Pages

Jumat, 18 Maret 2011

beban berat

Kira2 dua minggu yang lalu, Yulia minta bantuan ke gue. Ceritanya, dia minta tolong dibuatin desain lebel buat merk baju hasil produksinya. Alamaaakk...!! kenapa minta hal yang mustahil sama gue? Gue kan gak punya keahlian dalam bidang itu. Gue gak ngerti desain grafis sama sekali. Gue coba menolak permintaan Yulia, bukannya apa2.... gue takut dia kecewa jika kemudian gue malah nyodorin desain yang gak sesuai harapan dia. Malah buang2 waktu kan? Tapi Yulia tetep kekeh minta dibikinin.


Demi menjunjung tinggi rasa persahabatan, akhirnya gue iya-in juga permintaannya. Lagian selama ini gue banyak banget dibantu Yulia, sering kali saat gue butuh bantuan dia, trus hanya dalam hitungan detik, dia langsung menyatakan kesanggupannya memenuhi permintaan gue. Selain itu, gue juga sama sekali gak kepengen si Yulia nganggap gue seperti kacang lupa sama kulitnya. **dese jago banget kalo nyindir pake pantun, booo...**


Tapi gue gak nyangka sama sekali ternyata jawaban 'iya' pada Yulia itu bikin gue kalang kabut sendiri. Gimana gak, sudah seminggu berlalu sejak permintaan Yulia ke gue tapi ironisnya gue sama sekali belom bikin apa2. Mungkin karena gak ada kabar dari gue, akhirnya Yulia sms kembali ngingetin gue, pake embel2 ASAP lagi dibaris terakhir. Ugh...



Beban yang selama ini gue pikul seakan terangkat sudah. Ibaratnya selama ini gue menggendong pesumo setiap gue jalan. Beraaaaatt banget. Sekarang pesumo itu sukses diet dan masuk operah show sebagai pesumo paling kurus yang pernah ada. Ya, akhirnya selesai juga desain lebel itu yang gue kerjain cuma dalam waktu kurang dari sejam. Gue bikinin 9 desain, maksudnya biar Yulia punya banyak pilihan kalo dia gak sreg sama salah satu desain yang lain. Setelah gue kirim, gak lama dia bales email gue, selain bilang terima kasih, ternyata dia juga minta tolong dibuatin lagi desain2 baju buat produksi konveksi dia. Eh, buseeeett...!! gue kirim 9 desain kemaren bukan berarti gue jago desain mendesain, Yul...


Gue tau deh, pasti semua ini gara2 si Herri yang bilang kalo gue ini dulu jaman SMP sering bikin desain2 baju. Emang gue akui, dulu, gue seneng banget corat coret di selembar kertas tapi itu bukan berarti gue jago ngedesain kaaaann...?? Jadi jangan pada dengerin omongan si Herri yang sesat! Boleh dikatakan bahwa itu adalah fitnah yang begitu dusta...


Mengapa gue bisa bilang begitu? lebih baik gue cerita dikit tentang masa lalu gue yang kelam yah...




Dulu sekali, jaman gue masih kecil, tangan gue emang gak bisa diem. Seneng banget bikin coretan2, di dinding2 gua, di atas permukaan batu, pada kulit kayu dan di daun lontar. Hingga sampe akhirnya kertas ditemukan barulah gue mulai meneruskan kegemaran tersebut pada selembar kertas. Itu juga bukan kertas gambar loh... tapi pada pinggiran2 buku pelajaran. **mudah2an guru2 gue gak baca...**


Setelah pinggiran2 buku pelajaran itu gue rasa gak cukup lagi menampung gambar gue, barulah gue gemar mencabuti kertas pada bagian tengah buku catatan, **jangan ditiru ya, adik2... itu kertas bisa buat ulangan** sampe akhirnya buku catatan gue menjadi buku paling tipis di kelas, gak ubahnya buku isi 12 lembar, padahal awalnya 100 lembar.


