Pages

Senin, 03 September 2012

nastar keju

Pada awalnya, niatan saya bikin kue adalah untuk menjalin kebersamaan antara ibu dan anak, karena secara saya dan kedua abegeh saya kan jarang2 ketemu. Disamping entah sudah lebaran keberapa saya gak pernah bikin kue, lagi pula biar keliatannya kaya' di iklan keju tuuuhh.... bareng2 bikin bikin kue kering untuk suguhan di hari lebaran. **duueehh! kaya' banyak aja tamunya yang bakal dateng** Nah, pas kebeneran saya udah libur dari kantor, saya mulai deh ngeluarin resep andalan yaitu nastar keju. Ee... ini nastar keju loh, bukan cuma nastar dengan taburan keju di atasnya. Jadi resep saya ini nastarnya bener2 ngeju banget. Maka mulailah kami... eemm... lebih tepatnya, saya sendiri, bikin kue kering ini.



Bahan :

250 gram magarine
250 gram butter (gue rekomen untuk pake yang salted karena lebih gurih)
100 gram gula halus
4 kuning telur
200 gram keju parmesan, parut.
700 gram tepung terigu protein sedang
4 sdm susu bubuk full cream
2 kuning telur kocok lepas untuk olesan

Selai Nanas :

4 buah nanas (pakai yang nanas palembang karena hanya sedikit mengandung air)
200 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat :

Selai nanas :


Parut/blender buah nanas yang telah dikupas dan dibersihkan. Masak diatas kompor. Tambahkan daun pandan dan garam. Aduk2 hingga airnya habis dan mengering. lalu masukan gula pasir. Aduk terus hingga benar2 kering dan berwarna kuning kecoklatan. Dinginkan dan inapkan semalam di lemari es agar mudah dipulung2.

Adonan Nastar :
  1. Ayak tepung terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
  2. Campur jadi satu margarine, butter, kuning telur dan gula halus, Kocok sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu lama. Cukup sebentar saja. Karena adonan nastar akan melebar dan retak ketika dipanggang.
  3. Masukan keju parut dan aduk menggunakan sendok kayu. Ingat ya, sendok kayu. Jangan langsung memakai tangan!! karena hasil kue nanti akan keras.
  4. Lalu masukan terigu sambil terus diaduk dengan sendok kayu hingga merata dan adonan dapat dipulung.
  5. Bentuk adonan nastar. Boleh bulat2 kecil atau buat adonan membentuk nastar keranjang seperti yang saya buat.
  6. Poles adonan dengan kuning telur.
  7. Tata dalam loyang dan panggang dalam oven dengan suhu 140'C selama 30 menit.
  8. Setelah matang dan kering berwarna kuning keemasan, angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara dan letakan di tempat yang aman agar tak habis sebelum lebaran. :P



0 komentar:

Web Statistics