2 dalam spanduk yang mengatakan bahwa pom bensin tersebut bakal membangun bangunan bawah tanah seperti kata Hera tadi. Emang sih, gue pernah liat ada tanah yang digali2 gitu… tapi kaya’nya itu cuma buat meletakan tangki minyak dan menguburkannya di bawah sana. Aaaah… tapi sudahlah, mungkin emang gue yang gak baca kali.

Hari2 berlalu setelah perbincangan gue dan Hera tersebut. Hingga tiba suatu hari, secara gak sengaja gua membaca lagi spanduk mohon do’a restu pembangunan pom bensin yang sedang direnovasi itu saat gue melintas di depan pom bensin tersebut. Begitu membaca tiap kata yang tercetak pada spanduk, gue berasa hampir tersedak dalam nada c minornya agnes monica. 

Tulisan ini mungkin yang dimaksud Hera dengan akan dibangun bangunan bawah tanah…..




____pom bensin yang telah rampung direnovasi, mana, manaa, manaaaa.... bangunan bawah tanahnya??___




Masih ada lagi [baca: buanyaaaaakk] kisah2 lain yang terjadi dalam kurun waktu gue berteman dengan Hera. Dan seperti di awal tadi gue tulis bahwa gue gak lantas mendiamkan segala kekeliruan tersebut terjadi. Pastinya lo pun begitu. Kalo lo diposisi seperti gue begini, lo juga pasti bakal merebonding semuanya kan? Lo bakal meluruskan yang keriting, begitu kan?

Meskipun Hera begitu adanya. Meskipun ngikik ketawanya sempet gue kira dia itu kuntilanak salah shift, tapi jujur, gue seneng kok bertemen dengan dia. Dese itu pada dasarnya orangnya baiiiiikk banget. Dia adalah satu2nya orang yang menghandle setiap kerjaan gue tiap kali gue gak masuk dengan ikhlas hati dan tanpa pernah keberatan gue serahin pekerjaan yang segudang. Dia juga satu2nya temen gue yang tiap kali gue tanya minta oleh2 apa setiap gue berkesempatan pergi ke suatu kota, namun selalu dia jawab dengan “gak usah, mbak… yang penting lo sampe tujuan dan kembali dengan selamat disini”. Doh! padahal, wajar aja kan gue menawarkan nyogok oleh2 ke dia karena secara dia adalah orang yang telah menghandle segala kerjaan gue selama gue pergi, iya kan?. Dan gak hanya itu, dia juga yang selalu memeluk gue sambil teriak “kangeeeeeenn…!” begitu gue masuk kerja setelah libur sekian lama tanpa pernah merasa iri dan cemburu pada gue karena gue seenak dengkulnya izin gak masuk kerja ampe beberapa hari.

Sumpah! Cerita2 gue barusan bukan pengen ngejelek2kin kekurangan seseorang. Apalagi orang tersebut adalah temen gue. Temen gue satu2nya di dunia kantor. Gue cuma pengen berbagi kegembiraan saat gue garing, saat gue kesel, saat tersenyum simpul sendiri bahkan sampe saat gue ngakak gak pake perasaan ketika mengalami langsung kejadian2 tersebut sama kalian para pembaca. 
Web Statistics