Pages

Kamis, 20 Januari 2011

bukan jakarta namanya kalo gak macet!

Udah seminggu ini Aliyaa selalu telat masuk sekolah. Coba bayangin, seminggu! sampe gak enak sama Bu Diah wali kelas Aliyaa. Abis gimana lagi dong, akhir2 ini jalanan yang biasa gue lalui maceeett banget. Sumpah! Jadi berita di tipi yang memprediksi bahwa di tahun2 kedepan Jakarta bakal macet total itu bukan isapan jempol.

Kemaren2 kalo gue berangkat jam lima lewat seperempat, masih bisa nyampe di sekolah sepuluh menit sebelum lonceng bel berbunyi. Nah sekarang? jangan ngarep deh... udah gue majuin jam keberangkatan dari rumah jadi jam lima subuh, hasilnya sama aja, telat lagiiiii... telat lagi! Trus gue coba tempuh lewat jalan Meruya Ilir, kali aja gak separah kalo lewat jalan Joglo Raya, eh tau2nya beda2 tipis nyampenya di sekolahan. Pas banget lonceng, begitu Aliya mendaratkan sebelah kakinya di gerbang sekolah. Yasalaaaaaamm....


____begini nih situasi tadi pagi, dan ngabisin waktu hampir sejam buat keluar dari keruwetan ini____


"Ya udah siiiiihh... berangkat lebih awal aja lagi dari rumah, gitu aja kok repot". Itu kan yang mau kalian omongin ke gue? Nih ya gue jelasin, berangkat jam lima dari rumah aja, itu gue udah bangun sejak jam setengah empat subuh. Catet tuh, setengah empat!! Dan Aliya juga terpaksa harus gue bangunin sekitar pukul empat. Tuh kebayang kan buat anak sekecil Aliya harus bangun pagi2 banget untuk siap2 ke sekolah, malah yang bikin gue miris nih, kadang2 Aliya mandi pagi sambil merem karena sanking masih ngantuknya.


Sarapan pagi di mobil, itu mah udah biasaaaaa... saban hari kaya' gitu, jadi jangan heran kalo pas tangan lo ngerogoh2 kolong jok buat nyari payung, eh yang keambil malah sendok atau garpu panci dan penggorengan. Belom lagi suka gak enak banget tiap hari ngebangunin Ipung atau Pak Sukri buat ngebukain portal dan gerbang. Sepanjang menyusuri jalan keluar menuju jalan raya yang masih lenggang dan gelap, sedikit sapaan ketika berpapasan dengan seseorang --> biar dianggep warga yang baik.
Seseorang : 'Berangkat, Bu?'

Gue : 'Iya Pak. Bapak juga mau berangkat, mari bareng sampe depan, Pak...'

Seseorang : 'Gak, saya baru pulang...'

Gue : 'Ooo....' --> ngelirik tas besar yg dibawa tu' Bapak. 'Kalo gitu saya duluan Pak...'

Seseorang : 'Mariii... mari, Bu...'

Gue : Tancep gas sambil ngurut2 dada.
____abaikan percakapan ini, cuma khayalan saya semata hihihi...____




Lanjut yak ceritanya.


Pada akhirnya gue sebisa mungkin berusaha agar Aliyaa gak telat lagi sampe di sekolah, walaupun untuk itu Aliyaa harus rela bangun pagi2 buta dan melanjutkan tidurnya di mobil. Kasian anak sekecil Aliyaa harus bangun pukul empat pagi sementara gue yakin banget sebagian besar diantara kalian pasti masih meringkuk dibalik selimut dibuai mimpi. **pembaca : kok ujung2nya nyindir kita yak?!** Ya iyalaaaahh... trus sama siapa lagi gue harus melampiaskan kekesalan gue, hah?


