Pages

Senin, 10 Januari 2011

berhenti bikin resolusi

gambarnya diambil dari sini

Sudah jadi hal biasa jika menjelang awal tahun begini, banyak orang rame2 bikin resolusi.Tau kan? Itu tuh, bikin daftar hal2 yang pengen lo capai di tahun depan. Eh? Lo bikin juga? Gue gak! Udah lama banget gue berenti bikin resolusi tahun baru. Ada kali sepuluh tahun yang lalu, gue berenti ngelakuinnya. Alasannya simpel, hanya gara2 semua resolusi yang gue bikin gak pernah tercapai.

Dulu waktu gue masih keranjingan bikin resolusi, seperti kebanyakan orang, menjelang pergantian taun gue udah niatin dalam hati apa yang jadi tujuan gue. Oia, dari dulu ke dulu, resolusi gue cuma satu, yaitu gue mau lebih serius dalam melaksanakan sholat. Gak seperti yang udah2, sholat gue bolong2. Malah nih, kalo bisa gak hanya sholat wajib aja yang gue lakuin tapi sholat2 sunnah juga.

Begitu gue berikrar dalam hati pas tepat di pergantian tahun, ironisnya resolusi yang gue ikrarkan dengan segenap hati, jiwa dan sanubari itu gue patahkan sendiri tepat lima jam setelah pukul 00. Yap, gue gak sholat subuh gara2 tidur menjelang pagi dan terbangun saat waktunya sholat dhuha. Dengan sukses, resolusi gue ancur berkeping2 gak bersisa!


Gue mulai ambil sikap, gue bertekad mulai saat itu gue mau berenti sholat bikin resolusi2an. Percuma, karena gue tau bakalan sia2 aja. Rasanya resolusi yang gue bikin hanya sebagai bagian dari ritual malam tahun baru, sesuatu yang gue lakukan tanpa maksud serius. Cape2 dibuat hanya untuk terlupakan esok harinya lalu menjalankan kehidupan seperti biasa tanpa beban apa2. Huh! Buang2 waktu kan?


Akhirnya gue sampe pada satu kesimpulan yang cukup masuk akal *bagi gue lho...* atas resolusi gue yang gak pernah tercapai itu. Yaaahh... namanya aja resolusi. Re artinya berulang. Solusi artinya penyelesaian. Berarti, resolusi penyelesaian yang berulang2. Dengan kata lain, masalahnya gak selesai2... itu ituuuu melulu! jadi gak heran resolusi gue gak pernah tercapai. Jadi gak tepat kalo keinginan gue itu gue buat sebagai resolusi. Eerrrr... mungkin lebih tepat kalo gue buat sebagai target, emang berat banget sih kedengerannya, jadi ada keharusan buat bener2 berusaha. Ehm, tapi emang itu tujuannya kan?



Mulailah tahun ini gue bikin target. **serius nih!!** Targetnya? masih tetep sama, bisa sholat tepat waktu dan gak bolong2. Tanggal 1 dan 2 kemaren gue berhasil konsisten ngejalanin target gue. Sempet kepikiran bahwa kesalahan gue selama ini ternyata terletak pada pemilihan kata RESOLUSI, eh begitu diganti TARGET, ternyata semuanya dengan mudah gue jalanin, semudah membalikan telapak tangan!! Bwahahahaha.... **bangga abis** Hari berikutnya tanggal 3, Aliyaa mulai masuk sekolah.
Subuh2 gue bangun.....,
bikin sarapan....,
cuci muka....,
gosok gigi....,
mandi....,
keramas? gak usah ah, dingin!....,
selesai mandi pake baju....,
bangunin Aliyaa....,
Aliyaa mandi....,
Aliyaa gosok gigi....,
Aliyaa pake seragam....,
ambil tas....,
nyamber bekel buat sarapan....,
ngunci pintu rumah....,
terbirit2 lari menuju mobil....,
loncat ke dalam mobil....,

hap! JALAAAAAN!!! **Bismillahirrahmanirrahim...**


Eiiiiitt.... tunggu, jangan protes dulu! Iya, iyaaaa... gue tau ada yang janggal dari ritual pagi gue. Yuk coba kita liat lagi ritual padi gue dari awal;

Subuh2 gue bangun.....,
bikin sarapan....,
cuci muka....,
gosok gigi....,
mandi....,
keramas? gak usah ah, dingin!....,
selesai mandi pake baju....,
bangunin Aliyaa....,
Aliyaa mandi....,
Aliyaa gosok gigi....,
Aliyaa pake seragam....,
ambil tas....,
nyamber bekel buat sarapan....,
ngunci pintu rumah....,
terbirit2 lari menuju mobil....,
loncat ke dalam mobil....,

hap! JALAAAAAN!!! **Bismillahirrahmanirrahim...**

Udah? Apa yang terlewatkan?? Hehehe.... **nyengir kuda** iya, gue gak seholat subuh! Lupa? ? Gak juga, gue inget kok! Trus kenapa gue gak sholat? Karena gue takut Aliyaa telat. **yeeee... Bunda kok nyalahin aku! Aliyaa protes bibirnya maju 2 senti**

Hanya gara2 gue takut Aliyaa telat masuk sekolah, ujung2nya gue gak sholat. Lucunya, justru gue lebih takut terjebak macet di jalan ketimbang gue sholat menghadap Allah yang dengan kuasa Nya lebih mungkin bisa mengurai kemacetan di jalan. Padahal nih ya, gue cuma butuh sekitar lima menit buat sholat, gak lama!. Ah, akhirnya target yang gue bangga2in itu terjun bebas masuk jurang!



Sekarang sih gue udah kapok. Gak lagi2 deh bikin resolusi atau target. Dan gue juga sadar, bahwa gak tercapainya niat gue itu bukan karena salah pemilihan kata resolusi ataupun target, semua karena salah gue sendiri. Terkuak sudah aib gue, bahwa gue gak pernah serius dan gak pernah konsisten dengan semua yang gue lakuin. Ternyata Semuanya harus tergantung niat dan motivasi gue untuk melaksanakannya, titik. **tumben otaknya lempeng...**


Udah saatnya gue ngebenahin kesadaran tentang pentingnya sholat bagi diri gue. Bahwa sholat itu sesungguhnya untuk kebaikan gue, bukan untuk Tuhan, karena Tuhan sama sekali gak diuntungkan apakah kita sholat atau tidak. Semoga kedepannya gue lebih bisa merasakan kenikmatan yang tertinggi saat gue 'berjumpa' dan 'berdialog' denganNya melalui sholat.
Web Statistics