Pages

Kamis, 17 Maret 2011

manusia biasa

Gue ingatkan kalian, jangan terlalu mendewi2kan gue. Jangan pernah mengganggap gue layaknya seperti karyawan teladan. Kalo selama ini gue sering nulis unek2 gue mengenai kerjaan dan terkesan banget kalo guelah yang paling bener, sebenernya itu hanya pelampiasan gue semata karena menjelang menstruasi. Jadi, jangan menganggap gue, sebagai pekerja, gak pernah berbuat salah. Gue sama seperti kalian kok! Gue pernah keliru, layaknya manusia laen.



Contohnya seperti siang ini.

Perut kenyang abis makan siang. Udara di luar panasnya bukan main, mana nih mata rasanya beraaaatt banget kaya digandulin jangkar kapal. Yah apalagi yang bisa gue lakukan saat ini kecuali ngeblog sambil dengerin lagu demi mengusir kantuk.

Eh, baru aja nulis beberapa baris, tau2 masuk email dari kantor pusat yang minta laporan realisasi dana operasional tiga bulan terakhir. **maap, dimana ya gue bisa pesen bom buku kaya yang di tipi kemaren...?** Huuft...... gue cuma bisa menghela napas karena yang jelas email yang gue terima berhasil menghilangkan minat gue buat nulis.

Meski ogah2an gue kerjain juga tuh laporan. Tapi sebelumnya gue ngeprint data2 yang gue butuhkan sebagai pendukung. Nah, begitu semua data udah selesai gue print dan ketika gue akan memulai mengerjakan, gue menyadari bahwa data2 tersebut agak aneh. Gimana gak aneh, pas gue liat realisasi dana operasional pada bulan Januari dan Februari, ternyata dibulan tersebut tidak terlihat adanya pengeluaran di rekening gaji dan upah karyawan. Begini deh secara sederhananya, artinya selama bulan Januari dan Februari, kami sudah gajian tapi gak gue catet di pembukuan!


Ah, kok bisa? Lah, gue juga gak tau!!
Lamaaaaa banget gue pandangi lembar demi lembar hasil printan itu, berharap banget mata gue salah ngeliat angka2 tadi. Tapi semakin lama gue pandang, semakin kedalon masuk angin gue karena mulut gue cuma bisa mangap.

Meski berbagai pertanyaan masih ada di benak gue tapi gue berkesimpulan bahwa kesalahan ini terjadi karena kesalahan program. Karena menurut gue, gue udah bekerja bener kok!. Oke lah kalo begitu.... **gue manggut2 sendiri, takjub dengan ide jenius gue yang tiba2 muncul** gue salahkan saja program komputer, trus gue tinggal lapor ke bagian IT lalu kirim backup untuk di perbaiki. Beres kan.

Sambil di otak gue ngerencanain omongan apa yang bakal gue sampein ke IT tentang masalah ini, mulut gue juga gak habis2nya ngedumelin mereka yang ngasih kerjaan ini. Tanggapan Hera mengenai masalah ini tentu aja pro ke gue. **gue rasa dia ngeri kali, kalo punya pendapat berbeda dengan gue** Abis, aneh juga sih kalo gue pikir2... buat apa eksport data yang selama ini cabang kirimkan ke kantor pusat jika untuk data seperti ini aja, mereka tetep minta ke kantor cabang? bukannya semuanya udah lengkap ada disitu??

Yah sudahlah gak usah diperpanjang, toh ujung2nya mereka paling bilang begini,
"disini kan kami musti ngerekap 33 cabang, mbak...!"
Huh! apa bedanya sama gue? Disini gue musti bikin rekapitulasi dari ratusan sekolah!!


Nah sampe sini, tiba2 gue jadi sadar... **pembaca : hah, kok cepet banget sadarnya...** Ya, sadar bahwa selama ini gue sebenernya yang egois. Gue pikirin2 lagi.... kenapa gue jadi marah2 begini tiap dikasih kerjaan? Bukankah gue di gaji memang untuk itu?? Kalo emang gue gak suka dikasih kerjaan, mending gue gak usah kerja dan diem di rumah aja!

Gue kaji lagi lebih dalam.
Ternyata selama ini gue lebih menganggap browsing internet, nulis di blog dan baca komik/novel adalah sebagai pekerjaan utama gue di kantor, sedangkan kerjaan kantor, justru gue kerjain disela2 waktu mengerjakan aktifitas utama di atas. **gak patut dicontoh sama sekali!!**
Malahan nih, pake ngedumel2 segala lagi waktu ngerjainnya.

Jadi seharusnya gue juga maklum dengan rekan2 kerja gue di kantor pusat dan bukan malah justru ngomel2 ketika mereka minta data ke gue. Mereka kan juga manusia, sama kaya gue! Pastinya mereka juga kepengen kan bisa mengerjakan kerjaan kantor disela2 browsingan, chattingan dan fesbukan kaya gue!!

Entah kenapa, sesaat setelah gue punya pikiran seperti itu, serta merta Tuhan membuka mata gue. **cieee... serta merta, cuy! bahasa gue asik ye?** Begitu gue liat lagi, ternyata hasil print yang tadi gak salah sama sekali, justru yang salah gue!! Pantesan aja gak ada pengeluaran di rekening gaji dan upah karyawan, karena tanggal periode yang gue masukin salah. Semuanya gue print dengan periode tanggal 1 sampe 17 doang, sedangkan gaji dan upah kan posisinya ada di akhir bulan!!




Asli, gue ngakak sendiri menertawakan ketololan gue. Gini nih akibatnya kalo kerja sambil ngedumel dan gak ikhlas! kerjaan jadi gak ada yang bener semua...

Dengan kejadian kecil ini gue berharap banget, semoga kedepannya gue bisa belajar lebih ikhlas dalam mengerjakan pekerjaan dan gak merasa terbebani. Terlebih lagi, gak pernah lupa untuk mengawali semua aktifitas dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim...


Web Statistics