Pages

Kamis, 14 April 2011

hujan batu di negeri sendiri?




Pernah gak, suatu ketika seorang temen lo tiba2 menyatakan keinginannya buat pindah kewarganegaraan? Gue pernah. Bahkan gue pernah denger keinginan ini dari dua orang kawan gue. Alasannya, yaaaa.... kalo yang gue tangkep sih, biasanya mereka kecewa dengan negara kita ini. Mulai dari kecewa dengan segala birokrasi di negeri ini sampe kecewa dengan peluang kerja yang tersedia.

Salah satu temen gue yang kecewa tersebut namanya Aryo. Aryo adalah temen TK gue. **eh, bener ya, Yo? kita temen TK kan?** Nah perbincangan gue dan Aryo ini sebenernya udah lama. Cuma baru sekarang ini aja gue kepikiran untuk bikin sebagai bahan tulisan disini. Semoga Aryo gak keberatan chat antara gue dan dia gue bagi disini.



Chat kami pagi itu dimulai dengan mengabarkan bahwa dirinya sedang berada di Nedherland dan besok harinya akan melanjutkan perjalanan ke Jerman. Gak usah heran, Aryo memang sering backpackeran ke berbagai negara.


Memang terkadang kata2 pujian dan decak kagum sering keluar tanpa sadar saat seorang jalan2 ke luar negeri. Dengan kesadaran penuh kita langsung membandingkan negara yang dikunjungi dengan negara sendiri. Emang sih lumrah2 aja, tapi gimana kening gue gak berkerut seketika, saat kalimat yang keluar adalah.....



lalu,




Jelas aja gue gak terima. Menurut gue, Aryo terlalu menganggap bahwa kehidupan di luar negeri sangat bergelimang emas. Emang sih, penghasilan bila bekerja disana terdengar sangat menggiurkan, tapi udah diitung belom ama biaya hidupnya?

Kami mulai berdebat jarak jauh, saling berusaha membuktiin bahwa pendapat masing2 dari kami adalah yang tebaik.




Itu sih cuma beberapa penggalan chat kami, masih banyak lagi bantah2an kami selanjutnya yang gue rasa kalo harus dipajang disini bisa2 menghabiskan berlembar2 halaman.


Jadi intinya bahwa semua itu balik kepada definisi menurut kami masing2 antara menjadi warganegara indonesia atau pindah kewarganegaraan. Mungkin dimata Aryo menjadi warganegara sebuah negara maju yang fasilitas dan transportnya bagus, lingkungan bersih dan bergaji gede bisa bikin dia hidup sejahtera. Tapi menurut gue, sejahtera itu adalah kebersamaan pas gue bareng dengan orang2 yang peduli sama gue dan menerima gue ada adanya, serta bikin gue nyaman karena berada di sekeliling orang2 sebangsa. Nikmat tiada tara.



Dengan bangga gue katakan bahwa gue seneng hidup di Indonesia. Gue udah pernah ngerasain gimana rasanya waktu kerusuhan dulu. Gue liat asep hitam tebel yang bergulung2 ke angkasa dari bangunan2 kantor di sebelah kantor gue. Gue ngerasain gimana harus pulang jalan kaki di hari itu menempuh jarak lima kiloan sementara gue sedang hamil lima bulan. Dan gue juga harus merasakan dampak dari kerusuhan tersebut dengan di phk nya suami gue dari tempat kerjanya. Tapi gue lewati itu semua, dan alhamdulillah gue bisa melewati situasi itu dan sama sekali gak berharap adanya kerusuhan jilid dua. **mari kita sama2 mengetok meja dan berucap : amit2jabang bayi**

Dan saat ini, gue juga ngerti bener bahwa Jakarta bukanlah kota yang ideal. Gue tiap hari harus bangun pukul empat subuh buat ngehindarin macet biar anak gue gak telat ke sekolah. Meski gue belom pernah ngerasain gimana rasanya dicopet di Senen, tapi gue ngerasain yang namanya jaman susah krisis moneter. Dan HOREEE!! gue udah lewati itu semua dan gue tetep hidup.


Mungkin buat Aryo gue terlihat naif, tapi bagi gue Aryo terlihat matre, tetapi gue gak mungkin maksain definisi sejahtera menurut cara pandang gue, sama seperti Aryo gak bisa maksain standar hidup menurut dia ke gue. Karena pemikiran setiap orang berbeda....



Aduh, gue udah mulai berlebihan kaya'nya. Yah mungkin gue terdengar sinis mendengar keinginan Aryo tersebut, eemm... mungkin lebih tepatnya kalo dikatakan iri. Iri karena gue gak pernah bisa seperti Aryo yang bisa backpackeran kemanapun negara yang ingin dia tuju. Iri karena lembar demi lembar halaman di paspor Aryo banyak cap dan stempel dari berbagai negara dari pada paspor gue. Jadi, maafkanlah kesinisan saya.


Tapi untungnya Aryo nyadar juga bahwa pendapatnya salah. **gue emang pinter banget menyadarkan orang!!**


___ingatkan saya untuk lebih hati2 dalam memilih teman____





Hehehe.... kaya'nya sudah saatnya kita merubah peribahasa hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri menjadi hujan batu di negeri orang, hujan emas di negeri sendiri. Gimana, akur?




little note :
baru inget kalo ternyata Aryo adalah temen sekelas gue waktu les balet....hehehe.... :P
Web Statistics