Jadi gue menduga temen2 gue bisa punya kesimpulan bahwa gue jago gambar adalah karena mereka melihat tipisnya buku catatan gue. Padahal itu kan gak bisa dijadiin patokan, bisa aja tipisnya buku tulis karena dipake untuk nulis surat2 cinta buat gebetan yang ditaksir. Iya kan?


Berawal dari sering gambar2 tulang ikan di pojokan buku paket waktu pelajaran membosankan, seiring waktu akhirnya gue jadi suka bikin komik. Nah waktu SD, temen2 banyak yang minta dibikinin komik... Pertama2 gue kasih mereka secara gratis, begitu mereka sudah nyandu dengan komik gue maka gue pungut bayaran atas komik2 ciptaan gue... gue bikin bersambung lagi! HAHAHAHA....



Peringatan bagi para pembaca blog gue--> tunggu saja hingga suatu hari gue bikin lo pada sakau ama cerita2 gue!!


Padahal ya... tuh komik ceritanya gak jelas gitu, garing malah.... tapi gue heran, kenapa mereka pada suka banget yah? Mungkin bagi mereka ceritanya sendiri gak masalah, yang penting mereka bisa baca komik pas pelajaran. Gue sih seneng2 aja, selain gue dapet uang jajan tambahan disamping itu, sebenernya gue juga punya misi buat mereka yaitu agar mereka gagal pas ujian akhir... Hehehe.... karena secara gue dulu adalah murid paling bego di kelas, nah gue ogah dong gak lulus sendirian.


Malah nih, ada temen yang menjadi salah satu langganan gue yang ngefans banget sama gambar2 gue, ampe pesen beberapa gambar sekaligus dalam sehari, kalo gak salah dulu satu lembar gambar, gue hargain seratus rupiah.


Untuuuunngg banget akhirnya gue bisa lulus SD dan akhirnya masuk SMP. Nah pas jaman SMP ini, temen2 gue gak banyak yang pesen gambar ke gue, hanya ada satu dua orang doang. Mereka lebih senang menikmati gambar2 gue secara sembunyi2. Mulai liatin dari belakang punggung gue, melirik dari samping, ampe buka2 buku gue ketika gue tinggal ke kantin sebentar. Sudah bisa dipastikan, otomatis penghasilan gue semakin berkurang di jaman ini.


Dan ternyata penderitaan itu belum berakhir... setelah setiap gambar gue gak pernah di hargai pake uang, gue juga harus menanggung derita karena tiap pelajaran biologi atau pelajaran apapun itu yang membutuhkan ilustrasi gambar, pasti gue yang disuruh untuk menggambarnya di papan tulis. Huh! yang ada gue bengek karena ngisep debu kapur papan tulis...


Di SMA nasib gue gak lebih baik dari jaman SMP. Semua telunjuk mengarah ke gue begitu guru minta digambarin di papan tulis. Ugh! lagi2 gue... tapi gak apa2 deh, kali aja ada nilai tambah buat gue karena mengingat selama ini nilai semua pelajaran gak ada yang lebih dari enem kecuali kesenian.


Lulus SMA, dengan semangat 45 gue langsung niat masuk fakultas seni rupa di IKJ. Ternyata tesnya susah beneeerr... dan gue gagal. Gue harus akui, kegagalan itu jadi tekanan besar buat gue. Hati gue hancur berkeping2... Sejak itulah gue janji sama diri sendiri, gue gak mau gambar lagi.


Jadi kalian bisa ngerti kan kenapa gue saat ini seperti punya beban beraaaaatt banget kalo ada yang minta tolong sama gue untuk bikin gambar. Bagi gue, menggambar saat ini adalah kegiatan yang lebih susah dari pada harus menebak ending sinetron cinta fitri...


























____gambar ini gue temuin waktu pindahan rumah kemaren, mungkin ini gue bikin belasan tahun yang lalu____
Web Statistics