Pages

Rabu, 13 April 2011

diet yuk!



Terkadang suka sebel sama diri sendiri karena sama sekali gak bisa nahan rasa sedih yang ada di hati. Seperti pagi ini, begitu nyampe di kantor dan duduk di depan komputer sambil nunggu komputer loading, gue setengah mati menahan airmata di pelupuk mata agar gak jatuh bercucuran. Dan, bener banget! gue gagal. Akhirnya gue harus sibuk ngelap2 airmata biar gak menghalangi pandangan.


Jadi kebayang kan bahwa dalam waktu bersamaan tangan gue sibuknya kaya' apa? harus menghapus airmata yang terlanjur jatuh di pipi, neken2 tuts keyboard buat login ke komputer, ngelap ingus yang tiba2 aja keluar seiring jatuhnya air mata sambil tangan gak henti2nya narik2 tisu buat ngelap itu semua lalu mencampakannya ke dalam tempat sampah.


Tisu? ya, gak berasa ternyata udah hampir setengah pak gue ngabisin tisu hanya dalam waktu beberapa menit. Begitu gue lirik tempat sampah di kolong meja, tisu yang awalnya terlipat rapi berhelai2 di tempat tisu sekarang sudah pindah kuel2an memenuhi tempat sampah.


Ngeliat hal ini gue jadi semakin benci diri gue sendiri. Kok tiba2 gue jadi kontra sama greenpeace gini yah? Kalian tau kan tisu terbuat dari apa? terbuat dari serat kayu tumbuhan yang memiliki serat panjang kalo gue gak salah. Gue lirik lagi isi tempat sampah di kolong meja, sampah tisu gue dalam beberapa menit aja udah segitu, gimana kalo seharian? seminggu? sebulan? setahun? wuiiiiihhh.... jadi kebayang berapa banyak pohon yang harus di tebang hanya untuk buat tisu yang akhirnya cuma memenuhi tempat sampah gue doang.


Percuma aja dong selama ini gue udah diet plastik!
Diet plastik? eemm... diet plastik yang gue maksud bukan menghindari bahan plastik, melainkan mengurangi penggunaannya. Namun tetap dengan memakai bahan plastik yang aman buat makanan dan lingkungan kaya' tap..... thupp......... eh, gimana sih nulis tupperware?


Seperti yang pernah gue baca, ternyata menggunakan plastik sekali pakai sama sekali gak aman buat makanan dan lingkungan karena mengandung unsur monomer yang bisa memicu kanker. Ya, ya, yaaaa... gue emang kadang2 sok pinter, makanya jangan heran. Gue yakin kalian semua udah taulaaaahh..... tapi kalian tau gak, kalo plastik yang telah kita pakai butuh waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai dengan tanah? Belom lagi kalo plastik itu dibakar, gas yang ditimbulkan bisa melahirkan efek rumah kaca.


Ayo dong sama2 kita ngurangi pemakaian plastik sekali pakai dan beralih dengan membawa wadah sendiri kaya' gini nih....


____iya, tuh sarapan gue tadi pagi____


Malah nih di supermarket langganan gue, kita bisa dapet diskon dan voucher jika kita membawa wadah sendiri saat belanja disana. Gak cuma itu, di cafe yang berlambang putri duyung dengan dua ekor yang terkenal itu juga kita bisa dapetin diskon jika kita bawa gelas sendiri dari rumah. Emang sih, keliatannya jadi gak keren banget... begitu nyampe di depan counter, nyebutin pesenan lalu nyodorin gelas yang kita bawa. Wew, berasa kaya' anak TK.


Jangan punya prasangka jelek dulu, gue tidak sedang promosi taperwer kok. Dan gue juga bukan distributor taperwer, jadi gue gak menyarankan lo semua untuk rame2 pake wadah plastik merk itu. apa aja boleh, terserah lo deeeh..... hanyaaaa, coba pastiin bahwa wadah plastik yang dipake tersebut memang aman buat makanan dan lingkungan.


Mungkin diantara kalian masih ada yang berpikir bahwa usaha gue diet plastik (dan insyaoloh diet tisu) bakalan sia2 aja. Iya kan? Gitu kan??

HEI, KAMU!!! yang punya pikiran begitu, gue gak bakal ngomong banyak2 cuma mau bilang bahwa sejuta dimulai dari satu. Jadi, mulailah dari dirimu sendiri lalu pelan2 seru orang lain untuk bisa seperti kita.


Kalo yang gue terangin diatas ternyata masih gak mampu bikin lo semua pada jera, masih tetep beli bubur ayam pake styrofoam **sambelnya tiga sendok** dan beli air minum mineral pake kemasan botol plastik serta gemar operasi plastik, maka mungkin yang ini bisa bikin lo berpikir dua kali buat pake plastik sekali pakai...



lama material terurai :
  • kertas --> 2-6 bulan
  • kardus susu --> 5-6 tahun
  • kantong plastik --> 10-12 tahun
  • gelas sekali pakai --> lebih dari 20 tahun
  • nilon/wol --> 25 - 45 tahun
  • wadah plastik --> 50 -80 tahun
  • aluminium --> 80 - 100 tahun
  • styrofoam --> lebih dari 500 tahun


Lalu, sedih gue udah selesai?
Belom! karena gue jadi inget sama Aliyaa tadi, buku2 dan tasnya basah semua begitu nyampe sekolahan karena tempat minum l*ck & l*cknya gak tertutup rapet waktu gue masukin ke dalam tasnya. Karena kecerobohan gue, Aliyaa ke sekolah dengan bawa buku basah dan pake wadah kantong kresek sebagai tasnya.
**duh kepake juga deh kantong kresek**

Bunda minta maaf ya, Al....

0 komentar:

Web Statistics