Gue jadi inget sama perempuan peminta2 yang biasa mangkal di pom bensin gak jauh dari rumah gue. Astaghfirullaaaahh... gak, gak! Tenaaaaanngg... gue gak bakal nyamain lo semua sama pengemis itu kok, justru gue mau cerita tentang sisi positip yang bisa kita ambil dari dia. Begini, tiap gue berangkat pagi2 dan saat melewati pom bensin, gue selalu ngeliat tu' ibu pengemis udah ngedeprok manis di pojokan pom bensin sambil mendekap anaknya yang masih bayi dalam gendongannya (kalo itu bener anaknya lho yaaaa...) dengan sebuah gelas plastik di letakan persis di depan dia. Begituuuuu terus gue liat tiap pagi, malah saat gue pulang sore nya, dia masih terlihat duduk di tempat yang sama sambil menjalankan profesinya dengan tekun.


Gak percaya? ayo deh, sesekali lo nginep di rumah gue trus ikut jalan bareng gue pagi2. Disitu tuuuuhh... di pojokan pom bensin yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari tempat tinggal gue, lo bakal liat pengemis yang gue ceritain di atas.

Sambil mandangin pengemis itu gue ngebathin, ih tu' ibu rajin banget ya... pagi2 buta, dia udah nyampe di tempat 'dinas'nya untuk mencari 'nafkah'. Berangkat jam berapa ya? sedangkan gue jam segini aja baru jalan menuju kantor. Terlepas bagaimana cara dia mencari rezki, kok gue jadi malu sendiri ya, ngeliat kegigihan ibu itu dalam mencari nafkah dengan semangat 45, semangat sumpah pemuda dan sumpah palapa. Beda banget sama gue, yang saban pagi mengeluh karena harus berangkat pagi2 dan selalu aja mengutuki jalan yang macet. **tiba2 kecewa sama diri sendiri**


Bisa ambil teladan dari perjuangan ibu pengemis itu kan? Betapa gigihnya dia dalam mencari 'nafkah' meskipun dalam guyuran hujan sekalipun. Hhmm... gue jadi curiga nih, jangan2 pengahasilan tu' ibu dari mengemis bisa mencapai seratus ribu sehari atau bahkan lebih... **langsung buka word, bikin surat pengajuan pensiun dini**


Jadi sodara2 sebangsa dan setanah air, hayooooooo pada bangun pagi!! Masih inget pepatah orang tua yang bilang 'bangun kesiangan rezeki dipatok ayam'? Inget pepatah itu kan? Nah dari pada lo ntar gak kebagian rezeki yang Tuhan turunin di bumi hari ini, buruan deh pada bangun. Gue paham, pasti sebagian dari kalian bilang begini, "ya... dia itukan pengemis yang pendapetannya gak pasti tiap hari, nah kalo gue? gue kan karyawan, tetap lagi! dan penghasilan gue udah pasti tiap bulannya, jadi nyantai aja lagiiiii...." **sambil narik sarung lagi ampe leher**


Ih, susah banget sih buat nyadarin lo semua biar kembali ke jalan yang lurus pada mau bangun pagi dan bergegas untuk mencari nafkah. Yaaahh... kalau pada akhirnya gue harus menuliskan quote ini agar kalian semua sadar, mau gak mau harus gue lakukan, walau sebenernya gue gak sanggup buat menuliskannya...


Nabi Sulaiman atau Sa.... Sal............ tuh kan gue gak sanggup buat nulisnya apalagi mengucapkannya..... **pembaca nungguin quote sambil natap dengan tampang melonggo**


Oke, oke Bismillahirrahmanirrahim..........



Nabi Sulaiman atau Salomo yang kaya raya saja masih bekerja dan beraktifitas! apalagi kita yang belum kaya2 banget!!


Fuiiihh, lega...........

Bener2 kebangetan deh kalo setelah gue kasih kutipan di atas tadi masih juga gak bikin lo semua pada bangun dan beraktifitas. Wooooiii.... hargain gue dikit napaaaa, gue tuh butuh perjuangan banget waktu menuliskan kata2 itu. **ngambek di pojokan bawah tangga**



Ketauan deh kalo bentar lagi gue datang bulan, abis keliatan dari tulisannya yang kaya' orang labil gitu, sensitif banget dan maunya marah2 melulu!! Ah sudahlah, mending gue ambil kesimpulan aja dari postingan gue kali ini yaitu, lalu gue harus bangun jam berapa biar gak telat nyampe ke sekolah Aliyaa....???!!

Web Statistics