Pages

Selasa, 19 April 2011

mengalahkan diri sendiri

Gue jadi inget dua minggu yang lalu saat Aya merengek ke gue minta izin buat jalan2 bareng temennya ke mall saat sekolahnya libur empat hari. Jelas aja gue gak ngasih, apalagi begitu gue tau maksud kepergian ke mall bareng temen2nya tersebut.

"mau maen t*mezone, Bun..." gitu rengeknya yang langsung gue sautin dengan "Gak, gak! pokoknya gak boleh".

Sebenernya gue gak ngelarang Aya buat pergi bareng temen2nya, cuma gue gak setuju aja jika mall yang jadi tujuan mereka. Sebenernya banyak alesan kenapa gue gak ngizinin Aya buat pergi kesana dan gue rasa semua ibu juga setuju dengan penolakan gue ini. Apalagi buat maen tim*zone! cuma ngebuang duit doang, gak ada manfaatnya sama sekali.

Mulai deh gue ngoceh tentang kekhawatiran gue yang gak mengijinkan Aya buat pergi sampe dampak buruknya permainan2 yang ada di t*mezone. Wajah Aya merengut ampe mulutnya tinggal secomot karena keinginannya gak gue diturutin. Seketika Aya ngambek. Untung ngambeknya langsung selesai begitu gue bilang, "nanti aja ya, sama Bunda..."



Nah malem minggu kemaren kebetulan kami berkesempatan mengunjungi salah satu mall, lantas aja Aya nagih janji. Begitu selesai makan malam langsung deh kami menuju lantai dimana arena permainan itu berada.

Sesampai disana, gue langsung wanti2 mbak Adel dan Aya sebelum mereka memulai permaian. Sengaja gue batesin dengan hanya membeli lima puluh koin. Gue pegang koin2 tersebut dan gue berikan pada mereka secara bertahap, masing2 empat koin. Begitu koin yang gue berikan kepada mereka habis, mereka datang ke gue untuk minta koin lagi. Begitu seterusnya. Yah setidaknya cara tesebut bisa mengendalikan mereka agar gak keranjingan permainan tersebut. Itu menurut gue loh...

Awalnya sih gue ikut ngedampingin Adel dan Aya saat mereka bermain, tapi kok lama2 pegel juga yah... Begitu gue liat ada kursi kosong, gue milih duduk disana sambil tetep mata gue tertuju pada Adel dan Aya. Sebenernya kursi yang gue dudukin tuh bukan disediain buat orang2 macam gue karena kursi tersebut terletak pas banget di depan sebuah mesin permaian.

Gue sendiri gak tau nama permaianannya apa, pokoknya di dalam mesin permaian tersebut banyak banget berserak koin2 dan disisi bagian dalam mesin tersebut ada sebuah lempengan yang mendorong perlahan2 koin2 tersebut hingga ke pinggir. Nah kalo kita beruntung, ketika kita menjatuhkan sekeping koin dengan cara yang tepat, koin tersebut akan terdorong dan menggeser koin2 lain yang memang telah ada sebelumnya hingga berjatuhan ke dalam sebuah lobang hingga keluarlah kupon yang banyaknya sesuai dengan poin yang kita peroleh pada bagian luar mesin permaian. Tau kan mesin permaian yang gue maksud?


Saat gue melepas lelah itulah gak sengaja gue melirik ke arah tumpukan koin2 tersebut, lalu mulailah terdengar kicauan2 yang menggoda, "aaaahh... permainan yang beginian sih gampaaaanng, cuma tinggal cemplungin satu koin aja dijamin koin2 yang laen bakal berarakan jatoh ke dalam lobang"

Mengalihkan pandangan ke arah Adel dan Aya lagi. Terlihat mereka sedang asik berburu dengan waktu memasukkan bola basket kedalam keranjang bergantian.

Dan suara2 yang tadi kembali berbisik di telinga gue, "Vo, Vooo.... liat deh, itu tuuuuhh.... kumpulan koin yang sebelah kanan ituuuu... kaya'nya cuma perlu disenggol sedikiiiiiitt aja. paling2 cuma pake dua koin doang, coba deeehh..."

Adel dan Aya masih berusaha berjuang memasukkan bola basket. Main lagi rupanya.

Mata gue melirik malu2 ke arah koin2 berserakkan dan saat itu juga gue bisa ngerti gimana rasanya orang sakau, merasakan gimana gak nyamannya jika berada dalam situasi seperti ini. Dilema bener.

Oke, oke... gue nyerah! Toh satu koin doang kan gak apa2...
Sambil gue keker2 dengan akurasi dan presisi tingkat tinggi, gue ambil satu koin lalu dengan sangat hati2 gue memasukannya melalui lobang pipih tempat masukin koin. Sambil menahan napas gue liat koin gue tersebut mendarat dan tergeletak dengan sempurna di dasar dan saat yang bersamaan lempengan besi mulai mendorong koin gue tersebut ke arah tumpukan koin2 di depannya dengan gerakan yang lembut. Dan koin gue tersebut hanya menggeser tumpukan koin2 di dalam mesin permaian sedikiiiiiitt aja, hanya beberapa mili mungkin. Dan tak satupun koin jatuh dan masuk ke dalam lobang. Guepun buru2 menghela napas. Kesel.


____tuh kan! gimana gak geregetan ngeliat tumpukkan koin yang berada di bibir jurang seperti ini____


Penasaran, gue masukkin lagi koin kedua, ketiga, keempat, kelima hingga...... Ih, ngeselin! gue bener2 keterlaluan, dengan sukses koin2 yang awalnya gue pegang berpindah tempat menghuni ke dalam mesin permaian dan gue baru sadar kalo 34 koin yang gue pegang ludes begitu Adel dan Aya mendatangi gue untuk minta koin lagi.

Sembari mata gue gak lepas dari koin2 yang bikin gue penasaran, gue mencabut selembar uang lalu memberikannya pada Aya, "beli 50 koin lagi, Ay... cepetan yah!" tangan gue mengibas2 ke arah Aya nyuruh bergegas.


____kupon yang ketika gue tukerin cuma dapet sebuah mug doang!!____

Begitu Aya nyampe dengan membawa sekantong koin2 permaian, gue kembali sibuk memasukkan koin demi koin ke dalam mesin permaian dengan brutal. Selanjutnya? mending gak usah gue terusin deh.... yang pasti gue udah kaya' orang kalap menghabiskan 50 koin berikutnya di satu mesin permaian.



Yaahh... lagi2 pada akhirnya gue harus berjiwa besar untuk mengakui, kalo gue nggak lebih baik dari Adel dan Aya. Ternyata lebih sulit mengendalikan keinginan diri sendiri dari pada keinginan orang lain terlebih mereka adalah anak2 kita.

Gue bisa ngerti kok kalo setelah membaca cerita ini para pembaca jadi sebel sama gue dan gue sadar bahwa yang gue lakukan sama sekali bukan teladan yang baik buat Adel dan Aya, tapi perlu gue ingatkan disini bahwa sejak saat itu gue bener2 tobatan nasuha kok. Apalagi mendengar celetukan Aya yang sungguh menohok gue ketika menukarkan kupon2 tersebut hanya dengan sebuah mug, "udah puas maennya, Bun?"


Lah, seharusnya kan gue yang ngomong begitu....




numpang pasang poto2 mbak Adel yaaa...
(waktu jalan2 dari sekolahnya)



Web Statistics